5 Trik Pelatihan dan Pengembangan SDM Agar Terus Produktif Saat Work from Home

Tidak semua orang terbiasa dengan sistem kerja dari rumah. Apalagi bagi mereka yang sudah bekerja dari kantor atau langsung terjun ke lapangan untuk waktu yang lama, tentu butuh lebih banyak upaya untuk menyesuaikan diri lagi. Kondisi di rumah juga pasti berbeda dengan lingkungan kerja di kantor atau lapangan. Itu sebabnya, penting untuk melakukan pelatihan dan pengembangan SDM kembali.

Tujuan dari pelatihan dan pengembangan SDM

Tujuan dari pelatihan dan pengembangan SDM ini sudah tentu untuk memastikan agar setiap pekerja bisa tetap produktif walau melakukan work from home (WFH). Di sisi lain, pelatihan ini juga bisa jadi bentuk pengoptimalan produktivitas karyawan. Ada beberapa trik pelatihan dan pengembangan SDM yang dapat dilakukan, berikut ulasan selengkapnya.

Susun aturan kerja saat WFH

Trik pelatihan dan pengembangan SDM yang pertama bisa dimulai dengan menyusun aturan kerja yang berlaku selama melakukan WFH. Untuk aturan-aturan ini, ada beberapa poin penting yang perlu disertakan. Dimulai dari peraturan untuk memeriksa kehadiran karyawan selama jam kerja berlangsung sampai pada peraturan untuk melaporkan daftar pekerjaan yang dilakukan beserta status kerja pada hari itu.

Peraturan lain yang juga tidak kalah penting adalah mengatur sistem berkomunikasi selama bekerja jarak jauh. Termasuk juga mengatur perangkat-perangkat digital mana saja yang akan dipakai untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang ada. Jangan lupa juga untuk memperjelas aturan mengenai inventaris atau perlengkapan kerja lainnya yang akan ditanggung perusahaan untuk menjamin kinerja karyawan di luar kantor.

Berlakukan rutinitas kerja yang sama

Seperti sudah disebutkan di awal tadi, WFH jelas tidak sama dengan kondisi bekerja saat di kantor atau di lapangan. Dilihat dari situasi, kelengkapan perangkat kerja, hingga ambiens yang tercipta jelas akan berbeda. Ini tentunya berpengaruh besar pada rutinitas kerja nantinya. Karenanya, trik pelatihan dan pengembangan SDM berikutnya yang harus dilakukan adalah berusaha menerapkan rutinitas kerja yang sama.

Dengan kata lain, walau aktivitas kerja dilakukan di rumah, tetapi sebaiknya rutinitas yang dilakukan tidak berubah. Jadi, tetaplah bangun pagi, mandi dan sarapan sebelum mulai bekerja, ambil jeda untuk makan siang, dan berhenti bekerja sesuai dengan batas akhir jam kerja. Kenakan pakaian yang rapi dan nyaman dipakai serta siapkan tempat kerja yang tenang.

Baca juga: e-Learning: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaat

Jaga komunikasi tetap terbuka

Trik pelatihan dan pengembangan SDM agar tetap produktif dapat dilakukan jika jalur komunikasi terus terbuka selama jam kerja. Hal ini memungkinkan diskusi soal pekerjaan berjalan lancar secara real time selama sistem WFH. Tujuan lain dari membuka jalur komunikasi adalah agar karyawan yang lain juga dapat memantau perkembangan lintas divisi atau tim lain demi kelancaran pekerjaan.

Untuk memungkinkan ini terjadi, maka HR dan perusahaan harus memilih media yang dirasa paling efektif untuk dijadikan platform bertukar informasi selama bekerja dari tempat masing-masing, baik itu aplikasi chat maupun forum online yang lain. 

Lakukan evaluasi secara berkala

Menjadwalkan serta melakukan evaluasi kerja secara berkala juga penting. Untuk melakukan evaluasi kerja selama WFH, Anda bisa menerapkan pola bergilir. Dengan pola ini, karyawan akan ditinjau oleh supervisor, sementara supervisor akan ditinjau oleh manajer, dan seterusnya.

Buat dua jenis evaluasi kerja secara berkala. Pertama, evaluasi terjadwal yang diketahui oleh semua anggota perusahaan. Kedua, evaluasi tidak terjadwal yang ditentukan sendiri oleh setiap supervisor atau manager. Tentukan juga aspek-aspek kerja yang akan ditinjau dan pastikan setiap karyawan sudah tahu apa indikator yang akan ditinjau tersebut dengan harapan dapat mendorong produktivitas mereka juga.

Bekali dengan training

Trik pelatihan dan pengembangan SDM rasanya tidak lengkap jika tidak dibekali dengan training untuk menerapkan setiap poin di atas. Training ini tujuannya sudah tentu untuk memberikan gambaran tentang proses bekerja dari rumah itu sendiri. Menyiapkan setiap karyawan untuk bekerja di tengah kondisi yang jauh berbeda dengan yang selama ini dimiliki.

Training seperti ini pun dapat diterapkan dengan memanfaatkan platform digital yang menawarkan layanan pembelajaran. Seperti e-learning dari Codemi yang dapat diakses dengan lebih fleksibel. Dengan adanya fitur online ini, karyawan tidak perlu hadir secara fisik di suatu tempat. Pelatihan dan pengembangan SDM bisa dilakukan dari rumah masing-masing dengan nyaman.

Codemi juga memakai sistem cloud jadi keamanan materi pelatihan SDM yang bersifat rahasia juga bisa lebih terjaga. Bersama sistem yang aman ini, sesi-sesi pelatihan bisa dilakukan dengan lebih efisien pula.


Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Apa itu pembelajaran kolaboratif? Secara singkat, pembelajaran kolaboratif adalah metode pembelajaran yang mendorong peserta untuk membentuk tim da

Apa yang menjadikan sebuah perusahaan dinilai hebat? Ada yang menjawab modal usaha yang besar, ada pula yang mengatakan laba usaha yang meningkat s