LMS

Pelatihan Karyawan di Masa Pandemi

Wabah Covid-19 telah mengubah banyak aspek dari kehidupan manusia, terutama aspek perekonomian. Menurut IMF, perekonomian akan mengalami krisis keuangan terburuk sejak Depresi Besar tahun 1930-an. Perekonomian Indonesia pun sudah mulai merasakan penurunan.

Untuk tetap bertahan di tengah krisis yang terjadi, perusahaan sebetulnya perlu memaksimalkan komunikasi dan terus berusaha beradaptasi. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan pelatihan untuk karyawan. Pelatihan untuk karyawan adalah jalan untuk meningkatkan performa perusahaan. Ada beberapa langkah yang perlu Anda siapkan untuk memulai pelatihan di tengah pandemi.

1. Menentukan Tujuan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menemukan tujuan dari pelatihan karyawan Anda. Tujuan yang akan menentukan langkah-langkah selanjutnya. Di tengah pandemi sekarang, ada baiknya mengadakan pelatihan yang bertujuan menyiapkan keahlian karyawan untuk masa setelah pandemi. Tujuan yang ditetapkan juga sebaiknya dapat diukur sehingga memudahkan proses evaluasi di akhir pelatihan.

2. Memperhitungkan Anggaran

Di tengah penurunan keadaan ekonomi, perusahaan perlu memperhitungkan dengan baik keadaan keuangan. Program pelatihan perlu disesuaikan dengan keuangan perusahaan.

3. Menyiapkan Alat

Langkah selanjutnya yang Anda perlukan adalah menyiapkan alat untuk pelatihan. Alat yang dimaksud disini adalah media dan materi pelatihan yang memadai. Riset sebanyak-banyaknya mengenai hal ini. Demi menjaga kesehatan dan keamanan karyawan, ada baiknya menggunakan media pelatihan learning management system (LMS).

Ada beberapa penyedia LMS Indonesia. Alangkah lebih baik apabila Anda bisa mencoba berbagai LMS pilihan Anda terlebih dahulu sebelum membuat keputusan final. Codemi adalah salah satu dari penyedia LMS Indonesia berbasis cloud.

Selain LMS, Anda juga perlu menyusun materi dengan hati-hati. Jika sebelumnya, Anda telah melakukan penyusunan materi maka Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk memperbaharuinya. Materi harus bisa diterapkan di situasi sekarang atau situasi mendatang.

4. Mengevaluasi Program Pelatihan

Setelah pelatihan selesai, bukan berarti tugas Anda sudah selesai. Sebaiknya perusahaan meminta umpan balik dari peserta pelatihan. Selain itu, perusahaan juga perlu mengadakan tes untuk mengukur keefektifan dari pelatihan.

Kesimpulannya, Anda perlu memberikan usaha dan perhatian lebih untuk mengadakan pelatihan di tengah pandemi. Anda juga harus bersinergi dengan seluruh karyawan untuk beradaptasi dan bertahan menghadapi masa-masa sulit.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Eunike Karen

Apakah Anda saat ini sudah menerapkan mobile learning (m-learning) untuk pelatihan di perusahaan Anda? Sudahkan Anda mempersiapkan LMS Software unt

Eunike Karen

Belajar adalah proses yang perlu dilakukan terus-menerus oleh seluruh pekerja. Apalagi seiring dengan perubahan zaman, setiap pekerja atau karyawan