LMS

Panduan Memilih Software Online Training

Apakah Anda memiliki rencana untuk mengadakan pelatihan karyawan? Di tengah pandemi ini, metode terbaik untuk mengadakan pelatihan adalah online training. Persiapan untuk online training bisa jadi memakan waktu lama ditengah kesibukan tapi hal tersebut penting untuk dilakukan. Anda bisa melakukan persiapan secara bertahap, dimulai dari memilih software yang sesuai untuk bisnis Anda.

Berikut adalah panduan yang bisa Anda terapkan untuk memilih software online training:

1. Tentukan Jenis Software Online Training

Ada banyak sekali jenis software yang bisa Anda pilih. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, open source maupun cloud-based. Pastikan pilihan Anda memiliki fitur sesuai kebutuhan Anda.

Anda juga perlu mempertimbangkan karyawan atau trainee. Software apa yang paling nyaman untuk mereka gunakan? Apakah Anda bisa mengelola trainee dengan baik menggunakan software tersebut?

2. Tentukan Anggaran

Faktor biaya memang selalu menjadi pertimbangan sebelum berinvestasi untuk online training. Pastikan Anda bisa mendapatkan ROI yang maksimal dengan anggaran yang ada.

Untuk anggaran yang lebih efisien dalam jangka panjang, Anda mungkin bisa mempertimbangkan pengalihan biaya pelatihan tradisional (tatap muka) untuk online training.

3. Melakukan Uji Coba Terlebih Dahulu

Beberapa software biasanya memberikan uji coba dengan harga rendah untuk kurun waktu tertentu. Codemi sendiri juga memberikan uji coba secara gratis. Anda bisa melihat dan mencoba fitur-fitur Codemi terlebih dahulu.

4. Negosiasikan Kebutuhan Anda Kepada Pihak Penyedia Software

Anda mungkin telah memiliki rencana pelatihan sendiri atau ingin menerapkan model pelatihan sebelumnya. Bisa saja Anda membutuhkan pengembangan fitur atau justru tidak memerlukan fitur-fitur tertentu. Hal ini bisa Anda diskusikan dengan pihak penyedia.

Negosiasi di awal juga penting karena seringkali ketika program sudah berjalan, Anda memiliki banyak tugas lain untuk dikerjakan. Maka dari itu, sebaiknya menyiapkan segala sesuatu dari awal.

5. Buat Kontrak Perjanjian

Terakhir, jika sudah menentukan pilihan, Anda bisa membuat kontrak perjanjian dengan pihak penyedia. Dalam kontrak, baik Anda dan pihak penyedia perlu teliti dalam menulis setiap poin-poin perjanjian.

Setelah selesai, Anda bisa segera memulai program pelatihan untuk bisnis Anda. Pastikan software yang telah Anda pilih tidak hanya Anda gunakan untuk jangka pendek akan tetapi gunakanlah untuk jangka panjang. Dengan begitu, tingkat produktivitas dan keahlian karyawan Anda akan meningkat.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Admin Codemi

Codemi Learning adalah platform manajemen pembelajaran berbasis cloud, sehingga memungkinkan perusahaan mengembangkan materi pelatihan untuk karyaw

Eunike Karen

Ketika menyusun program pelatihan karyawan, ada banyak teori yang perlu Anda pelajari untuk menyusun materi. Anda perlu membaca ratusan halaman jur