Panduan Lengkap Menyiapkan Employee Benefits

Supaya sukses dalam mendirikan perusahaan, Anda harus menyiapkan Employee Benefits untuk kepentingan mereka. Pada dasarnya Employee Benefits bisa diartikan tunjangan karyawan atau upah yang diberikan pada pekerja selain gaji dengan spesifikasi dan fasilitas berbeda.

Tunjangan karyawan bisa dicontohkan seperti asuransi kesehatan, upah kerja lembur, tunjangan pensiun, liburan, bagi hasil dan berbagai macam fasilitas lainnya. Dengan menyediakan tunjangan karyawan, perusahaan bisa meningkatkan kualitas pekerjaan karyawan dan pekerjanya.

Hal ini terjadi karena keseimbangan antara hasil, pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan. Jika hak karyawan tidak sesuai dengan kewajibannya, produktivitas perusahaan akan menurun. Menyiapkan Employee Benefits itu penting bagi perusahaan dan perkembangan ke depannya.

Riset mengatakan, karyawan jadi lebih produktif ketika diberikan hak sesuai tanggung jawabnya. Pekerjaan adalah tanggung jawab yang meliputi hasil, kualitas, pemasaran dan efektivitas kerja. Sedangkan hak meliputi upah, gaji dan fasilitas yang bisa didapatkannya saat bekerja.

Pelajari Aturan Dasar Sebelum Menyiapkan Employee Benefits

Panduan menyiapkan tunjangan karyawan bisa dimulai dengan mempelajari aturannya terlebih dulu. Untuk perusahaan besar, jenis tujuan yang bisa ditawarkan ke pekerja beraneka ragam. Di bawah ini terdapat beberapa tunjangan yang dapat disediakan sesuai manfaatnya.

1. UU Rekonsiliasi

Undang-undang ini mengizinkan mantan karyawan untuk pertahankan tanggungan asuransi sebelum mencari pekerjaan baru. Indonesia sendiri memiliki UU Cipta Kerja yang mengatur segala peraturan karyawan. Perusahaan harus patuh terhadap aturan yang sudah diberikan.

2. Tunjangan Disabilitas

Saat menyiapkan Employee Benefits, Anda harus tahu tanggung jawab sebagai orang atasan. Salah satu hal yang perlu dipertanggung jawaban adalah kesehatan fisiknya. Ketika karyawan mengalami kecelakaan, terluka dan disabilitas, perusahaan wajib memberikan kompensasi.

3. UU Cuti Keluarga dan Medis

Peraturan federal yang ada di setiap lembaga menyebutkan cuti keluarga dan medis. Undang-undang ini dibuat untuk menyejahterakan keluarga dengan cuti. Biasanya keluarga sakit atau melahirkan bisa jadi alasan untuk melakukan cuti karena kepentingan bersama.

4. Upah Minimum

UMR (Upah Minimum Regional) diberlakukan untuk setiap daerah di Indonesia. Kota-kota di Indonesia memberlakukan UMR sebagai standar minimum upah/ gaji yang harus dibebankan pada perusahaan. UU Cipta Kerja juga menyebabkan perihal ini di salah satu pasalnya.

5. Lembur

Ketika menyiapkan Employee Benefits, Anda harus tahu bahwa karyawan berhak menerima upah tambahan saat bekerja di luar jam kerja. Terlepas dari tunjangan yang diamanatkan, hal ini tidak diwajibkan bagi perusahaan karena menyesuaikan kebutuhan khusus pekerja.

Hal ini menyangkut beberapa hak-hak lain seperti :

  • Liburan berbayar
  • Rencana perawatan gigi
  • Perawatan SPA
  • Makanan Gratis perusahaan
  • Layanan potong rambut
  • Keanggotaan GYM
  • Kredit mobil dan rumah sponsor

7 Tipe Tunjangan Karyawan yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui dasar-dasar aturannya, kini Anda perlu mengecek tipe tunjangan yang dapat ditawarkan. Ketujuh tipe tunjangan berikut, bukan gaji pokok yang harus diberikan perusahaan. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui setiap tipe tunjangan untuk fasilitas ke depannya.

1. Tunjangan Kesehatan

Untuk tipe kesehatan, tunjangannya bisa meliputi asuransi, perlindungan disabilitas, asuransi kesehatan gigi dan anggota tubuh lainnya. Menyiapkan Employee Benefits penting dilakukan jika Anda sudah paham tugas dan tanggung jawab yang akan diberikan pada karyawan.

Di Indonesia sudah ada BPJS kesehatan yang menangani masalah asuransi. Perusahaan dapat bantuan dari pemerintah untuk menjaga karyawannya agar tetap produktif.

2. Tunjangan Pensiun

Beberapa pekerjaan mungkin membutuhkan tunjangan pensiun di dalamnya. Biasanya pensi dilakukan setelah lama berkarier di perusahaan yang sama. Perusahaan bisa memberikan hal ini pada karyawan tersebut untuk menghormati jasa-jasa yang telah diberikan.

Tentu saja Indonesia memberlakukan tunjangan pensiun untuk beberapa golongan. Mulai dari aparatur negara, pejabat negara serta pekerja negeri sipil.

3. Edukasi dan Pelatihan

Saat menyiapkan Employee Benefits Fresh Graduate/ Lulusan, Anda bisa berikan tunjangan berupa edukasi dan pelatihan. Dengan menggunakan bibit-bibit baru, perusahaan mencoba untuk berinvestasi menggunakan pekerja muda yang ke depannya bisa berkembang.

Pelatihan tentu difokuskan pada bidang yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Cara ini sudah banyak digunakan untuk mendapatkan pekerja berkualitas.

4. Tunjangan Transportasi

Berikutnya terdapat tunjangan transportasi untuk mengantar jemput karyawan. Perusahaan bisa maksimalkan waktu, kehadiran dan kedisiplinan pekerja dengan tunjangan transportasi. Kendaraan umum seperti bis digunakan untuk melakukan penjemputan dan pengantaran.

5. Asisten

Tunjangan berupa asisten pribadi sangat jarang diberikan oleh perusahaan. Penyebabnya di bagian jabatan yang hanya diberikan pada orang-orang petinggi saja. Contoh seperti manajer atau supervisor yang bisa mendapatkan asisten untuk mengelola bawahan.

Menyiapkan Employee Benefits seperti asisten juga tidak bisa dilakukan dengan mudah. Anda butuh pekerja profesional untuk menjadi asisten dan membantu produktivitas.

6. Tunjangan Keluarga

Salah satu fasilitas pekerjaan yang menguntungkan pekerja ialah tunjangan keluarga. Dengan adanya tunjangan tersebut, anggota keluarga bisa mendapatkan asuransi kesehatan. Pekerja hanya perlu mengajukan permintaan pada perusahaan untuk membantu keluarganya.

7. Fasilitas Tambahan

Terakhir ialah tunjangan menyesuaikan kondisi pekerja. Pekerja profesional memiliki syarat atau kebutuhan yang diajukan pada perusahaan. Tunjangan berupa fasilitas tambahan dapat diberikan berdasarkan perjanjian yang sudah dilakukan antar atasan dan bawahan.

Contoh Perusahaan Menyiapkan Employee Benefits

Perusahaan menggunakan kebijakannya masing-masing untuk meningkatkan kualitas, pelayanan dan nilai asetnya. Untuk menciptakan hal itu, beberapa perusahaan bisa memberikan tunjangan yang menguntungkan seperti kesehatan, upah lembur dan benefit lainnya.

Netflix sebagai salah satu perusahaan streaming mengusung konsep “work smarter, not harder”. Konsep kebijakan tersebut mengharuskan karyawan bekerja secara efektif dengan otaknya. Cara perusahaan menyiapkan Employee Benefits sangat unik dan bisa Anda contoh.

Selain itu, Netflix juga memberikan tunjangan kesehatan dengan asuransi dan makanan gratis di kantornya. Cuti hamil dan cuti melahirkan Netflix disediakan, untuk meningkatkan kenyamanan karyawannya. Selain Netflix masih ada contoh perusahaan lain dengan kebijakannya.

Amazon merupakan perusahaan toko Online global yang sudah terkenal. Satu tunjangan Amazon yang paling mencolok ialah mengizinkan karyawan berbagai cuti bersama mitra mereka. Konsep kebijakan ini ialah membagi cuti berbayar dengan karyawan yang memiliki tunjangan berbeda.

Panduan Akhir Menyiapkan Employee Benefits

Setelah mengetahui aturan tipe dan contohnya, kini Anda bisa membuat kebijakan sendiri terkait tunjangan karyawan. Satu hal penting hal yang perlu diperhatikan saat membuat tunjangan karyawan adalah upah harus sebanding dengan tanggung jawab pekerjanya.

Sebagaimana diketahui, jadwal pekerjaan sehat bisa dimulai dari jam 8 sampai 4 sore. Runtutan jadwal harus dibuat konsisten dengan mengurangi waktu lembur karyawan. Berikan upah yang sepadan dengan jadwal kerja tersebut karena sudah jadi kebijakan perusahaan.

Untuk hasil pekerjaan, jika sukses Anda bisa berikan kompensasi atau penghargaan. Namun jika kondisinya tidak membaik, karyawan bisa dituntut untuk lebih bekerja keras. Perusahaan harus memperhatikan program, regulasi dan proyek kerja agar menciptakan suasana yang baik.

Menciptakan jadwal yang konsisten adalah satu cara terbaik untuk menentukan upah karyawan. Di lain sisi tanggung jawab dan pekerjaan bisa disesuaikan dengan jadwal yang sudah ada. Saat menyiapkan Employee Benefits, ciptakan kebijakan Anda sendiri sebagai aturan dasarnya.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,