10 Contoh OKR Terbaik untuk Perusahaan Asuransi

Jika Anda merupakan HR dalam bidang asuransi, perlu kiranya mempelajari contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi. Asuransi sendiri merupakan cara yang dapat dipilih masyarakat guna melindungi barang berharga dari kemungkinan tidak terduga. 

Apabila suatu saat terjadi hal tidak terduga, maka masyarakat tidak perlu menanggung beban kerugian sepenuhnya. Sementara bagi pihak yang bekerja di perusahaan asuransi perlu mempunyai penilaian risiko secara cermat.

Pekerja asuransi perlu mengenali kemungkinan kerugian dari beragam peristiwa. Apabila penilaiannya kurang tepat, maka bisa menyebabkan kesalahan pemberian layanan kepada pemegang polis.

Bahkan dapat berdampak buruk pada keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, penting untuk menerapkan OKR secara tepat sesuai dengan objective atau tujuan yang hendak diraih.

Contoh OKR Terbaik untuk Perusahaan Asuransi

10 Contoh OKR Terbaik untuk Perusahaan Asuransi
Via: freepik

Dalam menghadirkan layanan terbaik bagi pemegang polis, umumnya perusahaan asuransi menetapkan target tertentu. Yakni target untuk memaksimalkan kinerja dan menetapkan indikator kinerja yang diharapkan.

Melalui penerapan OKR terbaik untuk perusahaan, bisnis asuransi bisa menetapkan tujuan yang jelas dalam menilai risiko secara efisien. Lantas menghadirkan layanan bermanfaat bagi pemegang polis.

OKR mampu membantu meminimalkan ketidakuratan, menghilangkan kekacauan dan menawarkan kelancaran fungsi operasional perusahaan. Baik itu pada bidang asuransi kejadian tidak terduga seperti bencana alam atau kerugian umum misalnya pencurian.

Apabila sudah menetapkan tujuan dan menjalankan upaya guna meraih tujuan tersebut, maka perusahaan bisa mengenali penyimpangan atau kesalahan secara mudah. Sehingga nantinya akan membantu menemukan solusi efektif untuk mengatasinya.

Menerapkan OKR terbaik untuk perusahaan juga membantu mengelola operasional perusahaan secara terorganisir, produktif dan memberikan kepuasan lebih tinggi kepada pelanggan. Seperti ini contoh OKR dalam bidang pengalaman pelanggan.

1. Pengalaman Pelanggan

Perusahaan asuransi merupakan bisnis yang berfokus pada layanan. Maka tidak heran jika perlu memberikan pengalaman yang memuaskan. Hal tersebut perlu didorong dengan meningkatkan retensi dan mengurangi churn pelanggan.

Bukan hanya itu, diperlukan juga upaya guna mengurangi penyimpangan kebijakan dan memberikan makan malam apresiasi. Tahukah Anda bahwa acara makan malam apresiasi dapat membuat pelanggan lebih setia dalam jangka waktu yang lama?

Anda dapat mengikuti contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi ini. Objective: meningkatkan retensi pelanggan. Key result 1: menurunkan rasio lapse polis dari 27% menjadi 10%. 

Ky 2: menurunkan rata-rata tingkat churn pelanggan dari 8$ menjadi 4%.

Key result 3: mengundang 50 klien jangka panjang ke acara makan malam penghargaan pelanggan.

2. Klaim dan Pemrosesan

Klaim ialah permohonan resmi dari pemegang polis supaya perusahaan melakukan pembayaran atau memenuhi hak sesuai kontrak perjanjian. Umumnya klaim akan segera dilakukan oleh pelanggan tatkala mereka menghadapi kejadian tidak terduga.

Pihak perusahaan asuransi wajib memproses klaim pelanggan dalam waktu cepat. Jangan sampai membiarkan masalah mereka berlarut-larut. Semakin cepat proses yang dijalankan, maka akan semakin besar kepuasan pelanggan.

Memang, perusahaan memerlukan sejumlah pemeriksaan sebelum memenuhi hak pemegang polis. Namun, proses tersebut jangan sampai mengalami penundaan. Prosesnya harus berlangsung secara efisien. Seperti contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi ini.

Objective: meningkatkan kecepatan pemrosesan klaim. Key result 1: mengurangi waktu rata-rata yang diperlukan untuk menyelesaikan klaim dari 48 jam menjadi 36 jam. 

Ky 2: mengurangi waktu penyelesaian inspeksi dari 48 jam menjadi 24 jam.

Key result 2: meningkatkan digitalisasi penyerahan bukti dokumen dari 25% menjadi 50%.

3. Manajemen Agensi 

Pemasaran merupakan hal penting dalam suatu bisnis. Umumnya, agen menjadi sosok yang dapat diandalkan untuk memasarkan produk atau layanan ke masyarakat. Begitu juga ketika berkaitan dengan jasa asuransi.

Setiap perusahaan bebas mengerahkan jumlah agen untuk memasarkan produk atau layanan. Biasanya, semakin banyak agen akan semakin besar peluang penambahan klien. Pangsa pasar juga jauh lebih luas dalam industri terkait.

Agen yang terlatih bukan hanya bisa menarik minat konsumen. Agen bahkan mampu membuat mereka loyal pada perusahaan. Jadi, penting sekali untuk mengirim agen memasarkan asuransi ke masyarakat. 

Agen akan membantu meningkatkan pendapatan perusahaan secara efektif. Berikut ini contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi yang berkaitan dengan peran agen.

Objective: meningkatkan pendapatan melalui agen. Key result 1: meningkatkan jumlah pemegang polis di wilayah X dari 54 ribu menjadi 80 ribu. 

Ky 2: meningkatkan pendapatan pada wilayah X dari $100 juta menjadi $125 juta.

Key result 3: meningkatkan jumlah transaksi yang ditutup oleh agen dari 10 menjadi 50 per kuartal. 

4. Sumber Daya Manusia 

10 Contoh OKR Terbaik untuk Perusahaan Asuransi
via: Freepik

Meningkatkan pendapatan melalui agen memang merupakan salah satu contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi. Akan tetapi, agen yang dikirim tentu harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan.

Perusahaan perlu menyediakan pelatihan khusus supaya agen dapat bekerja dengan baik dalam menarik pelanggan. Hal ini perlu diperhatikan secara khusus oleh HR. Apalagi keterampilan agen perlu dikembangkan seiring dengan perubahan zaman. 

HR memang mempunyai tugas untuk mengurus pengembangan sumber daya manusia di perusahaan. Anda dapat menyimak contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi dalam hal pengembangan SDM berikut.

Objective: meningkatkan perekrutan dan pelatihan ekstensif untuk agen asuransi. Key result 1: meningkatkan jumlah ilmuwan data dari 10 menjadi 30. 

Ky 2: meningkatkan jumlah program pelatihan agen baru dari 1 menjadi 3 dalam satu kuartal.

Key result 3: meningkatkan jumlah agen yang mencapai target dari 50% menjadi 75%.

5. Akun dan Manajemen Keuangan

Perusahaan wajib mengatur keuangan secara tepat untuk bisa memaksimalkan keuntungan. Salah satunya ialah dengan menerapkan langkah-langkah dalam mengurangi biaya operasional. Tidak jarang, operasional menyebabkan pemborosan dana. 

Jadi, penting untuk memaksimalkan kinerja keuangan dengan mengurangi biaya operasional. Jangan sampai laba habis hanya untuk menutupi biaya operasional. Seperti ini contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi yang dapat ditiru. 

Objective: mengurangi biaya dengan meningkatkan efisiensi operasional. Key result 1: menurunkan biaya pemrosesan rata-rata per aplikasi dari $300 menjadi $250.

Ky 2: menurunkan biaya pelaporan keuangan dari $20 ribu menjadi $15 ribu pada Q2.

Key result 3: meningkatkan pendapatan per klien atau anggora dari $700 menjadi $800.

6. Operasi Cabang

Cabang perusahaan merupakan tempat yang mampu menjangkau pelanggan dengan lebih dekat. Karyawan di cabang perlu menyediakan layanan yang memuaskan dan mengatasi pelanggan gagal membayar premi.

Karyawan terkait juga perlu mencegah pelanggan mengalami gagal bayar premi. Sehingga memaksimalkan pendapatan yang akan diterima perusahaan. Berikut contoh penerapan OKR terbaik untuk perusahaan asuransi dalam operasi cabang.

Objective: meningkatkan pengalaman pelanggan di cabang.

Key result 1: meningkatkan skor kepuasan pelanggan dari 6 menjadi 9.

Ky 2: mengurangi waktu penyelesaian keluhan konsumen dari 36 jam menjadi 12 jam.

Key result 3: meningkatkan jumlah referensi dari pelanggan yang semula 20% menjadi 40%. Melalui penerapan OKR seperti ini, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dalam mengakses layanan di cabang.

7. Akun dan Manajemen Keuangan 

Akun dan keuangan memang memainkan peran penting dalam semua bidang industri. Stabilitas keuangan dan profitabilitas perusahaan juga perlu diukur memakai indikator keuangan. Keuangan yang stabil akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang.

Apabila diimbangi dengan peningkatan laba, akan semakin baik bagi perusahaan. Namun untuk meraih hal tersebut tentu bukan perkara mudah. Anda bisa melihat contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi untuk mempelajarinya.

Objective: meningkatkan kinerja keuangan dan profitabilitas.

Key result 1: meningkatkan rasio laba bersih dari 0,2 per dolar menjadi 0,45 per dolar.

Ky 2: menurunkan tingkat kesalahan transaksi keuangan dari 0,08% menjadi 0,05% pada Q2.

Key result 3: meningkatkan pertumbuhan penjualan dengan kebijakan baru dan perpanjangan kebijakan dari 40% menjadi 60%. Key result 4: menurunkan rasio utang terhadap ekuitas dari 1,4 menjadi 0,8 pada Q2.

8. Akun dan Manajemen Keuangan

Ada beragam cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan profit. Misalnya dengan diversifikasi investasi dan meningkatkan pendapatan dari operasi. Seperti ini contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi dalam meningkatkan pendapatan.

Objective: meningkatkan pendapatan dari operasi dan meningkatkan manajemen investasi.

Key result 1: meningkatkan pendapatan perusahaan triwulanan dari $250 juta menjadi $300 juta.

Ky 2: meningkatkan investasi di reksa dana dari 50% menjadi 70%. 

Key result 3: meningkatkan investasi di reksa dana dari 50% menjadi 70%. Key result 4: meningkatkan rasio pendapatan bersih (berdasarkan setiap dolar premi) dari 6% menjadi 10%.

9. Akun dan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bukan hanya berfokus pada peningkatan pendapatan. Namun juga mengendalikan kerugian tatkala terjadi klaim. Meskipun berupaya membatasi kerugian, tidak boleh sampai mengurangi kepuasan pelanggan.

Oleh sebab itu, penting untuk mengatur batas tanggung jawab dalam klaim pelanggan. Coba simak contoh penerapan OKR terbaik untuk perusahaan asuransi di bawah ini.

Objective: meningkatkan efisiensi program pengendalian kerugian.

Key result 1: menurunkan rasio kerugian dari 40% menjadi 30% pada kuartal saat ini. 

Ky 2: menurunkan biaya kontrak alokasi risiko dari 35% menjadi 28% dari anggaran.

Key result 3: meningkatkan surplus underwriting untuk pertanggungan kerugian dari 0% menjadi 5%. 

10. Operasi Cabang

Kantor cabang tidak hanya perlu fokus untuk memberikan layanan terbaik pada pelanggan. Namun juga mencegah atau meminimalkan kesalahan selama operasi. Kemudian juga meningkatkan produktivitas operasional. 

Sangat penting bagi karyawan di kantor cabang untuk mencegah kesalahan terutama ketika berhubungan dengan pelanggan. Jangan sampai pelanggan merasa kecewa hanya karena satu kesalahan kecil. Simak contoh OKR terbaik untuk perusahaan asuransi ini.

Objective: meminimalkan kesalahan operasional. Key result 1: menurunkan tingkat kesalahan penagihan dari 0,5% menjadi 0,02%. Key result 2: meningkatkan otomatisasi layanan pemilik kebijakan dari 35% menjadi 50%.

Menerapkan OKR sendiri dimulai dari manajemen puncak organisasi lantas didelegasikan ke tingkat cabang. Kemudian semakin diperluas ke bawah. Asuransi sendiri merupakan pihak yang mampu memberikan perlindungan kepada konsumen dari kerugian tidak terduga.

Penerapan OKR sendiri sebenarnya juga mirip dengan sistem asuransi untuk pelanggan. OKR akan melindungi perusahaan dari kegagalan akibat kerugian besar sehingga mampu meningkatkan kinerja melawan kompetitor. 

OKR yang tepat juga bukan sekedar membantu dalam menyusun strategi tujuan bisnis untuk kinerja optimal. Namun juga membantu produktivitas karyawan di perusahaan.

Pengelolaan perusahaan asuransi yang buruk akan berdampak panjang. Seperti menurunnya kinerja dan berkurangnya jumlah pelanggan. Supaya mampu mencegah hal tersebut, bisa menerapkan OKR terbaik untuk perusahaan asuransi.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

Codemi Publication

Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

Unduh Codemi Learning Report 2021

X