10 Contoh OKR Sumber Daya Manusia (SDM)

10 contoh OKR Sumber Daya Manusia akan membantu dalam melakukan perekrutan sumber daya manusia atau calon karyawan dari sebuah perusahaan. OKR merupakan singkatan dari objective and key result.

Kesadaran mengenai hal ini dalam masyarakat semakin besar. Adanya sistem ini membantu dalam melakukan perekrutan untuk mencari kandidat baru. Metode ini juga tidak kalah popular dibandingkan dengan KPI.

KPI juga memiliki singkatan key performance indicator yang membuat perekrutan kandidat semakin mudah terlebih lagi hadirnya 10 contoh OKR Sumber Daya Manusia. Dengan hadirnya objective and key result popularitas dari KPI semakin berkurang.

OKR merupakan sebuah metode yang diberikan pada tim atau lingkungan pada lapangan kerja. Dalam cara ini terdapat rencana besar dan jelas terhadap progress kerja suatu tim. Dengan adanya pola dari metode tersebut akan membuat patokan dalam kemajuan kinerja.

Contoh OKR Sumber Daya Manusia ini akan membawa keuntungan jika diterapkan. Salah satu manfaat didapat adalah persatuan antara orang. Ketika setiap anggota memahami sistem tersebut, transparansi setiap anggota akan terus meningkat.

Hal tersebut bisa mendapatkan hasil maksimal dan lebih efektif. Kunci dari keberhasilan metode ini terletak dari seberapa serius untuk mencapai objective setiap individunya. Namun langkah ini masih menjadi awal sebelum terjadi harus memahami apa itu OKR terlebih dahulu.

Contoh OKR Sumber Daya Manusia

10 Contoh OKR Sumber Daya Manusia (SDM)

Contoh OKR SDM HR atau human resource berfungsi sebagai penghubung antara karyawan dibutuhkan dengan perusahaan. Mendapat karyawan tepat dan berusaha mengembangkan keterampilan serta ketertiban antara karyawan. 

OKR adalah sebuah metode dalam bentuk manajemen dan dilakukan oleh beberapa perusahaan dari besar hingga kecil. Contoh OKR Sumber Daya Manusia dibawah ini akan membantu Anda dalam menentukan bagaimana melakukan manajemen khususnya dibidang sumber daya manusia.

Dalam beberapa tahun ini banyak perusahaan Indonesia mulai tertarik untuk menerapkan metode tersebut dalam proses kinerjanya. Hal tersebut dianggap efektif untuk menunjang dan mendukung kemajuan dan kedisiplinan 

Objective :

Melakukan rekrutmen dan meningkatkan kinerja karyawan

Key Result :

  1. Melakukan rekrut 200 karyawan baru per bulan untuk meningkatkan kinerja perusahaan
  2. Mengembangkan keterampilan karyawan dengan program terbaru
  3. Meningkatkan fasilitas menunjang kinerja karyawan
  4. Memberi pelatihan per 3 bulan sekali
  5. Memilih kandidat terbaik dalam seleksi rekrutmen 
  6. Mengadakan acara non formal untuk karyawan atau kandidat karyawan
  7. Berhubungan baik dengan calon pelamar
  8. Menjalin kerjasama antar perusahaan untuk program karyawan
  9. Mengadakan acara dalam bentuk silaturahmi antara karyawan untuk menjalin hubungan dan mempererat komunikasi.
  10. Menjaga kinerja para karyawan agar tetap stabil

Objective and Key Result akan memberi bantuan tim atau sebuah perusahaan untuk mengubah ide agar ekseskusi dapat berjalan dengan baik. 10 contoh OKR Sumber Daya Manusia ini akan mempererat keterlibatan karyawan dan mendorong sebuah tim dalam meningkatkan kualitas kerja.

Manfaat OKR untuk Keberlangsungan Perusahaan

Objective and Key Result tersebut bukanlah alat dalam melakukan penilaian terhadap kualitas kerja karyawan. Namun dianggap sebagai alat untuk mengukur sejauh mana potensi kinerja yang dilakukan apakah sesuai dengan target perusahaan atau tidak.

Contoh OKR Sumber Daya Manusia akan membantu perusahaan dalam melakukan evaluasi realisasi dan menentukan target kemajuan suatu kinerja dari karyawan. Metode ini berfokus dalam memberikan dorongan besar pada produktivitas suatu tim sehingga dapat membantu perkembangan lebih cepat.

Manfaat dari penerapan metode tersebut adalah perusahaan akan lebih bersikap responsif dan peka terhadap perubahan yang ada. Sehingga karyawan akan lebih mudah melakukan upgrade kualitas kerja dan mendapat support dari pihaknya.

Kemudian, semua pihak terkait dalam perusahaan dapat tahu dari 10 contoh OKR ini terhadap harapan dari kinerja dan bagaimana bisa cocok dengan tujuan perusahaan tersebut. Waktu persiapan pun tidak banyak namun mudah untuk dilakukan.

Selain itu, ketika menerapkan metode tersebut karyawan lebih termotivasi dan dapat menyesuaikan dengan tim untuk bekerja secara optimal serta kolektif demi menggapai tujuan dan target bersama.

OKR juga menunjukkan adanya keterbukaan terhadap kualitas kerja antara karyawan bahkan hingga ke pimpinannya. Hal tersebut dapat mempercepat hasil yang sudah diinginkan dan ditargetkan oleh sebuah perusahaan.

Penerapan OKR perlu dilakukan dalam sebuah perusahaan baik yang berkembang atau perusahaan besar lainnya. Hal tersebut dapat mulai dipelajari dalam contoh OKR Sumber Daya Manusia agar dapat memahami dengan baik.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X