Motivasi Ekstrinsik dan Fungsinya di Dunia Kerja

Setiap perusahaan wajib memahami apa yang dimaksud dengan motivasi ekstrinsik dan intrinsik ketika mempekerjakan karyawan dalam jumlah banyak. Karena ternyata hal tersebut sangat mempengaruhi kinerja karyawan demi mencapai tujuan perusahaan.

Meski menjadi kekuatan yang tidak terlihat, namun tidak dapat dipungkiri bila motivasi merupakan cara terampuh dalam mendorong seseorang untuk berbuat sesuatu, termasuk ketika sedang bekerja di sebuah perusahaan yang diinginkannya.

Maka dari itu ketika berbicara tentang motivasi, maka tentunya tidak lepas dari kata sumbernya yang mana bisa berasal dari dalam dan luar. Untuk itu mengembangkan keduanya merupakan hal yang wajib.

Setiap perusahaan harus bisa memberikan motivasi terbaik kepada karyawannya supaya produktivitas perusahaan semakin berkembang dan lebih baik. Jadi supaya lebih memahaminya, berikut kami jelaskan tentang pengertian dan pengaruhnya terhadap perusahaan.

Sesuai dengan namanya ekstrinsik itu bisa terjadi karena adanya pengaruh dari luar orang itu sendiri. Jadi kondisi tersebut bisa saja muncul karena ada ajakan, pengaruh, dan paksaan dari orang lain.

Sehingga bisa mempengaruhi seseorang untuk berbuat sesuatu. Sedangkan intrinsik itu bisa muncul dari diri sendiri tanpa ada paksaan dari pihak luar. Sehingga seseorang akan lebih percaya diri dan bersemangat lagi.

Karena motivasinya tumbuh dari dalam dirinya sendiri. Sehingga seorang karyawan akan lebih bersemangat dan produktif dalam bekerja ketika mereka memiliki motivasi dalam dirinya, berikut pengertiannya menurut para ahli, antara lain:

Motivasi ekstrinsik merupakan motif yang baru akan bekerja bila ada rangsangan atau pengaruh dari luar (A.M. Sardiman). Sedangkan menurut Rosjidan, et al menjelaskan tujuannya berasal dari luar pengetahuan mereka.

Contoh semacam itu merupakan motivasi yang berbentuk ekstrinsik karena dipengaruhi oleh faktor luar di lingkungan sekitarnya. Sehingga ada hal yang mempengaruhi anak tersebut untuk belajar bukan dari dalam dirinya sendiri.

Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Ekstrinsik Karyawan

Membentuk SDM berkualitas di sebuah perusahaan menjadi tantangan tersendiri karena butuh keahlian khusus. Maka dari itu dibutuhkan sebuah motivasi luar demi meningkatkan kinerja karyawan di kantor, berikut faktor yang mempengaruhinya:

  1. Salah satu contoh yang mempengaruhi motivation luar para karyawan supaya mau bertahan dan memperlihatkan kinerjanya adalah dengan memberikan kesempatan promosi jabatan. Sehingga hal tersebut bisa meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.
  2. Memberikan peningkatan gaji atas kinerja juga ikut mempengaruhi peningkatan motivasi luar terhadap pekerja di kantor. Umumnya gaji tersebut didukung dengan beberapa tunjangan yang membuat para pekerja semakin loyal dan termotivasi.
  3. Memberikan rasa aman kepada karyawan di tempat kerja juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi para pekerja di kantor. Dengan kondisi yang aman akan membuat pekerja merasa nyaman.
  4. Selain faktor keamanan, kenyamanan juga ikut serta dalam meningkatkan motivasi luar para pekerja di kantor. Semakin nyaman kondisi lingkungan di kantor akan membuat mereka termotivasi untuk lebih produktif dalam bekerja.

Untuk memberikan rasa nyaman tersebut bisa meliputi banyak hal, yaitu meningkatkan fasilitas kantor, menciptakan lingkungan bersih, aman, dll. Sehingga para pekerja bisa merasa lebih nyaman dan betah bekerja di kantor.

Mengingat memberikan motivasi luar itu sangat baik untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, tidak heran bila beberapa dari mereka mulai meningkatkan fasilitas pekerjanya. Tujuannya adalah supaya pekerjanya semakin termotivasi untuk lebih loyal.

Melihat dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivation itu penting sekali dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu motivasi ekstrinsik dan intrinsik, keduanya sangat penting dan mempengaruhi produktivitas sebuah perusahaan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Cara perusahaan membangun organizational skills pada tiap karyawan akan membantu performa kerja dan produktivitas mereka. Untuk menciptakan karyawa

Codemi Publication

Pada dasarnya ada beberapa keterampilan yang harus diajarkan pada manager demi perkembangan sebuah perusahaan. Karena manajer sendiri adalah orang