Mindful Leadership dalam Bekerja, Bagaimana Caranya?

Mindful leadership dalam bekerja sangatpenting diperhatikan bagi setiap pimpinan perusahaan. Namun bagaimana cara membangun sikap dan jati diri pemimpin yang baik dalam dunia kerja?

Memimpin dengan penuh kesadaran dan perhatian tentunya tidak didapat dengan sendirinya. Pimpinan yang baik dan penuh perhatian tidak didapat secara instan melainkan harus diasah dan dibangun sejak dini.

Seorang pimpinan yang toleran terhadap berbagai hal dapat meningkatkan rasa percaya orang-orang di sekelilingnya. Hal tersebut akan membantu seorang pemimpin dalam berkomunikasi dengan karyawan di kantor.

Wujud mindful leadership dalam bekerja bisa terlihat dalam berbagai macam hal dan tindakan pimpinan. Seperti memahami permasalahan yang sedang dialami para pekerja dalam kondisi tertentu.

Seorang pemimpin harus menyempatkan waktu untuk mendengar dan memahami apa yang disampaikan karyawan. Terlebih setiap pesan yang disampaikan akan menjadi infomasi penting bagi pimpinan dan perusahaan.

Setiap informasi yang didapat akan membantu Anda lebih bijak dalam mengambil keputusan besar. Perannya juga penting untuk membuat pimpinan terhindar dari kesalahan pengambilan keputusan dalam jangka panjang.

Cara Membangun Mindful Leadership dalam Bekerja

Bagaimana membentuk jiwa pemimpin dengan sikap perhatian dan penuh kesan? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pertimbangkan agar membentuk dasar pemikiran pemimpin dalam bekerja di perusahaan.

Menganalisa Setiap Permasalahan yang Datang

Menjadi seorang pemimpin di dalam perusahaan tentunya Anda dituntut untuk mengambil berbagai kebijakan. Namun, terkadang permasalahan muncul tanpa diduga sebelumnya sehingga Anda harus mengambil keputusan saat itu juga.

Namun, sebelum mengambil keputusan besar sebaiknya lakukan analisa mengenai permasalahan yang muncul. Pengambilan keputusan tidak dapat dikeluarkan secara tiba-tiba tanpa analisa cukup mendalam dan terarah.

Memahami Konsekuensi dari Keputusan yang Diambil

Memahami konsekuensi dari keputusan yang diambil adalah bagian dari sikap mindful leadership dalam bekerja. Anda bisa menunda beberapa keputusan besar jika resikonya tidak menguntungkan dalam jangka panjang.

Pemimpin juga harus melihat konsekuensi dari berbagai sisi mulai dari dampak bagi perusahaan, karyawan dan orang banyak. Sehingga setiap keputusan yang diambil merupakan hasil dari analisa dan berbagai pertimbangan.

Mendengarkan Setiap Saran dan Keluhan yang Datang

Sebelum melakukan eksekusi keputusan dan tindakan sebaiknya dengarkan saran dan keluhan yang datang kepada Anda. Saran tersebut bisa berasal dari orang-orang yang berada di sekitar lingkungan kerja.

Saran dan keluhan yang didengar bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam bekerja. Sehingga keputusan yang dibuat berdasarkan pertimbangan dan saran semua pihak di dalamnya.

Tidak mengambil keputusan berdasarkan emosi sesaat

Membangun jiwa leadership bisa dilakukan dengan mengatur emosi saat sedang terjadi masalah di dunia kerja. Seorang pemimpin harus bisa memahami dan melihat situasi kondisi di dalam setiap permasalahan.

Misalnya saja dengan meredam emosi saat terjadi masalah di perusahaan. Pengambilan keputusan yang melibatkan hajad orang banyak juga sebaiknya diambil pada saat hati dan pikiran tenang.

Manfaat Memiliki Mindful Leadership dalam Bekerja

Mempunyai jiwa kepempinan dengan penuh perhatian dan sadar dalam bekerja tentunya bermanfaat untuk jangka panjang. Seorang pemimpin harus mampu menyadari berbagai macam risiko dari keputusannya.

Pimpinan perusahaan yang mempunyai jiwa mindful tinggi akan membantu karyawan lainnya agar bisa lebih cepat berkembang. Hal tersebut penting untuk keberlanjutan produktivitas perusahaan dalam jangan panjang.

Selain itu pemimpin yang menjalankan pekerjaan berdasarkan analisa mampu mempertahankan eksistensi perusahaan. Hal ini lantaran keputusan yang diambil mampu membalikkan kondisi keadaan hingga menjadi stabil kembali.

Manfaat lainnya membangun mindful leadership dalam bekerja yaitu tidak mudah percaya dengan isu-isu perusahaan. Dasar pemikiran berdasarkan analisa kuat akan membentuk rasa percaya diri seorang pemimpin.

Tentunya hal tersebut membantu seorang pemimpin dalam mengambil kesimpulan sebuah kabar mengenai perusahaan. Seorang pemimpin yang terbuka memiliki jiwa mendengar dan memperhatikan situasi di sekitarnya.

Bekerja dengan penuh kesadaran juga akan meningkatkan kreativitas dalam berpikir dan berkreasi. Terlebih jika Anda memimpin perusahaan yang melibatkan karyawan dalam jumlah yang banyak dan besar.

Jadi seorang pemimpin memang harus bekerja dengan penuh kesadaran dan pertimbangan. Dengan ini, mindful leadership dalam bekerja patut diperhitungkan bagi setiap pemimpin perusahaan kecil atau besar. Simak juga ulasan kami mengenai cara merancang program pengembangan karyawan disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

    Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X