LMS

Metode Pembelajaran Blended Learning untuk Optimasi Pelatihan SDM

Berbagai metode pelatihan SDM telah dikembangkan, salah satunya adalah pengembangan metode pembelajaran blended learning. Hal ini dilakukan karena perusahaan semakin menyadari bahwa aset terbesar bukan hanya sebatas teknologi, tetapi orang – orang ahli dalam mengerjakan berbagai tugasnya. Karenanya SDM menjadi perhatian dan investasi utama perusahaan.

Berkembangnya teknologi ternyata tidak mampu menggantikan peranan manusia sebagai pelaksana dalam menjalankan berbagai pekerjaan. Bahkan dengan kepemilikan teknologi sama, setiap perusahaan masih memiliki kinerja dan produktivitas berbeda. Salah satunya ditentukan dari kemampuan manusianya. Mulai dari sikap, kreativitas, kemampuan, serta keterampilan memecahkan masalah.

Kesadaran ini menumbuhkan suatu pemahaman bahwa penggunaan teknologi yang sama dan mutakhir belum tentu unggul apabila tidak dibarengi dengan tenaga ahlinya. Hal ini juga akhirnya memberikan kedudukan khusus bahwa sumber daya manusia menjadi aset berharga bagi perusahaan. Karenanya perlu senantiasa diupgrade keterampilan dan kemampuannya.

Memahami Metode Belajar Blended Learning

Upgrading pada karyawan tentunya harus menggunakan cara yang paling cepat tetapi juga harus efektif. Pelatihan singkat atau seminar bisa menambah wawasan, tetapi biasanya belum terstruktur serta masih terpisah atau belum terintegrasi. Di sisi lain, untuk mampu mengembangkan keahlian, perlu perencanaan pembelajaran khusus dan teratur.

Salah satu cara yang paling cocok untuk peningkatan keterampilan karyawan adalah menggunakan pembelajaran blended learning. Yaitu sebuah pembelajaran yang menggabungkan antara unsur teknologi informasi internet dengan sistem kelas. Secara singkatnya peserta akan belajar melalui internet seolah – olah sedang mengikuti kelas konvensional pada umumnya.

Sistem ini dinilai ideal karena tidak akan terikat waktu dan tempat. Terlebih karyawan biasanya memiliki berbagai agenda pribadi setelah bekerja sehingga tidak memungkinkan menambah kelas konvensional. Disisi lain, teknik belajar ini juga mampu menjembatani peserta yang kurang berpengalaman belajar mandiri menggunakan internet. Karena nantinya ada sesi diskusi layaknya forum kelas.

Berbeda dari pelatihan online, webinar, atau pembelajaran daring biasa. Blended learning menuntut pengelola untuk memberikan rencana pembelajaran secara menyeluruh, terstruktur, serta terintegrasi. Sehingga antara materi satu dengan materi lainnya saling berkaitan dan menguatkan untuk membentuk keterampilan karyawan. Sehingga setelah menyelesaikan pembelajaran terdapat peningkatan kualitas kinerja.

Manfaat Menggunakan Metode Belajar Blended Learning

Pembelajaran berbasis teknologi internet ternyata memberikan dampak positif yang cukup besar. Terlebih lagi apabila sudah disusun secara terencana dan terkurikulum seperti blended learning. Salah satu manfaatnya adalah kemudahan dalam melakukan pembelajaran. Tidak terikatnya tempat memungkinkan belajar jarak jauh. Tidak harus datang ke ruang kelas.

Biaya bisa ditekan, karena baik materi, penugasan, serta evaluasi tidak harus menggunakan media langsung seperti kertas atau buku. Melainkan menggunakan aset digital menggunakan penyimpanan cloud. Sehingga sangat mudah diakses serta dipelajari kapan serta di mana saja, tidak perlu lagi membeli buku atau kertas untuk mencatat materi.

Media pembelajarannya bisa lebih bervariatif. Mengingat tidak harus dirupakan dalam bentuk fisik, berbagai media pembelajaran dapat diaplikasikan. Contohnya menggunakan video, gambar, teks, rekaman, animasi, dan berbagai jenis lainnya. Sehingga peserta akan semakin mudah menguasai materi serta melatih keterampilannya. Terlebih bisa menyesuaikan gaya belajarnya masing – masing.

Memulai Metode Belajar Blended Learning

Untuk memulai menggunakan metode ini, perlu perangkat atau aplikasi penunjang agar berbagai proses dapat saling berjalan dengan baik serta terintegrasi. Ketika mengembangkan sendiri tentunya sulit, namun di era modern saat ini telah berkembang jasa menyediakan platform untuk mengelola dan memanage pembelajaran berbasis blended learning.

Salah satu penyedianya adalah Codemi. Yaitu sebuah platform online untuk membantu berbagai perusahaan dalam melaksanakan pembelajaran, pelatihan, atau pengembangan SDM berbasis online dengan sistem cloud. Dengan demikian perusahaan tidak perlu lagi menyusun sistem baru, tinggal memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Codemi dan melakukan pemantauan.

Berbagai fasilitas telah disediakan oleh Codemi, seperti training secara online, tes berbasis daring, gamifikasi dan leaderboard untuk memacu semangat belajarnya, serta berbagai kemudahan dalam mengelola sistemnya. Sehingga peningkatan keterampilan karyawan menjadi sangat mudah serta menyenangkan. Untuk informasinya bisa dilihat pada https://codemi.co.id/about/ Pembelajaran tentunya harus terus senantiasa dilakukan oleh setiap orang tanpa mengenal batasan usia serta kedudukan. Salah satunya dalam perusahaan adalah upaya peningkatan kualitas kemampuan, keterampilan, dan kecakapan dalam pemecahan masalah. Untuk itulah digunakan metode belajar blended learning dengan menggunakan platform Codemi.


Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Zaki Falimbany

Model evaluasi training Kirkpatrick 4 level adalah salah satu model yang populer dan banyak dipakai guna mengukur sejauh mana pengaruh suatu pelati

Codemi

Manfaat learning management system atau LMS di era modern semakin dirasakan oleh banyak pihak, tidak terkecuali bagi perusahaan. Perkembangan tekno