Ini Skill yang Dibutuhkan Saat Merekrut Seorang Pengembang Bisnis

Berbicara mengenai skill, saat perekrut ingin merekrut seorang pengembang bisnis, maka ada yang harus mereka lakukan. Ini ada kaitan dengan pengembangan bisnis, sehingga tidak boleh jika dilakukan sembarangan. Nantinya, ini akan berefek pada konsumen, pasar, dan relasi.

Jika Anda adalah seorang recruiter, maka pengembangan bisnis akan bergantung pada usaha yang dikeluarkan. Ini berkaitan dengan banyak aktivitas, mulai dari mengidentifikasi prospek bisnis, berhubungan, hingga memberikan rangkaian kerjaan yang perlu pelamar lakukan.

Di saat banyak yang ingin melamar di tempat kerja, maka peluang mendapatkan pilihan yang terbaik juga semakin besar. Di sisi lain, perekrut juga harus tahu apa yang harus dilakukan sedari awal, yaitu menemukan yang paling capable. Sehingga skill HR sangat diperlukan.

Jangan mengira kalau tugas perekrut itu mudah, mereka harus mencari tahu siapa orang yang paling layak untuk memajukan bisnis. Apalagi di posisi-posisi strategis, sedikit kesalahan saja bisa membuat posisi bisnis bisa terguncang, banyak segi teknikal yang sering terabaikan.

Skill yang Wajib Perekrut Miliki Saat Akan Merekrut Seorang Pengembang Bisnis

Ini Skill yang Dibutuhkan Saat Merekrut Seorang Pengembang Bisnis

Telah kami sampaikan kalau perekrut adalah orang yang memiliki peran sentral untuk kinerja suatu bisnis. Jika mereka bisa menemukan orang yang cocok untuk pengembangan bisnis, itu adalah kerja bagus. Dan jika yang terjadi adalah sebaliknya, kondisi bisnis akan memburuk.

Perekrut perlu mengeluarkan seluruh skill dan pengetahuan yang sudah mereka pelajari. Ini bisa dalam segi praktikal, teknikal dan juga mental. Secara umum, sejumlah skill yang paling penting untuk dikeluarkan perekrut saat merekrut seorang pengembang bisnis antara lain:

1. Mampu Menilai Orang yang Action-Oriented

Mana yang bakal Anda pilih, orang yang lebih mementingkan bicara atau lebih ke aksi? Untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, berbicara banyak itu tidak penting. Sehingga perekrut wajib tahu mana orang yang lebih berorientasi ke aksi.

2. Kemampuan Untuk Membaca dan Menunjukkan Body Language yang Positif

Skill ketika merekrut seorang pengembang bisnis selanjutnya adalah melihat gaya bahaya dan cara berkomunikasi seseorang. Bahasa tubuh akan selalu dipelajari oleh HR. Dari sini juga mereka bisa menentukan kepribadian seseorang, dan mana yang lebih positif.

3. Critical Thinking

Skill lain yang juga wajib dimiliki adalah Critical Thinking. Di saat mereka harus membaca kumpulan CV dan profile pelamar, maka berpikir kritis untuk mendapatkan individu yang terbaik adalah kunci. Serta mereka tidak boleh percaya begitu saja.

Baca: Tips Membuat E-Learning untuk Peningkatkan Skill Critical Thinking

4. Skill Untuk Mengelola Ekspektasi

Skill yang satu ini masih jarang ditemukan, padahal adalah satu hal paling penting saat akan merekrut seorang pengembang bisnis. Melihat profile orang baru, maka ekspektasi pada hasil kerjanya juga akan tinggi. Tetapi HR yang baik bisa mengelola ekspektasi itu.

Baca: Ekspektasi Karyawan Gen Z yang Harus Diketahui Perusahaan

5. Skill Negosiasi yang juga Baik

Siapa yang bilang kalau ekspektasi bukan satu hal sentral ketika ingin merekrut orang di posisi pengembang bisnis. Negosiasi akan dibutuhkan untuk melihat seberapa besar bagian yang bisa kandidat lakukan untuk bisnis, dan juga negosiasi masalah gaji.

Baca: 5 Tips Negosiasi Gaji yang Efektif untuk Pelamar Terbaik

6. Mentalitas yang Berdasarkan Data

Jangan hanya percaya dengan omongan pelamar, dan perekrut sering gagal fokus ke data dari orang yang banyak mempromosikan dirinya. Dan ini juga bagian dari skill merekrut seorang pengembang bisnis. Mereka akan memberikan kumpulan data teruji.

7. Attention to Details

Detail sekecil apapun akan mempengaruhi hasil bisnis, dan kalau ada bagian ketika scanning CV yang terabaikan, maka itu bisa menjadi kekeliruan. Skill attention to detail adalah yang harus dimiliki, agar perekrut tidak mengabaikan hal kecil dari pelamar.

8. Skill Membangun Hubungan dengan Calon Pengembang Bisnis

Ketika berbicara mengenai satu tempat kerja, maka hubungan antar semua lini harus dibangun. Termasuk juga dengan HR yang disarankan untuk selalu bisa membangun hubungan dengan calon pengembang bisnis, dan tidak ada alasan dari hal itu.

9. Kemampuan Membaca Profile Orang Lain atau CV dengan Benar

Scanning CV akan butuh waktu lama serta harus fokus ke detail apapun. Dan ini juga yang menjadi poin terpenting ketika ingin merekrut, mereka harus mengetahui cara yang benar untuk membaca profile, serta identifikasi mana yang tidak benar.

Perekrut adalah orang yang paling sentral untuk memberikan kesempatan ke orang lain dari satu jabatan. Misalnya posisi pengembang bisnis, mereka tidak boleh mengabaikan satu detail kecil dari pelamar. Merekrut seorang pengembang bisnis sama dengan penentuan oran terlayak.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Perekrutan menjadi aspek penting untuk menumbuhkembangkan perusahaan, sehingga perlu pemahaman apa itu anggaran rekrutmen. Anggaran ini disusun aga

Cara menggunakan gamifikasi sering dicari oleh para perekrut sekarang. Gamifikasi sendiri telah menjadi strategi populer di dunia perekrutan, dan p

Unduh Codemi Learning Report 2021

X