Bagaimana Manager dapat Menumbuhkan Motivasi Pegawainya?

Membahas mengenai menumbuhkan motivasi pegawai merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang manager. Pada dasarnya, para karyawan sudah memiliki motivasi dalam bekerja, yaitu untuk menghasilkan uang.

Akan tetapi, sebagai seorang manager, bertanggung jawab untuk memastikan dan mencari tau bagaimana memanfaatkan semangat kerja karyawan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. “Mengendalikan” adalah kunci utamanya.

Faktor lingkungan di bawah kendali pemimpin adalah yang paling signifikan. Oleh karena itu, pemimpin wajib memiliki hubungan baik dengan karyawan. Selanjutnya, budaya organisasi dan keterlibatan karyawan juga merupakan poin penting dalam menumbuhkan motivasi pegawai.

Secara ideal, budaya kerja terdiri dari lingkungan, di mana pegawai dipercaya dan diperlakukan layaknya orang dewasa. Jasdi diberikan nilai-nilai, visi, misi, dan kerangka kerja strategis agar dapat melakukan pekerjaannya.

Inilah Cara Menumbuhkan Motivasi Pegawai

Upaya untuk menumbuhkan motivasi seorang pegawai berkaitan dengan komunikasi, di mana juga harus dianggap dengan hormat, diperlakukan sopan, serta memiliki hak untuk memberikan saran pada setiap aspek pekerjaan.

Pegawai juga sebaiknya didorong agar memiliki kemampuan berbicara mengenai apa yang diyakini. Keterlibatannya sebagai tim dalam memecahkan masalah bagi perusahaan terhadap konsumen. Selain itu, mereka juga dipercaya menerima informasi penting. 

Terdapat beberapa faktor lain yang bisa digunakan untuk menghasilkan lingkungan kerja lebih sehat, di mana para karyawan memilih untuk menumbuhkan motivasi pegawai agar dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dengan sebaik mungkin. 

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan oleh manajer untuk menumbuhkan motivasi di dalam lingkungan kerja :

Menjalankan Managemen dengan Sebaik-Baiknya

Sebuah buku karya Jon Gordon berjudul “Soup : a Recipe to Nourish Your Team and Culture” menjelaskan bahwa, beberapa pemimpin ingin menghilangkan seluruh emosi yang ada di tempat kerja. 

Gordon juga memiliki pendapat, bahwa hal tersebut adalah kesalahan dan berbagi kebijaksanaannya tentang cara menumbuhkan motivasi pegawai selama masa-masa sulit dengan memupuk hubungan baik Anda dengan mereka. 

Selain itu, sebagai manajer juga bisa menciptakan kepercayaan dan mengharapkan hanya yang terbaik dari dalam tim Anda. Anda bisa mempelajari tips-tips untuk pemimpin yang berkaitan dengan motivasi.

Membuat Hari Pegawai Berjalan Lebih Baik

Menumbuhkan motivasi pegawai atau semangat kerja sebaiknya didampingi dengan moral yang bijaksana. Sebagai manajer, Anda tentu harus memahami bahwa tim kadangkala mengalami hari buruk dan baik.

Kata-kata untuk meningkatkan semangat memang penting, tetapi masih ada lagi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu pegawai agar dapat mempertahankan semangat kerjanya. Salah satunya, menetapkan standar dan harapan.

Manajer harus bisa menetapkan standar maupun harapan secara jelas, berfokus pada pengembangan baik secara pribadi maupun professional dalam diri mereka, serta memulai setiap harinya dengan senyum dan sikap menyenangkan.

Tanggung Jawab Ada pada Manajer

Penulis David Maister sebagai penulis buku terlaris, pakar manajemen perusahaan jasa professional, serta mantan professor Harvard Business School memberikan wawasan mengenai bagaimana pemimpin dapat meningkatkan semangat karyawan.

Pertama, dalam menumbuhkan motivasi pegawai penting bahwa menjalankan sikap seolah-olah Anda adalah bagian dari tim dengan membantu beberapa pekerjaan. Hal tersebut membuat diri Anda tersedia bagi siapa saja, ketika dalam masalah pribadi atau pekerjaan. 

Manajer juga secara aktif dapat membantu orang-orang di dalam timnya untuk mencapai tujuan. Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman dan dinaungi oleh pemimpin, maka lingkungan kerja menjadi lebih sehat.

Kepemimpinan Memberikan Inspirasi untuk Meningkatkan Semangat

Meski sekedar meningkatkan semangat kerja, Anda harus memperluas perangkat-perangkatnya dalam enak tindakan kepemimpinan yang bisa diambil. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan dan perasaan aman di perusahaan.

Minimalisir kecemasan, permusuhan, serta sinisme. Mulailah dengan berkomunikasi secara jujur dalam jangka waktu yang sering dengan setiap pegawai dalam grup. Manajer harus mengenal anggota timnya dan biarkan mereka mengenali Anda.

Jika memiliki hubungan baik dengan mengenali setiap individu di dalam tim, maka sekat antara atasan dan bawahan bukan menjadi masalah. Anda bisa dengan mudah menanamkan optimisme dan visi kepada anggota di dalam tim. 

Fokus pada Semangat Kerja Tim untuk menumbuhkan motivasi pegawai

Fokus menjadi poin penting dalam diri Anda. Buatlah kemajuan dalam menciptakan lingkungan kerja, di mana karyawan dapat memilih untuk bersikap secara positif, antusias, dan penuh semangat. 

Strategi untuk mencapai jenis lingkungan kerja ini termasuk dengan mengakui kontribusi mereka di dalam tim. Namun, tetap berikan arahan yang jelas, menanggapi segala keluh kesah dan melakukan umpan balik. 

Menjadi pemimpin tentu tidak mudah. Dunia kerja menuntut Anda untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat menumbuhkan motivasi pegawai secara efektif demi mencapai tujuan bersama

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X