Menjaga Semangat Kerja Untuk Mempertahankan Produktivitas

Banyak karyawan yang merasa malas ketika berangkat ke kantor karena tidak mengetahui bagaimana cara menjaga semangat kerja. Bukan tanpa sebab, ini bisa terjadi karena banyak faktor baik secara internal maupun eksternal. 

Misalnya beban kerja dari atasan yang semakin bertambah, rekan kerja tidak kooperatif sehingga banyak pekerjaan tertunda dan tidak bisa selesai tepat waktu. Lingkungan kerja kurang kondusif juga bisa menjadi sebab menurunnya semangat. 

Bisa juga karena faktor dari dalam diri, seperti rasa jenuh terhadap rutinitas itu-itu saja. Permasalahan pribadi yang mengganggu beberapa waktu ke belakang. Hingga kelelahan akibat pekerjaan yang menumpuk.

Padahal menurunnya semangat dan motivasi karyawan dalam menghandle tugas dapat menimbulkan dampak negatif bagi performa perusahaan. Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana meningkatkan motivasi di tempat kerja secara efektif. 

Cara Menjaga Semangat Kerja dengan Menata Ulang Meja

Meja dimana Anda beraktivitas ternyata dapat memberikan pengaruh besar pada semangat Anda. Banyaknya kertas berserakan, buku-buku, hingga alat tulis tidak tertata rapi terkadang membuat pikiran menjadi lebih lelah.

Untuk mengakalinya, pertimbangkan untuk menata ulang meja kerja Anda. Pertama-tama, rapikan semua benda yang ada di atas meja. Agar tidak bosan, ada baiknya Anda mengubah penataan barang dari sebelumnya.

Agar lebih menumbuhkan semangat baru, tidak ada salahnya meletakkan beberapa barang kesukaan. Misalnya pot bunga kecil, hiasan meja, hingga aromaterapi untuk menambahkan wewangian yang menenangkan di kala mengerjakan berbagai pekerjaan.

Meletakkan foto orang tercinta seperti keluarga, anak, hingga pasangan juga bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja. Sebentuk senyuman kecil pada sebingkai foto dapat mengingatkan tujuan utama Anda. 

Stretching dan Berkeliling Sejenak

Cara menjaga semangat kerja berikutnya bisa dilakukan dengan peregangan dan berkeliling sejenak. Menurunnya semangat terkadang disebabkan oleh rasa bosan menatap meja kerja dengan setumpuk pekerjaan seolah tidak ada habisnya. 

Nah, untuk menyiasati situasi tersebut, selain menata ulang meja Anda juga bisa melakukan stretching atau peregangan ringan. Terkadang rasa lelah disebabkan karena tubuh kurang berolahraga. Terlalu banyak duduk juga menyebabkan badan terasa capek.

Stretching dapat membuat tubuh Anda lebih rileks sehingga bisa menghandle pekerjaan kembali dengan segar. Selain stretching, tidak ada salahnya berjalan berkeliling kantor sejenak agar terasa fresh.

Manfaatkan ruang terbuka atau taman di sekitar kantor Anda untuk menghirup udara segar. Berlama-lama di dalam ruangan terkadang juga menjadi sebab kelelahan. Sebelum kembali ke meja, ada baiknya Anda cuci muka supaya fresh. 

Tinggalkan Pekerjaan yang ada di Kantor

Memperhatikan work life balance adalah cara menjaga semangat kerja yang efektif. Usahakan untuk meninggalkan semua pekerjaan di kantor. Jika terpaksa harus menyelesaikannya di rumah, usahakan agar seminimal mungkin.

Saat kembali ke rumah, inilah saatnya bagi Anda untuk beristirahat dan mengisi waktu bersama keluarga. Rumah dan keluarga adalah tempat melepas lelah dari penatnya kesibukan. Manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin. 

Ini adalah momen dimana Anda me-recharge kembali semangat serta motivasi untuk menjalankan pekerjaan dan tanggung jawab di kantor. Dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga di rumah, semangat bisa terpacu kembali saat bekerja.

Mendengarkan Musik Kesukaan agar Bersemangat

Musik sering kali menjadi ‘pelarian’ bagi banyak orang ketika mereka jenuh akan suatu situasi termasuk dalam pekerjaan. Mengawali hari dengan memutar musik kesukaan bisa menjadi cara terbaik untuk menjaga motivasi dan semangat. 

Pilihlah lagu bernada semangat dengan beat cepat untuk memacu semangat. Jika khawatir mengganggu rekan kerja lainnya, ada baiknya Anda menggunakan headset. Secangkir kopi atau teh hangat akan semakin mendukung.

Mengobrol dengan Partner Kerja

Salah satu cara menjaga semangat kerja yang cukup efektif adalah mengobrol dengan rekan atau partner Anda. Berawal dari obrolan ringan, Anda dapat menemukan motivasi baru untuk terus berkembang bersama sesama rekan.

Secara tidak langsung, obrolan atau diskusi tersebut dapat memacu Anda untuk meraih jenjang karir lebih tinggi sehingga akan semakin bersemangat. Namun, obrolan tersebut tidak harus membicarakan pekerjaan saja.

Mengambil Cuti Sejenak untuk Liburan

Jika rasa lelah dan jenuh sudah benar-benar mengganggu performa kerja Anda di perusahaan, kini saat yang tepat untuk mengambil cuti sejenak. Gunakan kesempatan Anda untuk liburan di tempat favorit. 

Liburan beberapa hari akan membuat badan dan pikiran lebih fresh dan terlepas dari beban. Sekembalinya dari berlibur, motivasi bisa meningkat lagi. Dengan begitu, kinerja akan semakin baik dan berdampak positif bagi karir Anda.
Motivasi kerja sangat penting bagi setiap karyawan karena akan berpengaruh terhadap performa perusahaan. Untuk itu, terapkan cara menjaga semangat kerja di atas jika motivasi mulai menurun.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Meskipun pertumbuhan penduduk sangat besar, ternyata tidak dibarengi dengan pertumbuhan afeksi, banyak orang merasa selalu kesepian meskipun sedang

    Codemi Publication

    Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s untuk para karyawan? Pertanyaan tersebut barangkali membuat Anda penasaran karena konsep 5s diadopsi d