Course Review: Menjadi Pribadi yang Efektif

Pada course review kali ini, Anda akan mengetahui tentang pelatihan Menjadi Pribadi yang Efektif. Bagi saya, berbagi atau yang dikenal dengan sharing, bukan hanya dengan membagikan informasi maupun ilmu saja. Karena dengan sharing atau berbagi tersebut, membuat ilmu dan keterampilan saya menjadi lebih meningkat. Selain bisa memberikan manfaat bagi orang lain tentunya.

Dalam kesempatan ini, saya akan memberikan materi mengenai leading yourself, dalam arti memimpin diri sendiri. Dengan kata lain, sebelum Anda memimpin sebuah tim, Anda perlu memimpin diri sendiri terlebih dahulu.

Course Menjadi Pribadi yang Efektif ini ditujukan bagi kalangan profesional maupun tim leader yang ingin memimpin diri sendiri, dengan terlebih dahulu menjadi pribadi yang efektif. Dengan kata lain, course ini bermanfaat bagi semua orang yang ingin berkoordinasi dengan organisasi tempatnya bekerja. Saya Ahmad Arwani, ikuti kelas saya di Codemi Learning Hub.

Menjadi Pribadi yang Efektif

Dimanapun Anda bekerja saat ini, hampir semua orang mengeluhkan akan adanya fenomena VUCA. Apa yang dimaksud dengan VUCA? Secara garis besar, VUCA terdiri dari:

  • Volatile, yaitu rapuh serta mudah berubah-ubah
  • Uncertainty. Dimana perubahan-perubahan biasanya muncul tanpa bisa kita prediksi
  • Complexity, yaitu suatu kondisi dimana semua masalah yang dihadapi menjadi kompleks, dan juga 
  • Ambiguity. Dalam arti, suatu kondisi yang sudah tidak jelas apa saja batasan-batasannya

Dengan adanya VUCA ini, mau tak mau membuat setiap SDM yang ada pada sebuah organisasi dituntut untuk menunjukkan fleksibilitas dan juga keefektifannya masing-masing. Penjelasan mengenai keefektifan dan fleksibilitas seseorang ini akan dibahas dalam pembahasan berikut ini.

1. Mengapa Efektifitas sangat Krusial?

Berdasarkan riset yang dilakukan di Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa dari semua waktu yang dimiliki oleh setiap karyawan yang bekerja, 20% diantaranya digunakan untuk melakukan pekerjaan yang krusial. Sedangkan sisanya digunakan untuk melakukan pekerjaan yang tidak begitu krusial, bahkan tidak memiliki value sama sekali.

Dimana pada umumnya, seseorang menjadi efektif dikarenakan oleh 4 hal, yaitu 

  • Tekanan dari internal perusahaan/organisasi
  • Lingkungan
  • Diri sendiri, dan juga
  • Karena kebijakan manajemen

2. Tiga Pilar Personal Effectiveness

Meskipun kita mendapatkan sejumlah tekanan internal, tekanan yang diterima dari lingkungan, maupun tekanan dari kebijakan manajemen. Namun sebagai seorang profesional, hendaknya hal tersebut tidak dijadikan sebagai alasan untuk menunda pekerjaan.

Dengan kata lain, Anda perlu membuat Anda merasa nyaman dengan pekerjaan Anda, agar Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik, dan juga bisa memimpin diri kita sendiri dengan baik.

Secara garis besar, ada 3 pilar yang ada pada personal effectiveness. Diantaranya:

  • Importance, yang dinilai dari tingkat kepentingan pada sebuah pekerjaan yang dilakukan
  • Focus. Artinya setiap profesional harus tahan terhadap godaan
  • Value, yang memiliki makna sebagai nilai dari diri kita sendiri

Menjadi Pribadi yang Efektif: Mengelola Diri

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa untuk menjadi seorang yang efektif. Setidaknya kita perlu mengelola diri kita sendiri dulu, yang diikuti dengan mengelola pekerjaan kita. Dimana pembahasan mengenai hal itu akan diulas dalam pembahasan tersendiri.

Namun kali ini, kita akan membahas mengenai cara untuk mengelola diri terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah yang perlu kita lakukan dalam mengelola diri ini diantaranya dapat Anda nikmati hanya di Codemi Learning Hub.

Menjadi Pribadi yang Efektif: Mengelola Pekerjaan 

Selain mengelola diri sendiri, mengelola pekerjaan juga menjadi hal yang sangat penting dilakukan bagi setiap karyawan untuk menjadi pribadi yang efektif. Dimana salah satu cara untuk mengelola pekerjaan ini yaitu dengan memprioritaskan pekerjaan tersebut. 

Berbicara mengenai pengelolaan pekerjaan ini, setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Anda dapat mengakses lebih lengkap di Codemi Learning Hub.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Supaya sukses dalam mendirikan perusahaan, Anda harus menyiapkan Employee Benefits untuk kepentingan mereka. Pada dasarnya Employee Benefits bisa d

Berpedoman pada 100 Performance Metrics untuk tingkatkan tinjauan kinerja yang efektif ialah pilihan terbaik. Performance Metrics dalam pekerjaan d

Unduh Codemi Learning Report 2021

X