Menjadi Lifelong Learner untuk Mengembangkan Diri

Memahami prinsip lifelong learner penting dilakukan bagi Anda yang ingin terus mengembangkan diri. Lalu apa sebenarnya definisi dari prinsip hidup tersebut sehingga membuatnya penting dilakukan.

Secara harfiah tidak terdapat definisi resmi dari prinsip ini. Lifelong learning pada dasarnya adalah sebuah perjalanan seseorang mencari pengetahuan dalam hidupnya. Perlu dicatat bahwa pengetahuan disini tidak hanya akademik saja.

Jadi selain ilmu yang didapatkan dari pendidikan formal, corporate training, atau institusi edukasi lain dapat dikatakan sebagai lifelong learning. Banyak pakar psikologis mendefinisikan sebagai pengalaman hidup.

Secara umum memang belajar adalah kegiatan yang selalu dilakukan oleh manusia. Apapun jenisnya, kemampuan baru hasil belajar termasuk dalam kategori belajar. Lalu apa arti spesifik dari prinsip ini.

Secara spesifik pembelajaran berkelanjutan memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan bekerja, berkomunikasi, dan memahami diri sendiri. Jadi seseorang bisa meningkatkan kemampuannya secara lebih spesifik di bidang tertentu.

Memang di Indonesia sendiri kebiasaan lifelong learner masih jarang dilakukan. Seseorang yang sudah bekerja lebih memilih fokus pada bidangnya tersebut dan enggan mengembangkan pengetahuannya di area lain.

Jadi pengetahuan dan kemampuan dari seseorang cenderung tetap. Memang hal tersebut tidak memberatkan seseorang. Namun ketika hari tua datang individu tersebut tidak akan memiliki manfaat lain.

Anda tidak akan selamanya muda dan mampu menjalankan apa yang saat ini dilakukan. Oleh karena itu belajarlah hal baru yang mampu memberikan Anda nilai dan manfaat pada lingkungan sosial sampai kapanpun.

Cara Mengawali ‘Belajar’ dalam Kehidupan

Secara mendadak mengadopsi sebuah prinsip baru memang tidak dapat dilakukan. Keterbatasan manusia pada umumnya adalah ketidakmampuannya dalam melakukan hal yang belum pernah dilakukan.

Oleh karena itu Anda perlu secara perlahan menjalani gaya hidup positif agar mampu meningkatkan kemampuan personal. Apalagi jika jam kerja sudah mendominasi kehidupan sehari-hari.

Akan lebih sulit mencari kesempatan mempelajari hal baru di dunia. Keterbatasan waktu saja sering membuat seseorang mengurungkan niatnya untuk berkembang. Tenang saja, tetap ada cara mudah untuk menjadi lifelong learner.

Meningkatkan pengetahuan melalui buku memang cukup merepotkan. Anda akan kesulitan membaca sambil bekerja, oleh karena itu dengarkan saja buku tersebut. Sekarang sudah banyak fitur audio book yang bisa dimanfaatkan.

Apabila ingin meningkatkan practical skill buku memang sulit dijadikan acuan utama. Anda membutuhkan mentor dan tetap harus meluangkan waktu. Mengikuti kursus adalah cara mudah meningkatkan kemampuan praktikal.

Jadi dengan jadwal fleksibel Anda masih bisa menerapkan prinsip lifelong learner di tengah kesibukan bekerja. Memiliki kemampuan komunikasi bagus dapat menjadi modal kuat ketika tubuh Anda sudah tidak mampu lagi berkompromi.

Oleh karena itu menguasai banyak bahasa dapat menjadi skill penting di masa depan. Memperbaiki social skill juga penting dilakukan agar ketika usia sudah lanjut, seseorang dapat memiliki wibawa.

Secara otomatis skill kepemimpinan akan terbentuk apabila Anda memiliki modal tersebut. Tidak selamanya Anda akan menjadi seorang pekerja, ada waktunya sebuah perusahaan membutuhkan mentor senior untuk pegawai juniornya.

Mulailah dari hal ringan seperti cara berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja. Kemudian lanjutkan dengan memahami prinsip leadership dalam tim kecil. Dua aspek tersebut meskipun terdengar sepele namun krusial dalam jangka panjang.

Cara Mengadopsi Prinsip Lifelong Learner untuk Jangka Panjang

Ada lima langkah dasar bagi individu agar memiliki motivasi kuat dalam mengembangkan diri. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat apa saja aspek penting agar Anda mampu menjadi lifelong learner.

  1. Mengenal Self Interest

Agar belajar lebih mudah dilakukan Anda perlu menjalani dari hal kecil yang disukai. Ini akan membuat proses pembelajaran lebih cepat diterima karena sesuai dengan pribadi anda.

  1. Membuat List

Catat apa saja hal baru yang ingin dipelajari. Kemudian sesuaikan dengan prospek masing-masing skill. Kemampuan dengan tingkat profit lebih besar sebaiknya diutamakan dari lainnya.

  1. Riset

Lakukan riset pada materi yang ingin dipelajari. Lifelong learner perlu menentukan bagaimana metode belajar paling tepat agar mampu memberikan hasil maksimal. Ini wajib dilakukan agar tidak terlalu menghabiskan waktu.

  1. Mengatur Jadwal

Menyempatkan waktu belajar hal lain ditengah kesibukan memang cukup berat. Tanpa adanya usaha serius Anda tidak akan mendapat hasil maksimal. Jadi cari celah waktu bekerja agar tetap dapat mengembangkan diri.

  1. Membuat Komitmen

Memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan diri adalah hal krusial. Anda wajib meningkatkan komitmen agar proses pembelajaran tidak putus di tengah jalan. Jadi nantinya Anda bisa memperoleh hasil maksimal.

Dengan melakukan kelima hal tersebut maka proses pembelajaran jangka panjang akan lebih mudah dan efektif dilakukan. Memang mengadopsi lifelong learner butuh perjuangan, dan komitmen tinggi agar Anda mampu mencapai tujuan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Cara membangun emotional intelligence adalah pengetahuan wajib. Ini sangat penting baik ketika diterapkan di dunia kerja maupun dalam kehidupan seh

Codemi Publication

Pelamar baru harus paham apa itu proses screening calon karyawan ketika hendak melamar pekerjaan pada suatu perusahaan. Tindakan ini merupakan sele