LMS

Meningkatkan Efektivitas Penilaian Training dengan Fitur Package

Seiring dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi perusahaan dituntut untuk terus berinovasi agar dapat bertahan di era yang penuh persaingan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, memiliki karyawan yang andal dalam menyelesaikan masalah dapat menjadi langkah awal yang baik.

Di masa teknologi yang serba canggih, pelatihan karyawan dengan Learning Management System dapat meningkatkan kualitas dan pengalaman karyawan menjadi lebih baik. Dalam sebuah LMS, memastikan tingkat efektivitas pembelajaran, khususnya penilaian hasil pembelajaran karyawan berupa seberapa jauh pemahaman materi yang diperoleh. Efektivitas pelatihan tersebut dapat ditingkatkan melalui Fitur Package.

Manfaat menggunakan Fitur Package dalam Pelatihan Karyawan

Fitur package adalah fitur yang terdapat dalam evaluasi pembelajaran, baik tes sebelum training maupun tes sesudah pelatihan. Dengan menggunakan fitur ini, tiap peserta pelatihan akan mendapatkan paket soal dan rangkaian pertanyaan yang berbeda. Fitur package sendiri memiliki beberapa manfaat yaitu:

Menunjang Kualitas Penilaian

Pada tiap pembuatan suatu package, kombinasi dari tiap penilaian telah ditentukan untuk mengukur pemahaman peserta pelatihan. Dari berbagai soal dalam penilaian yang telah disusun, masing-masing memiliki learning objectives yang spesifik dan level yang berbeda, yaitu dapat berupa; remembering, understanding, applying, analyzing, evaluation, dan creating. Perbedaan paket yang diberikan pada masing-masing percobaan tes atau evaluasi dengan mengandung bobot pertanyaan yang sama akan meningkatkan akurasi penilaian.

Meningkatkan Retensi Pengetahuan Peserta

Terus menerus menggunakan rangkaian pertanyaan penilaian yang sama dalam setiap percobaan tes hanya akan memberikan proses rote learning atau metode hafalan. Untuk menilai retensi pengetahuan tiap peserta agar lebih akurat, menyuguhkan berbagai rangkaian pertanyaan yang berbeda menuntut peserta untuk benar-benar memahami materi dan konten pelatihan.

Memberikan Lebih Banyak Kesempatan untuk Berlatih

Dengan menyediakan berbagai paket penilaian ujian, maka LMS dapat memberi kesempatan bagi peserta untuk mencoba serangkaian pertanyaan lainnya. Banyaknya ragam penilaian menuntut pengguna untuk kembali mengingat materi dan pembelajaran yang telah diberikan. Ketika melakukan percobaan lain, peserta training akan menemukan skenario yang berbeda sehingga pemahaman informasi dari materi menjadi lebih dalam.

Pada LMS Codemi, Fitur Package akan menjadi pendukung dalam tahapan evaluasi pembelajaran dengan tujuan meningkatkan akurasi penilaian pembelajaran. Selain bertujuan untuk meningkatkan akurasi training, fitur ini juga akan memberikan dampak yang lebih besar pada proses pembelajaran materi dan pemahaman peserta pelatihan sehingga retensi pengetahuan dapat ditingkatkan. Kelola training anda dengan menggunakan LMS Codemi.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Secara singkat, sekilas tidak ada perbedaan onboarding dan orientation yang signifikan. Akan tetapi kedua hal tersebut sebenarnya cukup berbeda. On

Faizatur Rachmadanti

Sales Tracking System saat ini menjadi kebutuhan dalam menjalankan bisnis. Sales merupakan elemen krusial dalam perusahaan. Tanpa adanya sales, pro