10 Cara Efektif Menghentikan Sifat Menunda-nunda (Lengkap!)

Cara efektif menghentikan sifat menunda-nunda sangat penting untuk dipelajari bagi Anda yang sering menunda-nunda pekerjaan. Sikap menunda-nunda pekerjaan tentunya akan memberikan Anda kerugian yang sangat besar.

Salah satu hal yang mungkin akan hilang yaitu adalah kesempatan ketika Anda menunda-nunda pekerjaan.

Kesempatan mungkin tidak akan datang dua kali, oleh karena itu sangat disayangkan jika kesempatan hilang begitu saja karena sikap malas yang Anda miliki.

Oleh karena itu, mulai saat ini sepertinya Anda harus menghilangkan sifat malas menunda-nunda pekerjaan. Selain bisa membuat kesempatan menjadi hilang ini juga bisa membuat target pekerjaan Anda tidak tercapai.

Jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan Mungkin saja akan menyebabkan Anda dimarahi oleh atasan atau digantikan oleh orang lain. Hal ini mungkin saja terjadi ketika Anda tidak bisa mencapai apa yang diinginkan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki sikap malas, sangat penting untuk mengetahui cara efektif menghentikan sifat menunda-nunda pekerjaan.

Dengan tidak menunda-nunda pekerjaan nantinya tugas akan menjadi lebih cepat selesai. Salah satu kebiasaan buruk orang-orang di era modern yaitu adalah sering mengerjakan tugas di akhir akhir waktu deadline.

Hal seperti itu tentunya sangat tidak disarankan karena dapat membuat hasil dari pekerjaan yang Anda lakukan tidak maksimal. Karena pekerjaan atau tugas dilakukan secara terburu-buru sehingga menyebabkan hasilnya kurang maksimal.

Berikut Cara Efektif Menghentikan Sifat Menunda-Nunda

10 Cara Efektif Menghentikan Sifat Menunda-nunda (Lengkap!)
Menghentikan Sifat Menunda-nunda

Bagi Anda yang sudah terbiasa menunda pekerjaan sepertinya sangat sulit untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan cepat. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi atau menghindari sifat buruk tersebut.

Berikut beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk menghindari atau mengurangi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

1. Menghentikan Sifat Menunda-nunda: Tentukan deadline untuk diri sendiri

Cara efektif menghentikan sifat menunda-nunda yang pertama yaitu dengan menentukan deadline untuk diri sendiri. Ini akan sangat berguna untuk memaksa diri Anda bangun dari kemalasan ketika akan bekerja.

Baca: Waktu Tidur Kerja Karyawan Tidak Sehat? Coba Ajarkan 3 Hal Ini!

Anda bisa memberikan deadline untuk diri sendiri lebih cepat dari deadline yang diberikan oleh perusahaan Anda bekerja. Dengan begitu nantinya pekerjaan akan lebih cepat selesai dan memberikan banyak waktu luang untuk berkumpul dengan anggota keluarga.

2. Membuat catatan kecil sebagai pengingat

Cara sederhana untuk menghentikan sifat menunda selanjutnya yaitu membuat catatan kecil sebagai pengingat. Mungkin saja Anda seorang pelupa sehingga sering merupakan pekerjaan yang seharusnya diselesaikan dengan cepat.

3. Menghentikan Sifat Menunda-nunda: Atur pekerjaan menjadi tugas-tugas kecil

Cara efektif menghentikan sifat menunda-nunda ketiga yaitu adalah mengatur pekerjaan menjadi tugas-tugas kecil. Rasa malas sering muncul ketika harus mengerjakan tugas yang banyak sekaligus.

Untuk itu, membaginya menjadi bentuk petugas kecil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda tidak malas bekerja.

4. Menghindari gangguan dari luar

Cara efektif menghentikan sifat menunda-nunda berikutnya yaitu menghindari gangguan dari luar. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu adalah dengan mematikan beberapa alat hiburan seperti misalnya televisi dan juga handphone. 

Baca: Toxic Work Environment: Bagaimana Cara Menghindari dan Mengatasinya?

5. Jangan meremehkan pekerjaan

Tidak sedikit orang yang meremehkan pekerjaan sehingga menunda-nunda untuk menyelesaikannya. Hal seperti ini tentunya sangat tidak disarankan karena bisa membuat hasil pekerjaan Anda menjadi tidak maksimal.

6. Menghentikan Sifat Menunda-nunda: Istirahat yang cukup

Salah satu alasan utama seseorang menunda-nunda pekerjaan adalah rasa kelelahan. Oleh karena itu, sangat disarankan kepada Anda ketika memiliki waktu luang sebaiknya digunakan untuk beristirahat yang cukup.

Baca: 6 Langkah Sederhana Menghilangkan Stress yang Anda Rasakan!

7. Manajemen waktu yang baik

Cara efektif menghentikan sifat menunda-nunda pekerjaan selanjutnya adalah manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu sangat dibutuhkan agar nantinya waktu yang Anda miliki bisa dikelola dengan baik.

Baca: Wasting Time: Membuang Waktu yang Diperlukan

8. Berikan motivasi terhadap diri sendiri

Rasa malas seringkali muncul akibat tidak ada motivasi yang cukup pada diri sendiri. Anda bisa memberikan motivasi terhadap diri sendiri agar nantinya memiliki rasa semangat untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

9. Self reward

Memberikan hadiah terhadap diri sendiri juga bisa menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan minat bekerja. Memberikan penghargaan terhadap diri sendiri terkadang dibutuhkan ketika sedang lelah dengan berbagai macam kesibukan.

10. Berorientasi pada hasil

Cara jika Anda merupakan orang yang berorientasi pada hasil tentunya berkeinginan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Karena jika dilakukan secara terburu-buru tentunya bisa membuat hasil pekerjaan menjadi tidak maksimal.

Di atas 10 cara efektif menghentikan sifat menunda-nunda untuk Anda yang masih sering menunda pekerjaan diakhir waktu deadline.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Randi Bouty

Sukses berkarir merupakan bagian penting dari perjalanan setiap orang walaupun tanpa gelar sarjana. Akan tetapi untuk mencapai sesuatu yang diingin

Randi Bouty

Sebagai seorang pemilih dalam perusahaan, sudah semestinya bagi Anda untuk melatih karyawan baru, sehingga dapat bekerja lebih baik sesuai harapan.

Unduh Codemi Learning Report 2021

X