Mengenal Ragam Metode Pembelajaran Online

Di era digital seperti sekarang ini, proses pembelajaran online sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia pendidikan. Dengan adanya teknologi yang mumpuni, proses belajar dapat dilakukan tidak hanya di ruang kelas, namun dapat dilakukan secara daring dengan berbagai metode pembelajaran. 

Semenjak adanya pandemi Covid-19, pembelajaran online semakin dikenal. Mulai tahun 2020, semakin banyak sekolah maupun perguruan tinggi yang menerapkan sistem pembelajaran secara online demi mencegah penularan virus Covid-19.

Ketika awal diterapkannya pembelajaran secara online, sistem ini banyak dikritik oleh berbagai pihak karena dianggap tidak efektif. Padahal, pembelajaran online dapat diterapkan secara efektif dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. 

Kelebihan Pembelajaran Online

Terlepas dari segala kritik yang disampaikan tentang pembelajaran online, sistem ini memiliki kelebihan-kelebihan yang dapat menunjang proses pembelajaran dengan baik. Berikut rangkuman kelebihan pembelajaran secara online:

Mengikuti Zaman

Pesatnya perkembangan teknologi di masa sekarang menyebabkan banyak terjadinya perubahan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya perubahan dalam dunia pendidikan. 

Metode pembelajaran secara online disebut dekat dengan kehidupan siswa pada era ini. Siswa disebut mampu beradaptasi dengan sistem pembelajaran baru, selain sistem tatap muka. 

Menurut Badan Pusat Statistik, pada tahun 2018, terjadi peningkatan jumlah pengguna telepon genggam menjadi 62,41% serta terdapat 20,05 % kepemilikan komputer oleh kepala rumah tangga di Indonesia. Data tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan kesadaran akan teknologi.

Dengan adanya kesadaran akan teknologi serta akses komputer dan internet yang dimiliki oleh siswa, siswa juga lebih mudah beradaptasi dengan metode pembelajaran online yang pada umumnya berpaku pada sumber-sumber yang tersedia di internet. 

Efektif dan Praktis

Jika pembelajaran tatap muka menuntut guru dan siswa untuk hadir di dalam kelas untuk mengikuti proses belajar mengajar, metode pembelajaran secara online memberikan lebih banyak kemudahan akan hal tersebut. 

Metode pembelajaran online dapat memberikan sejumlah manfaat yang tidak didapatkan melalui sistem tatap muka. Manfaat tersebut dapat terasa dalam segi waktu, biaya, bahkan pengalaman.

Dengan diterapkannya metode pembelajaran secara online, guru dan siswa memiliki waktu yang lebih fleksibel dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adanya proses komunikasi secara online yang mudah, membuat sistem pembelajaran menjadi lebih fleksibel.

Selain itu, pembelajaran online juga mendatangkan manfaat dalam segi biaya. Guru dan siswa hanya perlu mengeluarkan biaya koneksi internet untuk menjalankan kelas.

Dalam segi pengalaman, guru dan siswa akan mendapatkan pengalaman proses belajar mengajar yang lebih melalui metode online. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya sumber dan variasi cara belajar dan mengajar pada metode online, 

Meningkatkan Kreativitas

Berbeda dengan pembelajaran tatap muka, dimana sumber daya pembelajaran hanya terbatas pada apa yang ada di kelas, seperti papan tulis dan buku catatan, pembelajaran online menawarkan lebih banyak variasi sumber daya dalam proses belajar mengajar.

Melalui metode pembelajaran secara online, guru dan siswa dipaksa untuk memikirkan strategi-strategi pembelajaran yang lebih efektif. Contoh sumber daya dari metode pembelajaran secara online dapat berupa pengembangan tugas, kuis, maupun metode pembelajaran.

Beberapa sumber daya yang dihasilkan dari peningkatan kreativitas guru dan siswa melalui metode online adalah adanya pemanfaatan pembelajaran menggunakan jurnal, ebook, bahkan forum diskusi online yang tidak didapatkan dari sistem pembelajaran tatap muka. 

Ragam Metode Pembelajaran Online

Dengan segala manfaat yang bisa diperoleh dari metode pembelajaran secara online, guru dan siswa dapat menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan kelas masing-masing. Berikut ini merupakan beberapa ragam metode pembelajaran secara online yang dapat diterapkan:

Proses Pembelajaran Sinkron ( Synchronous Learning)

Pembelajaran Sinkron merupakan sistem pembelajaran paling umum yang telah diterapkan sejak dahulu kala. Proses pembelajaran ini disebut pembelajaran sinkron karena guru dan siswa hadir untuk melaksanakan proses belajar mengajar dalam waktu yang bersamaan. 

Adapun metode penerapannya dapat dilakukan secara tatap muka maupun online. Pada tatap muka, metode ini telah diterapkan sejak dahulu kala, dimana guru dan siswa saling bertemu secara langsung di dalam kelas untuk melaksanakan proses pembelajaran.

Sedangkan pada metode pembelajaran online, proses pembelajaran sinkron dapat dilihat pada meluasnya penggunaan media daring seperti Google Classroom, Skype, Zoom Meeting, dan lain sebagainya. 

Proses pembelajaran sinkron online biasanya dilaksanakan melalui aplikasi media daring yang akan menghubungkan guru dan para siswa pada waktu dan jam yang telah disepakati bersama. 

Dengan penerapan proses pembelajaran sinkron (Synchronous Learning), guru dan siswa dapat memperoleh manfaat sebagai berikut:

  1. Waktu yang lebih fleksibel untuk melaksanakan proses belajar mengajar.
  2. Adanya interaksi langsung antara guru dan siswa.
  3. Dapat mengikuti proses pembelajaran dengan jumlah peserta tak terbatas, seperti webinar nasional dan internasional. 

Proses Pembelajaran Asinkron (Asynchronous Learning)

Proses pembelajaran asinkron merupakan sistem pembelajaran yang tidak mengharuskan guru dan siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama.

Melalui proses pembelajaran ini, guru dapat mengirimkan materi-materi, lalu siswa dapat mempelajari dan mengolah materi tersebut pada waktu yang lebih fleksibel. 

Metode pembelajaran asinkron semakin popular semenjak adanya Covid-19, dimana sekolah, kursus, bahkan seminar dilaksanakan secara online. Dengan proses pembelajaran online seperti ini, siswa dapat mempelajari materi kapan saja dan dimana saja. 

Berikut manfaat-manfaat yang dapat dirasakan dari metode pembelajaran asinkron (Asynchronous Learning):

  1. Guru memiliki waktu yang fleksibel dalam menyiapkan materi pembelajaran.
  2. Siswa memiliki waktu lebih untuk mempelajari dan mengulang materi pembelajaran.
  3. Dapat diterapkan dimana saja, meskipun pada zona waktu yang berbeda.
  4. Tidak perlu mengkhawatirkan koneksi internet karena tidak harus hadir dalam waktu yang bersamaan.

Proses Pembelajaran Campuran (Blended Learning)

Seperti namanya, proses pembelajaran campuran (Blended Learning) merupakan gabungan dari sistem pembelajaran sinkron dan asinkron. 

Dengan sistem pembelajaran online campuran ini, guru dan siswa dapat menyeimbangkan dua metode belajar sesuai dengan kebutuhan kelas masing-masing. 

Guru dan siswa dapat menyepakati untuk menerapkan sistem asinkron, dimana siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mendalami materi, namun guru dan siswa juga dapat membahas materi tersebut lebih mendalam melalui sistem pembelajaran sinkron. 

Dengan adanya keseimbangan antara sistem pembelajaran sinkron dan asinkron ini, guru dan siswa dapat mendapatkan pengalaman belajar mengajar yang lebih efektif dan mendalam. 

Berikut kelebihan-kelebihan yang dapat diperoleh dengan menerapkan proses pembelajaran campuran (Blended Learning):

  1. Siswa memiliki lebih banyak kesempatan untuk memahami dan mempelajari materi pembelajaran.
  2. Guru memiliki akses lebih untuk membantu siswa yang kesulitan dalam memahami materi melalui adanya sistem campuran antara sinkron dan asinkron.
  3. Keseimbangan antara metode sinkron dan asinkron membuat siswa lebih tangkas dan disiplin.

Pelajari lebih lanjut manfaat metode pembelajaran blended learning di ulasan kami sebelumnya mengenai manfaat metode blended learning disini.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, semakin banyak perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk proses belajar mengajar yang terus mengalami perkembangan dan variasi. 

Salah satu perkembangan dalam dunia pendidikan adalah penerapan metode pembelajaran online yang menekankan pada pemanfaatan teknologi dan informasi. Selain itu, terdapat beberapa ragam metode pembelajaran secara online yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan kelas.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

4 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

    Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,