Menerapkan Experiential Learning dalam e-Learning

Salah satu metode pembelajaran yang saat ini dikenal oleh para praktisi pendidikan adalah experiential learning. Belajar merupakan aktivitas untuk meningkatkan kemampuan seseorang baik dalam keterampilan teknis (hard skill) maupun non teknis (soft skill).

Untuk meningkatkan kemampuan dalam menguasai hard skill, Anda biasanya dapat mempelajarinya melalui institusi pendidikan formal atau non formal. Seperti sekolah, universitas, hingga tempat kursus.

Berbeda dari hard skill, soft skill atau kemampuan non teknis dapat dipelajari dari berbagai tempat, tidak hanya sekolah maupun universitas. Metodenya juga sangat banyak, salah satunya yaitu pembelajaran berbasis pengalaman.

Dalam lingkup perusahaan, setiap karyawan perlu memiliki penguasaan soft skill seperti analytical thinking, critical thinking, creative thinking, leadership, dan sebagainya. Sehingga perusahaan biasanya mengadakan training karyawan untuk memberikan materi tersebut. Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai experiential learning lebih lanjut di tulisan kami sebelumnya disini.

Cara Menerapkan Experiential Learning dalam e-Learning

Praktik penerapan Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada lingkungan kerja biasanya dilakukan dalam format kegiatan training outdoor. Baik itu dalam bentuk outbound terencana maupun kegiatan adventure di alam.

Namun seiring kemajuan teknologi, berbagai aktivitas kini dilakukan melalui sambungan internet alias online, termasuk dalam pembelajaran. Melakukan training karyawan secara online dengan metode e-learning kini juga semakin populer.

Nah, e-learning dapat dikombinasikan dengan metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman atau Experiential Learning. Modifikasi tersebut dapat menjadikan training yang mudah serta efektif bagi karyawan. Berikut ini cara penerapan EL dalam e-learning.

Aplikasi Game

Game menjadi sebuah tren yang semakin mengemuka di tengah kemajuan teknologi. Masuknya internet menjadikan game menjadi lebih interaktif karena bisa dimainkan banyak orang sekaligus. Namun game tidak hanya permainan yang menghibur.

Tetapi juga bisa menjadi media efektif untuk pembelajaran. Memberikan training kepada karyawan dapat dilakukan melalui game online sederhana yang memuat poin-poin penting terkait materi training.

Anda dapat mengerahkan tim untuk menciptakan game interaktif yang atraktif. Ini akan menjadikan metode Experiential Learning tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan bagi peserta training.

Dari game tersebut, Anda bisa mengevaluasi perkembangan soft skill para peserta training dalam menghasilkan berbagai temuan. Tentunya temuan tersebut bersandar pada pengalaman mereka masing-masing selama bermain game.

Diskusi Online

Penerapan experiential learning dalam e-learning lainnya yaitu dengan mengadakan diskusi online. Selain memanfaatkan aplikasi LMS untuk training karyawan, diskusi online juga dapat dijadikan alternatif pembelajaran online.

Ada banyak cara untuk melaksanakan diskusi online. Misalnya membentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari beberapa peserta training. Kemudian memberikan materi pada tiap-tiap kelompok dan berisi permasalahan untuk diselesaikan.

Melalui metode EL, tiap-tiap kelompok dapat menghasilkan temuan berbeda berdasarkan pengalaman individu maupun kolektif dalam masing-masing kelompok. Anda dapat memanfaatkan platform LMS yang menyediakan fitur forum diskusi.

Training karyawan dengan metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman secara online kini semakin diminati perusahaan karena mudah dan efektif. Dengan metode experiential learning, potensi karyawan bisa semakin dimaksimalkan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Cara perusahaan membangun organizational skills pada tiap karyawan akan membantu performa kerja dan produktivitas mereka. Untuk menciptakan karyawa

Codemi Publication

Pada dasarnya ada beberapa keterampilan yang harus diajarkan pada manager demi perkembangan sebuah perusahaan. Karena manajer sendiri adalah orang