LMS

Menentukan Gaji dan Tunjangan untuk Pekerja Remote

Ada beberapa cara dalam menentukan gaji dan tunjangan untuk para pekerja remote yang perlu diketahui. Banyak variabel yang dapat dimasukkan dalam kalkulasi menentukan gaji dan juga tunjangan tersebut.

Antara lain seperti hasil kerja karyawan tersebut, tanggung jawab serta masih banyak lagi variabel lain yang bisa dijadikan pertimbangan. Jadi, Anda perlu memperhatikan beberapa variabel tersebut dalam menentukan tunjangan karyawan.

Tentunya tidak hanya itu saja yang perlu dipertimbangkan, masih banyak variabel lainnya. Meskipun merupakan pekerja remote, gaji serta tunjangan mereka juga perlu mendapat perhatian khusus.

Cara Menentukan Gaji dan Tunjangan

Menentukan Gaji dan Tunjangan untuk Pekerja Remote

Seperti telah dibahas sebelumnya, dalam menentukan gaji dan juga tunjangan bagi pekerja remote. Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan, di antaranya sebagai berikut:

1. Nilai Pekerjaan di Pasaran

Cara menentukan gaji dan tunjangan pekerja remote yang pertama adalah dengan mencari tau berapa nilai pekerjaan tersebut di pasaran. Anda dapat melakukan penelusuran posisi pekerjaan serupa.

Dengan kualifikasi pengalaman sama di sejumlah bursa kerja. Setiap perusahaan biasanya akan menawarkan bayaran yang berbeda untuk profesi serupa, dari situ Anda bisa menarik kisaran atau angka rata-rata.

Namun Anda juga perlu menyesuaikan dengan kemampuan perusahaan Anda. Jangan memberikan jumlah yang terlalu tinggi, namun jangan juga memberikan jumlah terlalu rendah, sesuaikan juga dengan kinerja karyawan.

2. Menentukan gaji dan tunjangan: perhatikan Faktor Geografisnya

Cara menentukan gaji dan tunjangan pekerja remote berikutnya adalah dengan memperhatikan faktor geografisnya terkait lokasi pekerjaan. Apakah perusahaan Anda terletak di kota metropolitan kota kecil atau kota besar.

Jadi, lokasi perusahaan Anda juga bisa mempengaruhi gaji serta tunjangan pekerja remote. Perusahaan yang berlokasi di Jakarta harusnya memberi jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya.

Baca: Kompensasi dan Benefit: Pengertian dan Peran Pentingnya untuk Perusahaan

Hal ini juga berkaitan dengan UMR yang ada di kota tersebut. Sebab, gaji tersebut haruslah sesuai dengan UMR di kota itu, agar bisa mencukupi kebutuhan para pekerja perusahaan Anda.

3. Kontribusi Bagi Perusahaan

Cara menentukan gaji dan tunjangan pekerja remote yang selanjutnya adalah dengan melihat bagaimana kontribusi karyawan tersebut terhadap perusahaan. Meskipun karyawan tersebut merupakan seorang pekerja remot. 

Baca: 9 Top Survei Kepuasaan Karyawan Penting Diketahui Perusahaan

Anda bisa melihat bagaimana kontribusinya terhadap perusahaan. Mungkin saja, hasil kerja dia justru bisa mengangkat nama perusahaan, lihat juga sejauh mana dia melakukan tugas dan juga tanggung jawabnya.

Apabila karyawan tersebut mempunyai kinerja di atas rata-rata serta memberi dampak positif terhadap produktivitas perusahaan. Maka, Anda bisa mempertimbangkan untuk menaikkan bayaran dan juga tunjangannya.

Kenaikan tersebut tentu sesuai dengan kinerja dan juga produktivitas mereka di perusahaan. Tenang saja, kenaikan tersebut tidak akan merugikan perusahaan, sebab dengan begitu kinerja mereka juga pasti akan lebih baik.

4. Sesuaikan dengan Beban Kerjanya

Cara menentukan gaji dan tunjangan selanjutnya adalah sesuaikan dengan beban kerjanya, meskipun mereka adalah pekerja remote. Walaupun termasuk pekerja remote, terkadang ada perusahaan yang memberikan beban kerja berat kepada mereka.

Pekerjaan banyak yang membuat mereka terpaksa harus lembur meskipun tidak di kantor. Hal tersebut tetap harus dipertimbangkan. Apabila pekerjaan mereka pada periode kali ini lebih berat dari sebelumnya.

Sudah sewajarnya untuk Anda memberi tambahan gaji kepada mereka. Apabila Anda tidak bisa memberi tambahan gaji tetap, cukup beri saja mereka bonus setiap kali ada beban kerja tambahan.

Selain menguntungkan bagi mereka, itu juga tentu akan menguntungkan perusahaan Anda. Sebab adanya bonus tersebut tentu bisa membuat mereka semangat dalam bekerja, sehingga proses bisnis dapat berjalan lancar.

5. Terbuka Dalam Negosiasi

Cara menentukan gaji dan tunjangan bagi pekerja remote selanjutnya adalah dengan cara terbuka ketika melakukan negosiasi masalah gaji. Hal ini harus dilakukan pada saat awal proses rekrutmen.

Baca: 8 Tips Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis

Tetapi dalam perjalanannya nanti, perusahaan harus dapat peka melihat situasi. Tidak ada salahnya memberi kesempatan kepada para karyawan untuk melakukan negosiasi gaji. Hal tersebut untuk membuka peluang bagi mereka.

Untuk lebih bersemangat dalam bekerja, serta merasa dihargai di perusahaan Anda. Selain itu, keterbukaan tersebut juga penting untuk perusahaan Anda, agar dapat melakukan evaluasi terkait manajemen perusahaan.

Kini, Anda sudah tidak perlu bingung lagi bagaimana cara menentukan gaji serta tunjangan untuk para pekerja remote. Sebab sudah ada beberapa cara dalam menentukan gaji dan tunjangan untuk pekerja remote.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Randi Bouty

    Salah satu tugas seorang perekrut atau HRD dalam sebuah perusahaan adalah memahami apa itu laporan rekrutmen. Laporan ini disusun saat seorang pere

    Randi Bouty

    Sebagai seseorang yang bekerja pada perusahaan, mungkin Anda sudah sedikit memahami apa itu konsultan rekrutmen. Profesi ini dapat membantu seseora

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X