Membangun Lingkungan WFH yang Baik

Membangun lingkungan WFH yang baik tentu diinginkan oleh setiap pekerja kantoran. Terlebih saat pandemi sebagian pekerja kantoran harus bekerja dari rumah selama waktu yang tidak ditentukan.

Sehingga, Anda tetap harus produktif selama bekerja dari rumah. Namun bagaimana menciptakan lingkungan nyaman, aman dan mampu menjaga mood saat bekerja dari rumah?

Beberapa kendala umumnya akan dirasakan saat Anda mulai produktif bekerja dari rumah. Seperti ruangan kerja yang kurang nyaman untuk bekerja karena terlalu gelap atau terang.

Selama bekerja dari rumah permasalahan umum seringkali muncul tanpa disadari sebelumnya. Misalnya suara bising kendaraan yang lalu lalang di sekitar rumah sehingga membuat konsentrasi Anda terganggu.

Membangun lingkungan WFH yang baik perlu dilakukan demi menciptakan produktivitas kerja selama berada di rumah. Membentuk lingkungan nyaman untuk bekerja dapat direalisasikan dengan memperhatikan beberapa faktor.

Hal-hal yang tidak terduga juga bisa terjadi tanpa Anda prediksi sebelumnya. Sebagai contohnya aktivitas sehari-hari yang sering kali dilakukan orang-orang atau anggota keluarga di rumah Anda.

Hal-hal kecil yang seringkali terlewatkan barangkali juga menjadi salah satu penyebab kurang menurunnya produktivitas kerja di rumah. Karena itu membangun lingkungan cukup nyaman selama WFH wajib dilakukan.

Cara Membangun Lingkungan WFH yang Baik

Membangun sebuah lingkungan kerja dengan baik di rumah dilakukan berdasarkan asas tujuan dan manfaat. Lingkungan kerja nyaman tentunya meningkatkan produktivitas Anda selama bekerja dari rumah.

Bagaimana menciptakan lingkungan kerja nyaman dan baik demi produktivitas Anda? Berikut cara membangun area kerja di rumah yang akan mendukung produktivitas Anda sebagai pekerja kantoran.

Memilih Meja dan Kursi Kerja yang Ergonomis

Duduk seharian di kursi kerja tentu meningkatkan risiko penyakit pinggang. Oleh sebab itu, saat bekerja dari rumah tidak ada salahnya Anda memilih meja dan kursi ergonomis.

Kursi ergonomis membantu Anda mengurangi risiko pinggang kram dan otot kaku. Jenis kursi ini nyaman digunakan sifatnya sangat fleksibel dan mudah dipadukan dengan meja kerja.

Menggunakan Perangkat Digital Sesuai Kebutuhan

Membangun lingkungan WFH yang baik bisa direalisasikan melalui penggunaan perangkat digital sesuai kebutuhan. Misalnya seperti, menggunakan aplikasi dan perangkat digital untuk mendukung meeting bersama rekan kerja.

Berbagai developer saat ini berlomba-lomba memunculkan aplikasi yang cocok bagi orang-orang yang WFH. Anda dapat memilih beberapa aplikasi yang memiliki performa bagus demi mendukung kegiatan kerja WFH di rumah.

Memilih Aksesoris Perangkat Kerja yang Aman

Pernahkah Anda merasa pergelangan tangan terasa lelah dan sakit lantaran terlalu lama di depan komputer? Kebiasaan menggunakan perangkat komputer dan aksesorisnya hingga berlarut-larut membuat tangan menjadi lelah.

Bahkan dalam kondisi aktivitas tersebut dapat memicu munculnya Carpal Tunnel Syndrome. Sebuah penyakit bermunculan akibat posisi kerja yang salah dan terjadi selama kurun waktu lama.

Manfaat Membangun Lingkungan WFH yang Baik

Menciptakan lingkungan kerja di rumah yang baik dan nyaman tentunya memberikan manfaat besar. Area kerja nyaman dan baik terbentuk lantaran kepedulian Anda pada ruangan tersebut.

Ruangan kerja yang baik akan membantu mood Anda saat bekerja dengan cara daring di rumah. Apabila mood baik meningkat tentunya pekerjaan yang Anda kerjakan akan cepat selesai sesuai deadline.

Selain itu, lingkungan dengan suasana asri dapat menghilangkan rasa penat akibat rutinitas pekerjaan kantor. Hal tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan mata karena lelah melihat komputer dalam waktu lama.

Membangun lingkungan WFH yang baik juga membantu Anda lebih cepat menemukan solusi dari permasalahan kantor. Meski bekerja dari rumah namun Anda tetap dapat memberikan solusi kepada perusahaan.

Pernahkah Anda merasa buntu dalam menyelesaikan pekerjaan lantaran suasana hati dan ruangan dengan kondisi kurang nyaman? Hal tersebut bisa diatasi dengan menciptakan ruangan kerja di rumah yang asri.

Ruangan kerja yang mendukung dari segi cahaya, udara, dan tata ruang akan membantu Anda memunculkan ide hebat. Berbagai ide kreatif biasanya muncul saat seseorang berada di ruangan yang tenang.

Pada dasarnya menciptakan ruangan kerja di rumah membantu Anda lebih produktif dalam berkarir. Oleh sebab itu, setiap orang perlu membangun lingkungan WFH yang baik agar menemukan ide-ide cemerlang untuk perusahaan. Simak juga ulasan kami mengenai cara menjaga komunikasi karyawan selama WFH disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

Unduh Codemi Learning Report 2021

X