Membangun Keterampilan Berpikir: Creative Thinking

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah creative thinking, karena ini banyak disinggung dalam dunia kerja. Lantas, apa definisi sebenarnya, dan mengapa keterampilan satu ini sangat dibutuhkan bagi semua anggota perusahaan?

Banyak orang beranggapan bahwa berpikir kreatif adalah kemampuan yang hanya diperlukan oleh pekerja di bidang seni saja. Misalnya pelukis, penulis, musisi, aktor, dan pekerja seni lainnya.

Padahal anggapan tersebut sama sekali tidak tepat. Karena berpikir kreatif pada dasarnya dibutuhkan oleh semua individu. Bahkan bukan hanya di dunia kerja, siswa sekolah juga perlu mendapatkan skill ini agar dapat memaksimalkan potensinya. 

Dalam dunia kerja, Anda memerlukan soft skill ini untuk menghandle segala situasi. Berbagai permasalahan pelik dapat diselesaikan apabila Anda mampu terbuka melihat kemungkinan penyelesaian dari sisi-sisi yang tidak terpikirkan orang lain.

Apa Itu yang Dimaksud Creative Thinking?

Creative thinking dapat diartikan sebagai kemampuan untuk berpikir secara luas dan bahkan di luar kebiasaan. Kreativitas dalam seorang individu ditunjukkan dari kemampuannya melihat berbagai sisi. 

Istilah keren untuk seseorang yang mampu berpikir secara kreatif adalah ‘out of the box’. Menelurkan ide dan gagasan yang ‘out of the box’ adalah skill istimewa. Buah pemikiran di luar batas tersebut tentunya akan bermanfaat. 

Kemampuan berpikir kreatif pada karyawan diharapkan dapat menghasilkan penyelesaian atas suatu persoalan (problem solving). Dalam lingkup perusahaan, orang-orang dengan jabatan setingkat manajer atau di atasnya umumnya memiliki cara berpikir yang kreatif.

Mereka mampu menghadirkan solusi atas berbagai kendala dalam pekerjaan. Sehingga semua tugas dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu, kreativitas juga dapat memicu terciptanya suatu kreasi baru.

Misalnya dalam bentuk produk, layanan bagi pelanggan, hingga aktivitas yang dapat meningkatkan performa tim. Pada akhirnya, ini akan mendorong kinerja karyawan secara menyeluruh. Sehingga berdampak positif bagi perusahaan.

Tidak mengherankan jika perusahaan selalu mencari kandidat karyawan baru dengan keterampilan creative thinking ini. Oleh sebab itu, tim HR yang bertugas dalam rekrutmen karyawan baru perlu melihat potensi tersebut pada tiap pelamar.

Apa Pentingnya Cara Berpikir Kreatif bagi Karyawan?

Di dunia kerja, Anda tentu kerap menjumpai permasalahan, baik itu berkaitan dengan personil perusahaan atau lainnya. Namun seringkali suatu penyelesaian tidak membuahkan hasil. Sehingga perlu memutar otak untuk mencapai solusi terbaik.

Inilah pentingnya kemampuan dalam berpikir dengan penuh kreativitas. Lantas, apa saja manfaat skill ini bagi karyawan dan mengapa penting diberikan dalam materi training pengembangan diri? Berikut ini jawabannya.

Menciptakan Produk Lebih Unggul

Produk yang memiliki kualitas terbaik dengan berbagai keunggulan tentunya lebih disukai konsumen. Karena mereka akan mendapatkan manfaat lebih yang tidak diperoleh dari produk lain. Nah, untuk menciptakannya diperlukan kemampuan creative thinking.

Selain kreatif, karyawan perusahaan juga memerlukan kemampuan berpikir secara analitis dan kritis. Ini dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan serta keinginan konsumen. Selain itu juga dalam melihat peluang dan potensi pasar.

Menghandle Berbagai Situasi

Orang-orang di balik departemen Human Resources biasanya kerap menemui persoalan di antara personil perusahaan. Baik itu berkaitan dengan pekerjaan hingga permasalahan antar karyawan. Dengan kemampuan berpikir kreatif, situasi apapun dapat tertangani baik-baik.

Meningkatkan Optimisme

Orang yang dapat berpikir secara kreatif mampu menemukan banyak solusi untuk setiap persoalan. Sehingga akan lebih optimis meskipun dihadapkan pada berbagai kendala atau hambatan pekerjaan.

Menyebarkan Semangat secara Luas

Pada akhirnya, ketika individu merasa optimis dan tidak putus asa atas situasi apapun, mereka dapat menyebarkan semangat kepada semua anggota tim. Untuk itu, Anda juga perlu meningkatkan skill ini agar bisa memotivasi tim. 

Bagaimana Cara Melatih Berpikir Kreatif?

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana cara untuk melatih kemampuan creative thinking? Berikut ini beberapa tipsnya.

Mempertanyakan Berbagai Aspek

Salah satu cara melatih kemampuan ini adalah dengan mempertanyakan berbagai hal. Ini dapat melatih Anda untuk menemukan jawaban atas banyak aspek tidak terduga. 

Menggabungkan Perspektif

Beberapa pandangan atau perspektif atas suatu gagasan dapat digabungkan menjadi satu ide besar. Ini akan memicu terciptanya inovasi baru yang belum pernah ada. 

Mengamati Sekitar

Biasakan untuk mengamati lingkungan sekitar Anda. Hal-hal yang kerap dianggap sepele oleh banyak orang biasanya bisa menghadirkan inspirasi. Sehingga muncul ide baru yang fresh dan solutif. 

Berpikir kreatif menjadi salah satu kunci sukses dalam menyelesaikan pekerjaan dengan solusi terbaik. Untuk itu, kemampuan creative thinking perlu ditumbuhkan dan terus ditingkatkan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Mengamati perusahaan besar, pasti ada kebijakan bahwa karyawan harus diberikan pelatihan. Baik kepada karyawan yang baru saja selesai mengikuti sel

Codemi Publication

Bagi seorang pemilik bisnis, tentunya harus memahami bagaimana mengelola karyawan milenial di era teknologi digital ini. Mengingat saat ini generas