Membangun Budaya Employee Recognition Antar Karyawan

Membangun budaya employee recognition merupakan salah satu langkah tepat untuk menciptakan lingkungan kerja positif. Employee recognition sendiri ialah pengakuan yang diberikan kepada karyawan atas pencapaian suatu prestasi.

Semua orang membutuhkan pengakuan dari pihak lain untuk menumbuhkan motivasi serta percaya diri. Ini juga berlaku dalam dunia kerja, dimana para karyawan yang diberi pengakuan oleh orang lain memiliki etos kerja berbeda.

Dibanding mereka yang tidak mendapat pengakuan sama sekali. Coworker atau rekan kerja sebaya menjadi tokoh penting dalam rekognisi antar karyawan. Jadi, setiap perusahaan perlu mengenali pentingnya membangun budaya tersebut. 

Mengenal Budaya Employee Recognition secara Peer to Peer

Setiap hari kita berinteraksi dengan rekan kerja atau tim maupun satu divisi di kantor, sehingga memiliki hubungan interpersonal lebih dekat. Berbeda halnya hubungan yang terjalin antara staff dengan manajer atau CEO.

Tentu terdapat jarak tersendiri yang terjadi secara otomatis dan natural antara staff dengan para pimpinan. Kedekatan interpersonal antar sesama karyawan inilah yang membuat rekognisi di antara mereka sendiri memiliki makna tersendiri.

Peer recognition merupakan pengakuan yang diberikan oleh rekan kerja kepada sesama rekannya baik dalam tim maupun departemen yang sama. Ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat simple.

Yakni sesederhana mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi atas kinerja luar biasa selama beberapa bulan terakhir dalam menangani satu project. Bisa juga menyampaikan pengakuan atas kualitas pekerjaan sesama rekan.

Budaya employee recognition dari sesama rekan pada kenyataannya memberikan dampak positif. Yaitu meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, hingga membangkitkan kepercayaan antar sesama rekan. Dengan kata lain, rekognisi antar karyawan membuat mereka bahagia.

Memberikan rekognisi antar rekan kerja bisa terbangun secara alami tanpa perencanaan khusus. Tidak sama seperti awarding yang diselenggarakan secara formal oleh perusahaan sehingga membutuhkan persiapan serta perencanaan tersendiri.

Meskipun budaya tersebut tidak mengharuskan adanya manajerial atau organisasi secara khusus, namun ini tetap perlu dibangun. Anda sebagai orang yang berada di departemen Human Resources perlu terlibat dalam membangun budaya tersebut.

Cara Membangun Budaya Employee Recognition

Sebagian besar karyawan sepakat bahwa peer recognition merupakan bentuk dukungan positif di lingkungan kerja. Anda dapat mulai membangun budaya memberikan pengakuan kepada sesama rekan dengan cara berikut ini.

Membuat Program Peer Recognition Online

Zaman sudah semakin canggih, kini semua aktivitas bisa dilakukan melalui bantuan platform online. Kecanggihan teknologi dan internet dapat Anda manfaatkan untuk mensukseskan program peer recognition. Misalnya melalui aplikasi khusus. 

Aplikasi tersebut dirancang memiliki berbagai fitur sehingga dapat mengirimkan maupun menerima pengakuan dari rekan kerja. Menyediakan platform khusus dengan program peer recognition dapat memudahkan semua orang untuk terbiasa dengan kebiasaan ini.

Kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus dan konsisten akan membentuk budaya baru. Terbangunnya budaya pengakuan serta penghargaan terhadap sesama rekan kerja tentunya mendorong terciptanya lingkungan pekerjaan yang positif.

Mendorong Karyawan untuk Menyebut Rekannya

Menyebutkan peran dan kontribusi rekan yang ikut terlibat dalam suatu project membuat karyawan merasa lebih bernilai dan dihargai. Ini dapat meningkatkan self-esteem mereka ketika berhadapan dengan karyawan lain di tempat kerja.

Anda dapat mendorong para staff untuk melakukan hal ini melalui berbagai cara. Misalnya dalam pertemuan, briefing pagi hari, diskusi ringan, atau bahkan obrolan di tengah pekerjaan yang sifatnya santai. 

Memberikan Note Apresiasi

Membangun budaya employee recognition adalah suatu hal yang dimulai dari contoh kecil. Meninggalkan note berisi ucapan terima kasih serta pengakuan atas performa serta bantuannya membuat staff merasa kontribusinya berarti.

Meskipun tampaknya sederhana, namun ini memberikan dampak besar dan penting bagi penerimanya. Melakukan hal ini adalah bentuk memberikan contoh kepada karyawan untuk melakukan hal yang sama pada rekan mereka.

Memberikan Umpan Balik Positif

Terkadang seseorang menyampaikan kekagumannya atas hasil pekerjaan rekannya bukan secara langsung, melainkan kepada rekan lainnya. Ini bukanlah suatu hal yang buruk. Akan tetapi, menyampaikannya secara langsung sebagai feedback positif sangat disarankan.

Memberikan umpan balik membuat seseorang dalam tim Anda mengetahui bahwa pekerjaan mereka dihargai. Dengan begitu, karyawan tahu bagaimana cara menunjukkan kinerja lebih baik di kemudian hari. 

Pengakuan antar karyawan merupakan langkah untuk menciptakan lingkungan kerja yang saling mendukung dan memberikan apresiasi positif. Untuk mencapai titik tersebut, Anda perlu mulai membangun budaya employee recognition antar karyawan sekarang. Simak juga ulasan kami mengenai pentingnya employee recognition disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Mengamati perusahaan besar, pasti ada kebijakan bahwa karyawan harus diberikan pelatihan. Baik kepada karyawan yang baru saja selesai mengikuti sel

    Codemi Publication

    Bagi seorang pemilik bisnis, tentunya harus memahami bagaimana mengelola karyawan milenial di era teknologi digital ini. Mengingat saat ini generas