Memaksimalkan Leadership Training Dengan Teknologi

Leadership training atau yang terkadang disebut dengan pelatihan kepemimpinan merupakan salah satu bentuk pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) perusahaan. Setelah mengikuti leadership training, diharapkan SDM perusahaan siap untuk menjadi pemimpin dan sadar akan tanggung jawab yang diembannya. Mereka juga diharapkan mampu merumuskan strategi serta kebijakan yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Memaksimalkan Leadership Training Dengan Teknologi

Ada banyak metode yang bisa diterapkan dalam leadership training. Salah satunya adalah metode yang memanfaatkan teknologi. Teknologi saat ini semakin canggih dan terus berkembang, maka tidak mengherankan lagi jika leadership training masa kini pun memanfaatkan teknologi. Bahkan, jika Anda menginginkan hasil training yang lebih maksimal, teknologi pun siap memfasilitasinya. Bagaimana? Simak ulasannya berikut.

Merancang metode belajar yang sesuai dengan karakteristik SDM

Masing-masing individu tentu memiliki caranya sendiri untuk belajar. Ada yang cenderung suka belajar bersama, ada yang lebih suka belajar sendiri, ada tipe pembelajar kinestetik, dan ada juga tipe pembelajar visual. Jika Anda menerapkan leadership training konvensional kepada mereka, hasilnya tentu akan berbeda. Ada yang bisa memetik hasil dari pelatihan tersebut dan kemudian memaksimalkannya. Namun, tentu ada yang justru merasa tidak mendapatkan apa-apa dari pelatihan tersebut.

Teknologi dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Misalnya untuk masalah tipe belajar. Untuk tipe pembelajar visual, Anda bisa memberikan mereka akses untuk belajar dengan video-video pembelajaran. Bagi mereka yang masuk dalam tipe audio, Anda bisa mengikutkan mereka dalam webinar atau memberi saran podcast tentang leadership training yang bisa didengarkan secara mandiri.

Ciptakan pelatihan yang efisien dan dinamis

Konsep leadership yang baik akan terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Dahulu pemimpin yang tegas dianggap ideal, namun kini tidak jarang yang merasa bahwa pemimpin yang baik adalah mereka yang komunikatif. Maka, akan sangat tidak relevan jika leadership training masa kini masih menerapkan konsep pemimpin ideal di masa lalu. Akan rawan terjadi bentrok antara pemimpin dengan bawahannya jika hal tersebut terjadi.

Leadership training yang memanfaatkan teknologi justru jauh dari miskonsepsi semacam itu. Teknologi memungkinkan Anda untuk terus menyesuaikan model pelatihan dengan konsep pemimpin yang ideal di era tertentu. Misalnya, jika Anda menggunakan learning management system seperti Codemi Learning, modul pelatihan kepemimpinan dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan perusahaan kini dan nanti. Di saat Anda merasa menemukan metode yang lebih cocok pun sistem dapat diperbaiki karena sifatnya yang dinamis.

Menerapkan pelatihan yang imersif

Pelatihan imersif adalah pelatihan yang memanfaatkan teknologi imersif. Apa yang dimaksud dengan teknologi imersif? Secara sederhana, teknologi imersif dapat dipahami sebagai sebuah teknologi yang menyamarkan batas antara dua dunia, yakni dunia nyata dengan dunia digital. Artinya, dalam pelatihan ini peserta akan seolah-olah dibawa ke dunia nyata meski pada kenyataannya ia berada di dunia digital.

Pelatihan semacam ini juga dapat diterapkan untuk leadership training. Dalam leadership training konvensional, Anda mungkin mengenal istilah studi kasus. Pada studi kasus ini, peserta akan diajak untuk menelaah sebuah kejadian dan mengambil keputusan seolah-olah mereka sedang berada di dalam kejadian tersebut.

Simulasi studi kasus sederhana tersebut dapat menjadi sebuah pelatihan imersif berkat adanya teknologi. Dengan teknologi, Anda tidak perlu lagi membaca rangkaian peristiwa yang rumit, cukup dengan menyaksikan video interaktif saja Anda sudah bisa terjun dalam sebuah simulasi kejadian. Dalam teknologi yang lebih mutakhir, Anda bahkan dapat “masuk” ke dalam dunia virtual dan menyelesaikan masalah di dalam dunia tersebut.

Mendorong terciptanya networking

Salah satu kunci kepemimpinan yang ideal di masa kini adalah networking. Dengan adanya networking yang baik, maka seorang pemimpin akan mampu menciptakan kolaborasi guna menyokong produktivitas perusahaan. Maka, tidak mengherankan lagi jika kemampuan networking ini selalu diajarkan dalam berbagai model leadership training,

Namun, dengan memanfaatkan teknologi, kemampuan networking seorang pemimpin bisa lebih dimaksimalkan. Dalam sebuah leadership training berbasis teknologi, Anda akan didorong untuk memanfaatkan berbagai platform dengan tujuan memperluas networking. Misalnya, Anda akan diajarkan untuk memaksimalkan tampilan media sosial bisnis LinkedIn atau pada kesempatan lain Anda dilatih untuk berkomunikasi melalui media Twitter.

Cara membangun networking di masa sekarang jelas akan berbeda. Di masa sekarang ada banyak sekali platform serta media untuk membangun jaringan. Dalam leadership training berbasis teknologi-lah hal tersebut akan diajarkan.

Leadership training adalah pelatihan untuk mengembangkan skill kepemimpinan individu. Ternyata, pelatihan semacam ini dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan teknologi. Empat cara di atas hanyalah sebagian dari banyaknya cara memaksimalkan leadership training dengan teknologi. Anda juga bisa mulai memaksimalkan leadership training dengan menggunakan learning management system dari Codemi Learning dari sekarang.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X