LMS

Memahami Pembelajaran Online dan Bagaimana Perannya Dalam Proses Pengajaran Materi

Pembelajaran online adalah metode yang memanfaatkan media digital dalam proses penyampaian materinya. Tidak hanya digunakan untuk siswa yang masih aktif bersekolah, e-learning juga dapat digunakan untuk metode penyampaian webinar, meeting online hingga pengembangan diri pada karyawan atau pekerja.

Di masa pandemi seperti sekarang ini pembelajaran online menjadi salah satu solusi yang dipilih demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Tidak hanya itu, model belajar e-learning juga diklaim dapat membangun kemandirian dan rasa percaya diri pada karyawan.

Meski demikian, pembelajaran dengan sistem tanpa tatap muka ini juga tetap memiliki kelebihan dan kekurangan di. Berikut adalah kelebihan dari sistem pembelajaran secara online yang perlu  Anda ketahui: 

Kelebihan Sistem Pembelajaran Online 

  1. Waktu Belajar Lebih Singkat

Kelebihan pembelajaran online adalah waktu belajar menjadi jauh lebih singkat dibandingkan biasanya. Sistem pembelajaran juga menjadi jauh lebih cepat karena guru, pembimbing atau pemberi materi sudah dipastikan akan on time tanpa adanya jam karet.

Biasanya, Anda mungkin harus menghabiskan banyak waktu untuk pergi tempat meeting, kursus, sekolah, kampus atau lokasi seminar.

Dengan beralih ke metode e-learning, maka jelas sangat menguntungkan. Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar dan terbiasa dengan kemacetan seperti di Jakarta.

  1. Mudah Diakses 

Salah satu kelebihan dari sistem pembelajaran secara online ini adalah aksesnya yang sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan laptop atau ponsel yang terhubung dengan layanan internet untuk mengakses pembelajaran atau materi yang diinginkan. 

  1. Lebih Hemat Biaya 

Selain mudah untuk diakses dimana saja, mode e-learning ini juga terbilang hemat biaya. Karena Anda hanya perlu modal paket internet dan semua materi sudah dapat diakses dengan mudah dan juga cepat.

Tidak hanya itu, biaya untuk mengikuti kelas pembelajaran online ini cukup murah. Beberapa lembaga atau agensi yang menyelenggarakan sistem e-learning bahkan akan memberikan potongan harga dan paket belajar untuk karyawan yang jauh lebih murah.

  1. Waktu Belajar Fleksibel

Pembelajaran online menjadi salah satu solusi untuk Anda yang sibuk bekerja namun tetap ingin belajar dan menambah ilmu baru. Karena berbasis online, materi belajar dapat diakses kapan saja tanpa mengganggu jam kerja Anda.

  1. Menambah Wawasan 

Terakhir, metode pembelajaran online juga memungkinkan Anda untuk menemukan banyak pengalaman baru yang belum pernah diajarkan sebelumnya. Selain  itu, Anda juga diajarkan untuk lebih paham tentang kecanggihan teknologi yang mungkin tidak ada dalam sistem bekerja di kantor.

Kekurangan Sistem Pembelajaran Online 

  1. Interaksi Belajar Berkurang 

Pembelajaran online adalah salah satu metode belajar yang sifatnya satu arah. Hal ini akhirnya menyebabkan interaksi satu dengan yang lainnya menjadi berkurang. Anda pun mungkin bisa kesulitan saat akan bertanya ketika ada materi yang belum dipahami.

  1. Sulit Berkonsentrasi

Belajar online memang terkesan modern dan menyenangkan. Anda dapat lebih mudah mengatur waktu kapanpun dan dimanapun Anda berada. Materi yang dipelajari juga dapat diakses kapan saja dan memungkinkan untuk diulang jika memang belum memahaminya. 

Namun hal ini justru akan menjadi boomerang bagi Anda jika tak pandai mengatur waktu dan konsistensi. Karena mudah diakses dan fleksibel, Anda akan berpotensi untuk menunda bahkan kehilangan fokus. 

Selain itu, interaksi antara Anda dan narasumber menjadi terbatas karena banyaknya peserta yang mengikuti kelas online. Padahal interaksi ini sangat dibutuhkan karena audiens (dalam hal ini karyawan) tidak hanya membutuhkan teori namun juga praktek yang lebih nyata. 

Elemen-Elemen dalam Sistem Pembelajaran Online  

Setelah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari belajar online, selanjutnya mari pahami tentang elemen-elemen belajar online di bawah ini:  

  1. Harus Terjadi Interaksi

Elemen yang pertama yakni, narasumber harus paham bagaimana caranya agar program pembelajaran online ini dapat berlangsung secara efektif dua arah, yakni antara audiens dan narasumber.

Seperti misalnya, apakah kegiatan ini menimbulkan interaksi antar pemberi materi dengan audiens atau karyawan? Hal ini perlu disiapkan secara matang, sehingga saat pelatihan atau pembelajaran berlangsung, semua ikut terlibat secara aktif.

  1. Sistem Belajar

Elemen berikutnya yakni mengenai sistem apa yang akan digunakan dalam proses pelatihan atau pembelajaran. Contohnya, belajar dengan fokus pada sistem belajar individu atau kerja sama (kolaboratif). Hal ini juga perlu diatur sebelum proses e-learning berlangsung.

  1. Konten atau Materi Belajar

Konten harus bersifat dinamis atau adaptif. Pada konten yang sifatnya konstan, maka materi atau informasi serta standar kurikulumnya harus sudah ditetapkan. Sedangkan untuk konten dinamis, bisa diubah sesuai dengan tujuan, kemampuan, kinerja dan pengetahuan penerima pembelajaran.  

Kesimpulan

Sistem pembelajaran atau pelatihan online dianggap lebih modern karena mengikuti perkembangan teknologi. Banyak pihak yang mempertanyakan soal keefektifan pembelajaran online. Hal ini tentu terlepas dari anjuran pemerintah untuk belajar dan bekerja dari rumah serta menerapkan social distancing.

Jika dilihat kembali ke belakang, sistem e-learning ini memang menguntungkan. Anda dapat mengakses materi apapun hanya dengan menggunakan PC atau smartphone yang telah terkoneksi dengan jaringan internet.

Karena kemudahan aksesnya, kini semakin banyak lembaga pendidikan hingga instansi pemerintahan yang bermigrasi dari mode konvensional menjadi sistem online. Seperti contohnya seminar online, meeting online, sekolah online hingga kuliah online.

Akan tetapi, terlepas dari kecanggihan teknologi dari sistem pembelajaran online ini, masih belum cukup mampu untuk menggantikan pembelajaran konvensional. Karena pada dasarnya metode belajar konvensional jauh lebih efektif karena peserta atau audiens dapat berinteraksi secara langsung dengan nara sumbernya.

Melalui software Codemi Learning, anda dapat menggabungkan pengalaman belajar tatap muka dengan kemudahan pembelajaran online melalui fitur blended learning. Melalui blended learning para peserta didik akan dibimbing dan mampu berinteraksi layaknya pembelajaran tatap muka, namun masih tetap bisa dilaksanakan tanpa harus berada di kelas secara fisik, nikmati fitur blended learning dan mulai pelatihan karyawan anda secara efektif dengan Codemi.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Pengetahuan baru mengenai sebuah organisasi akan selalu ada dan berkembang. Agar pengetahuan tersebut terpelihara dan memberikan manfaat, maka dipe

Codemi Publication

LMS project plan dari Codemi merupakan sebuah cetak biru yang dimaksudkan untuk menjadi gambaran awal dari rencana pengimplementasian LMS. Melalui