Masa Depan Branding: Employee Branding

Perkembangan teknologi membuat employee branding menjadi pengaruh penting untuk membangun kepercayaan konsumen. Bukan lagi sekadar branding untuk produk maupun perusahaan namun juga pada karyawannya.

Karyawan atau tenaga kerja memiliki keterlibatan sangat besar pada bisnis dan dianggap sebagai karakter dari brand tersebut. Karyawan memiliki 10x lipat pengikut di media sosial jika dibandingkan dengan perusahaan tentu lebih besar.

Sekilas Tentang Employee Branding Karyawan

Konsumen akan lebih mempercayai ulasan dari karyawan daripada perusahaan yang memberikan review. Maka satu orang karyawan bisa mempengaruhi lebih banyak konsumen dan meningkatkan kepercayaan mereka.

Dapat diartikan branding karyawan tentang bagaimana merk ini memiliki pengaruh positif bagi karyawannya. Lantas seberapa penting employee branding bagi bisnis maka simak ulasannya berikut ini.

Branding karyawan merupakan inovasi baru dalam proses pemasaran di era modern seperti sekarang ini. Adanya keterlibatan karyawan sebagai identitas brand dalam memproyeksikan identitas mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau dalam bahasa sederhananya dapat diarikan karyawan sebagai duta merk bagi perusahaan tempatnya bekerja. Semua karyawan harus memiliki citra yang baik sama dengan brand perusahaan itu sendiri sebagai sarana promosi.

Hal ini berkaitan dengan perkembangan media sosial yang saat ini sangat lekat dengan kehidupan masyarakat. Banyak karyawan memiliki media sosial pribadi dengan jumlah follower lebih banyak dibanding perusahaan.

Tentu saja keadaan ini bisa dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan employee branding memakai media sosial. Jika jangkauan karyawan di media sosial lebih besar maka keterlibatan merek akan semakin mudah.

Tenaga kerja yang tergabung dengan perusahaan bisa memberikan informasi tentang brand di media sosial miliknya. Tujuannya agar bisa melakukan lebih banyak interaksi dengan para pengikutnya dan mendatangkan pelanggan baru.

Cara seperti ini jauh lebih efektif daripada sekadar membagikan iklan di mana saat ini ada jutaan iklan setiap hari. Konsumen sudah sangat bosan dan hafal dengan pola iklan sehingga tidak akan tertarik.

Namun jika promosi dilakukan dengan menggunakan jasa endorse artis atau influencer jelas membutuhkan biaya lebih mahal. Karena konsepnya mirip iklan juga dianggap kurang menarik dan sekadar promo saja.

Dengan menggunakan karyawan akan terasa sentuhan berbeda dalam proses branding sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Konsumen akan lebih percaya untuk menggunakan produk baik barang maupun jasa tersebut.

Baca Juga: Program Employee Wellness yang Paling Dicari

Pengaruh Branding Karyawan Terhadap Bisnis

Tujuan employee branding adalah membuat karyawan menjadi duta merk dan juga meningkatkan produktivitas. Sehingga loyalitas merk, reputasi dan motivasi bisa meningkat tanpa adanya paksaan dari perusahaan.

Tenaga kerja sangat dibutuhkan bagi perusahaan dan menjadi aset penting yang harus dipertahankan. Memiliki karyawan yang berkualitas dan memiliki loyalitas merupakan sumber daya penting untuk keberlangsungan bisnis.

Bahkan perusahaan besar sekalipun tetap membutuhkan karyawan sebagai tulang punggung organisasi. Tidak heran jika perusahaan terus merangkul karyawannya untuk berkembang dan sukses bersama.

Inilah pengaruh karyawan terhadap branding pada bisnis Anda di mana kesejahteraannya ternyata diperhatikan konsumen. Para pekerja dianggap sebagai wajah bisnis Anda dan bukan sekadar orang-orang yang mencari nafkah.

Citra perusahaan sangat tergantung dari bagaimana memperlakukan karyawannya dan review dari dalam. Jika orang-orang yang berada dalam perusahaan tersebut merasa nyaman, betah dan sejahtera maka akan mendapatkan penilaian negatif.

Kepedulian seperti ini menjadi isu menarik di jaman serba modern apalagi maraknya penggunaan media sosial. Jika ada tenaga kerja merasa diperas tenaganya, tidak mendapatkan haknya dan lainnya bisa berpengaruh pada produk.

Sementara itu, jika karyawannya semua sejahtera yang artinya perusahaan memperhatikan hal tersebut. Membuat loyalitas konsumen meningkat dan employee branding dinilai berhasil.

Cara seperti ini sedang marak digunakan dan menjadi trend di lingkungan bisnis untuk pengembangan perusahaan. Merk menceritakan tentang kehebatan karyawannya untuk menunjukkan bagaimana mereka bekerja.

Baik dari karyawan paling bawah sampai pimpinan akan mendapatkan sorotan dari konsumen. Karena kepercayaan konsumen sangat berpengaruh dari ulasan yang mereka berikan di media sosialnya.

Cara Branding Karyawan yang Hebat untuk Perusahaan

Memiliki karyawan yang hebat dalam proses employee branding tidak bisa dilakukan hanya dengan bergantung pada satu hal. Namun terbentuk dari beberapa hal yang saling mempengaruhi diantaranya berikut ini:

  1. Pendidikan tentang brand

Semua tenaga kerja yang tergabung dalam perusahaan tentu tidak akan bisa melakukan branding jika tidak mengenal brand-nya. Maka harus ada pendidikan terkait pelatihan brand sehingga bisa mengenal tentang produk.

Perusahaan harus mengajarkan tentang logo, pesan merk dan keunggulan produk dari tempatnya bekerja. Mereka juga harus mempelajari tentang visi misi perusahaan agar bisa menjadi citra atau image brand tersebut.

  1. Ulasan positif

Cara kedua yaitu dengan memberikan ulasan positif tentang bagaimana suasana ketika bekerja. Kehidupan di lingkungan kerja, hubungan antar tenaga kerja, hubungan dengan atasan dan sejenisnya.

Contoh employee branding dalam memberikan ulasan positif dengan membagikan momen bekerja di media sosial. Tunjukkan kepada follower kalau Anda begitu menikmati pekerjaan dan jangan lupa berikan di mana lokasi kantornya.

Baca Juga: Employee Appreciation, perlukah?

  1. Strategi dalam penerimaan karyawan 

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan strategi dalam perekrutan calon karyawan baru. Strategi ini untuk mendorong lebih banyak pelamar kerja mengetahui perusahaan, brand ataupun produk Anda.

  1. Keterlibatan dan proaktif

Keterlibatan dalam berbagai aktivitas perusahaan tentu menjadi cara membangun employee branding. Karyawan yang terus terlibat dan proaktif membuat kepercayaan konsumen meningkat karena menampilkan image perusahaan.

Brand tersebut dinilai membuat para karyawannya menjadi bersemangat dan terus terlibat dalam berbagai acara. Motivasi terus meningkat sehingga loyalitas menjadi tumbuh sehingga branding bukan menjadi beban untuk mereka.

Manfaat Branding Karyawan untuk Brand atau Perusahaan

Adanya employee branding tentu memberikan manfaat yang bisa dirasakan tidak hanya bagi perusahaan namun juga tenaga kerja. Manfaat ini menjadi keuntungan sangat menarik untuk kedua belah pihak dalam menjalankan bisnis bersama.

  1. Manfaat utama yaitu produktivitas pegawai akan meningkat dengan sendirinya tanpa harus memberikan banyak perintah. Kesadaran akan hal ini memberikan energi positif bagi sesama tenaga kerja untuk meningkatkan produktivitas.
  2. Reputasi perusahaan menjadi baik sehingga kinerja para karyawannya juga sangat positif. Reputasi perusahaan akan berpengaruh positif pada penilaian konsumen sehingga dampaknya pada produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Menjaga loyalitas tenaga kerja untuk ikut memiliki dan menjadi bagian penting dalam perusahaan. Buruknya branding dalam sebuah karyawan membuat loyalitas karyawan menurun tentu berdampak negatif.
  4. Perusahaan akan menemukan banyak tenaga kerja handal dan berkualitas untuk memajukan bisnis bersama.
  5. Lebih mudah menjangkau pasar dan target konsumen dengan memanfaatkan media sosial karyawannya.
  6. Lebih hemat dari segi biaya karena branding dilakukan oleh tenaga kerja tanpa perlu menggunakan jasa artis atau influencer.
  7. Keseluruhan tenaga kerja sangat merasa dihargai karena dijamin kesejahteraannya sebagai salah satu bagian branding.

Branding karyawan memiliki peran penting sebagai image perusahaan dalam membangun kepercayaan masyarakat. Banyak manfaat positif menggunakan strategi employee branding dan dinilai cukup efektif bagi bisnis maupun brand Anda.

Deskripsi: Pengaruh employee branding bagi perusahaan sangat penting dengan menjadikan karyawan sebagai bagian dari perusahaan dalam proses promosi.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Supaya sukses dalam mendirikan perusahaan, Anda harus menyiapkan Employee Benefits untuk kepentingan mereka. Pada dasarnya Employee Benefits bisa d

Berpedoman pada 100 Performance Metrics untuk tingkatkan tinjauan kinerja yang efektif ialah pilihan terbaik. Performance Metrics dalam pekerjaan d

Unduh Codemi Learning Report 2021

X