Manfaat Sistem Reward Berbasis Point

Sistem reward berbasis point adalah salah satu cara paling ampuh dan efektif untuk memotivasi dan rekognisi karyawan. Mereka bekerja dengan baik dalam mendorong hasil organisasi seperti keterlibatan, produktivitas, dan retensi.

Apa Itu Sistem Reward Berbasis Point?

Sistem penghargaan berbasis point memungkinkan Anda untuk menunjukkan penghargaan Anda kepada seseorang dengan menawarkan poin hadiah kepada mereka. Ini adalah bentuk pengakuan yang nyata di mana poin memiliki nilai moneter yang melekat padanya. Itu sebabnya karyawan merasa hebat ketika mereka menerima penghargaan seperti itu.

Tetapi katakanlah, Anda telah mengumpulkan poin untuk kinerja teladan Anda di tempat kerja.

Apa yang akan Anda lakukan dengan poin?

Cara Untuk Menukarkan Poin Rewards

Poin hadiah memberdayakan karyawan untuk memilih hadiah yang mereka pilih. Mereka dapat menukarkan poin untuk merchandise favorit Anda, pengalaman menarik, dan kartu hadiah!

Lebih layak untuk memberi karyawan kekuatan untuk memilih hadiah mereka sendiri. Selain itu, juga menciptakan rasa kegembiraan di antara mereka. Karyawan dapat menyimpan poin mereka untuk kemudian hari sampai mereka menemukan hadiah yang sesuai untuk menukarkan poin mereka.

Merchandise

Karyawan dapat menukarkan poin reward untuk membeli berbagai macam produk dari merek global terkemuka. Jenis produk di toko merchandise bisa meliputi pakaian jadi, alas kaki, dekorasi rumah, elektronik, aksesoris, peralatan olahraga, dan masih banyak lagi.

Pengalaman

Karyawan juga dapat menggunakan poin reward mereka untuk memesan perjalanan, acara, dan event tertentu. Yang perlu dilakukan perusahaan adalah bekerja sama dengan vendor yang menawarkan paket perjalanan agar poin reward memenuhi syarat untuk pemesanan.

Gift Card

Dalam survei baru-baru ini, karyawan diminta untuk memilih hadiah impian untuk mencapai tujuan di tempat kerja. 44% responden sangat menyukai kartu hadiah.

Kartu hadiah adalah salah satu metode pengakuan karyawan yang paling populer dan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam sistem penghargaan berbasis poin. Ini seperti kartu debit prabayar dengan nilai tertentu yang dapat Anda gunakan untuk berbagai pembelian. Nilainya diperoleh dengan menukarkan poin hadiah.

Ada dua jenis gift card yang dapat digunakan dalam program poin-hadiah:

Gift card closed loop: Kartu ini bekerja dengan satu toko atau merek tertentu. Misalnya, gift card restoran tertentu hanya dapat ditukarkan untuk toko tertentu atau cabang toko lainnya.

Gift card open loop: Kartu ini biasanya dicap dengan jaringan kartu kredit seperti Visa. Kartu tersebut dapat ditukarkan di beberapa merek kecuali dibatasi secara khusus.

Mengapa Reward Berbasis Point Efektif

Sebuah studi SHRM telah menemukan bahwa karyawan menjadi lebih terlibat ketika mereka dihargai dengan penghargaan yang fleksibel seperti poin. Ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa poin memperkuat proses penghargaan. Ini berarti bahwa karyawan dapat dengan jelas melihat bagaimana perilaku mereka dapat memberi mereka penghargaan, dan mereka menjadi lebih termotivasi untuk mencapai tingkat berikutnya.

Juga, ide sentral di balik penghargaan berbasis point adalah untuk mengalihkan perhatian karyawan dari insentif berbasis uang tunai.

Ya, mungkin menyenangkan menerima sejumlah uang tunai untuk mencapai tujuan. Tetapi terkadang uang tunai saja tidak cukup untuk memotivasi orang.

Penghargaan uang tunai cenderung mudah hilang dalam shuffle. Ini mungkin dihabiskan untuk tagihan atau pengeluaran rutin, tanpa hubungan jangka panjang dengan perilaku yang membuat karyawan mendapat hadiah.

Tetapi poin penghargaan memungkinkan karyawan untuk membeli sesuatu yang berarti yang biasanya tidak mereka habiskan untuk uang mereka. Mereka dapat menggunakan poin untuk mendapatkan sesuatu dengan segera, atau mereka dapat menyimpan poin untuk menabung untuk item tertentu. Jadi, setiap kali mereka mendapatkan penghargaan, mereka akan mendapatkan kepuasan menggunakan poin untuk sesuatu yang nyata.

Sistem penghargaan berbasis poin juga memberdayakan karyawan untuk memilih hadiah yang mereka sukai. Ini mempengaruhi perilaku positif di antara tenaga kerja dengan menciptakan rasa antisipasi.

7 Manfaat Sistem Reward Berbasis Point

Dalam hal apresiasi karyawan yang efektif, penghargaan berbasis point sangat direkomendasikan untuk perusahaan dengan tenaga kerja global.

Ada banyak keuntungan dari memasukkan hadiah berbasis poin dalam strategi penghargaan dan pengakuan Anda. Ini termasuk:

1. Engagement Lebih Tinggi

Karena poin penghargaan memiliki nilai uang, karyawan merasa senang saat menerimanya. Ini menggambarkan proses pengakuan yang membuat mereka tetap terlibat, bahagia, termotivasi, dan produktif.

Apakah mereka bekerja melawan tenggat waktu atau menuju suatu tujuan, pengakuan akan memberi karyawan rasa pencapaian. Mereka akan mencoba menemukan cara untuk mendapatkan dan mengumpulkan lebih banyak poin sehingga mereka dapat menukarkan penghargaan dengan nilai lebih tinggi sesuai pilihan mereka.

2. Mudah Untuk Mengenali Tenaga Kerja Global

Saat ini, banyak perusahaan memiliki karyawan yang duduk di berbagai penjuru dunia dan berkoordinasi bersama. Hampir tidak mungkin untuk mengenali karyawan seperti itu dalam program pengenalan internal.

Solusi penghargaan berbasis poin digital mempermudah dan mempercepat apresiasi karyawan global yang bekerja di berbagai negara.

3. Reward Berbasis Point Bersifat Fleksibel

Program berbasis poin dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan kebutuhan perusahaan, tujuan program, dan preferensi karyawan.

Begini caranya:

  • Anda dapat memberikan penghargaan kepada berbagai perilaku karyawan yang penting bagi perusahaan Anda, seperti inovasi, pencapaian target, layanan pelanggan yang hebat, komitmen untuk bekerja, dan sebagainya.
  • Karyawan juga memiliki kebebasan untuk memutuskan bagaimana mereka ingin menggunakan poin mereka.
  • Anda tidak perlu membatasi program Anda pada pendekatan “satu ukuran cocok untuk semua” hanya dengan memberikan kartu hadiah. Anda dapat menjelajahi opsi lain seperti menawarkan barang dagangan atau pengalaman yang dapat ditukarkan.
  • Jika Anda memiliki tenaga kerja global yang beragam, program penghargaan berbasis SOLI dapat membantu Anda menyesuaikan poin terhadap mata uang utama.

4. Mudah Dipahami Oleh Karyawan

Manfaat lain dari program reward berbasis point adalah mereka mudah dipahami oleh karyawan.

Kebanyakan orang sudah terbiasa mendapatkan poin dari situs belanja online, kartu kredit, atau toko. Dengan demikian, Anda tidak perlu memberikan banyak pelatihan untuk menjelaskan konsep tersebut kepada mereka.

5. Mengaktifkan Pengenalan yang Sering

Sistem reward berbasis point membuat pengakuan karyawan yang sering benar-benar mudah. Anda dapat memberikan poin penghargaan kepada karyawan sepanjang tahun karena menunjukkan perilaku yang diinginkan.

Juga, penghargaan berbasis point membantu memberikan pengakuan tepat waktu. Mungkin tidak bermanfaat untuk mengenali seorang karyawan untuk sesuatu yang mereka lakukan beberapa bulan yang lalu. Ini karena pengakuan paling efektif ketika segera mengikuti perilaku yang ingin Anda perkuat

6. Memudahkan Mengukur Dampak 

Selain memotivasi karyawan, sebagian besar sistem reward berbasis point membantu Anda melacak metrik produktivitas dan kinerja. Data tentang penggunaan poin menawarkan wawasan yang luar biasa tentang keterlibatan karyawan.

Anda bisa mendapatkan wawasan tentang:

  • Siapa yang paling banyak mendapatkan reward?
  • Siapa yang tidak memberi atau mendapatkan poin hadiah?
  • Jika anggaran yang Anda keluarkan mulai digunakan secara efisien dan sebagainya.

Dan mengambil langkah-langkah yang sesuai.

7. Reward Berbasis Point Untuk Menambah Nilai Untuk Pengakuan

81% orang dalam Survei Penghargaan Karyawan Glassdoor mengatakan bahwa mereka akan termotivasi untuk bekerja lebih keras jika atasan mereka menunjukkan penghargaan. Tetapi menambahkan insentif moneter ke apresiasi itu membantu pengakuan bekerja lebih keras. Anggap saja sebagai motivasi ekstrinsik di mana karyawan fokus pada penghargaan yang datang dengan menyelesaikan tugas.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Sebagai pemimpin, kemampuan membentuk program kompensasi termasuk penting, terutama telah menjadi skill yang harus dikuasai sejak dulu. Apalagi ber

Perusahaan yang mengetahui manfaat agile leadership terbilang telah dalam jalur baik. Terutama disebabkan telah menjadi teknik dan strategi kepemim

Unduh Codemi Learning Report 2021

X