Manfaat Program Employee Recognition

Ada beragam manfaat program employee recognition yang bisa diterima oleh perusahaan, baik itu sebagai organisasi dengan banyak anggota di bawahnya maupun sebagai entitas bisnis. Di zaman modern, employee recognition mendapat perhatian khusus. 

Employee recognition sendiri adalah program yang dikelola oleh perusahaan untuk memberikan apresiasi serta penghargaan kepada karyawannya. Penghargaan bukan selalu dalam bentuk uang. Ini kerap menjadi kesalahpahaman bagi sebagian perusahaan.

Terkadang uang bukan lah suatu hal yang begitu dibutuhkan oleh seseorang dalam poin tertentu. Pengakuan serta penghargaan non materi adalah bentuk apresiasi yang nilainya bukan sekadar nominal sehingga ini membuat karyawan bahagia.

Pentingnya Memahami Fungsi Program Employee Recognition

Gagasan utama employee recognition ialah memberikan pengakuan kepada staff atas kinerja positifnya serta pencapaian tertentu dalam pekerjaan. Ini bisa dilakukan oleh atasan kepada bawahan, sesama rekan karyawan, ataupun anggota dalam tim.

Mendapatkan pengakuan atas pekerjaan yang Anda selesaikan adalah sebuah apresiasi penting. Ini menandakan bahwa pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Hal yang sama juga berlaku bagi para staff.

Oleh sebab itu, posisikan semua karyawan sebagai individu yang senang ketika diapresiasi meskipun dalam bentuk paling sederhana. Namun memberikan pengakuan kepada sesama rekan terkadang masih belum dilakukan.

Untuk itu, diperlukan program khusus untuk membangun budaya tersebut di perusahaan Anda. Ada beragam cara untuk menumbuhkan budaya tersebut. Misalnya menyelenggarakan acara memberi penghargaan kepada karyawan terbaik.

Hal sederhana seperti memberikan ucapan selamat dan terima kasih juga merupakan apresiasi besar bagi staff Anda. Peer recognition atau pengakuan antar karyawan juga memiliki manfaat besar. 

Untuk mendapatkan manfaat dari employee recognition secara optimal dan komprehensif, ada baiknya Anda membuat serta mengelola program secara khusus. Ajak karyawan untuk mengetahui program ini sehingga menghasilkan output memuaskan.

Manfaat dari Program Employee Recognition

Program employee recognition memberikan dampak positif baik bagi karyawan maupun perusahaan sebagai unit bisnis. Berikut ini beberapa manfaat menjalankan program tersebut bagi semua pihak yang terlibat. 

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Karyawan yang menerima pengakuan serta penghargaan dari pimpinan maupun sesama rekan ternyata mampu menunjukkan partisipasi serta kontribusi lebih besar bagi perusahaan. Ia menjadi lebih produktif dan optimal saat bekerja.

Ini tentunya menjadi sinyal positif bagi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Anda tentu mengerti jika semua karyawan menunjukkan produktivitas tinggi serta kinerja terbaik. Bukan hanya bermanfaat bagi perusahaan saja.

Akan tetapi juga berdampak positif bagi karir individu tersebut. Peningkatan produktivitas mendorong performa kerja yang optimal sehingga akan lebih mudah mendapatkan promosi. Ini adalah awal karir yang cemerlang.

Meningkatkan Budaya Kerja Perusahaan

Manfaat program employee recognition lainnya yaitu dapat meningkatkan budaya kerja di perusahaan. Budaya kerja adalah salah satu hal yang perlu menjadi prioritas karena menjadi identitas perusahaan Anda.

Kegiatan bisnis saat ini lebih mengedepankan budaya kerja yang kolaboratif, memperbanyak aspek teamwork, banyak berinovasi, serta mendukung karakteristik dinamis lainnya. Melibatkan karyawan agar berpartisipasi secara aktif adalah langkah tepat. 

Namun tujuan tersebut tidak bisa diwujudkan apabila karyawan tidak mendapati rasa nyaman serta kepuasan di tempat kerja mereka. Program employee recognition berperan penting dalam menumbuhkan kepuasan serta motivasi karyawan.

Menumbuhkan Semangat Kerja

Antusiasme karyawan saat pertama kali bergabung bersama perusahaan Anda dan memenuhi semua tugasnya adalah sesuatu yang sangat dipahami. Sayangnya, Anda tidak dapat mengharapkan situasi ini selamanya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada kalanya semangat kerja mengalami penurunan sehingga kinerjanya juga tidak maksimal. Untuk mengantisipasi hal tersebut, memberikan penghargaan serta pengakuan kepada staff bisa jadi solusinya. 

Mempertahankan Karyawan Berprestasi

Manfaat program employee recognition lainnya yaitu perusahaan dapat mempertahankan orang-orang berprestasi. Kerja keras serta dedikasi yang telah diberikan jika tanpa penghargaan bisa membuat staff Anda merasa down.

Alih-alih performa kerjanya meningkat, ia bisa saja justru memikirkan untuk memilih tempat lain dengan budaya kerja lebih positif. Kehilangan aset sumber daya manusia tentu bukan hal baik bagi perusahaan.

Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan

Berkat produktivitas kinerja yang meningkat, lingkungan kerja positif, serta kepuasan karyawan, ini dapat berpengaruh besar terhadap performa perusahaan secara menyeluruh. Sebagai dampaknya, profitabilitas juga akan meningkat.

Pengakuan yang diberikan pimpinan atau rekan kerja menjadi amunisi penting untuk tingkatkan kepercayaan serta kepuasan karyawan. Dapatkan manfaat program employee recognition dengan mengelolanya sebaik mungkin. Simak juga ulasan kami tentang cara membangun employee recognition antar karyawan disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Mengamati perusahaan besar, pasti ada kebijakan bahwa karyawan harus diberikan pelatihan. Baik kepada karyawan yang baru saja selesai mengikuti sel

    Codemi Publication

    Bagi seorang pemilik bisnis, tentunya harus memahami bagaimana mengelola karyawan milenial di era teknologi digital ini. Mengingat saat ini generas