Manfaat ATS: Dapat Menghemat Waktu dan Produktivitas

Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar tentu memerlukan waktu lama dan tidak sebentar.

Jika dilakukan secara manual membutuhkan waktu berhari-hari bahkan hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, sistem rekrutmen karyawan sudah jarang dilakukan secara langsung. Dalam era yang serba digital, aplikasi memiliki peranan penting dalam penerimaannya.

Dapat menghemat waktu adalah hal terpenting dalam proses rekrut karyawan. Sebab dalam sebuah perusahaan waktu sangat penting, ketika sebuah kegiatan tidak dilaksanakan tepat waktu maka akan menganggu kegiatan lainnya.

ATS atau Aplicant Tracking System adalah sebuah perangkat lunak penyedia jasa skrinning pada daftar riwayat hidup atau curriculum vitae. Dari sekian banyak CV yang masuk akan tersaring secara otomatis sehingga memudahkan perusahaan dalam melakukan seleksi.

ATS ini tentu dapat menghemat waktu ditempat kerja sehingga lebih efisien dan lebih produktif sehingga memudahkan Anda dalam mengerjakan sesuatu. Hal tersebut menjadi strategi paling terbaik ketika dilapangan kerja.

Persaingan dalam mendapatkan sumber daya manusia berkualitas memang menjadi pokok utama dalam masalah perekrutan tersebut. Keadaan ini menjadikan perusahaan harus bersaing dengan waktu agar mendapatkan kandidat terpilih terbaik.

Keuntungan Menggunakan ATS untuk Rekrutmen Kandidat

Manfaat ATS: Dapat Menghemat Waktu dan Produktivitas

Banyak sekali perangkat lunak dihubungkan pada alat lain digunakan untuk pelacak pelamar dengan persyaratan tertentu. Ketika menggunakan sistem ini dapat menghemat waktu dalam sesi pencarian karyawan baru ini.

Kinerja dari sistem ini hampir sama dengan cara kerja jenis iklan. Laporan ATS akan memberitahu mengenai perkembangan dari pelamar suatu lowongan pekerjaan dengan sangat baik.

Dengan menggunakan ATS tersebut dapat menghemat waktu karena proses kerjanya sangat cepat. Dimulai dari penguraian dan resume atau CV, pencarian lebih lanjut terkait kandidat memenuhi syarat dan lainnya.

Adapun manfaat dari Aplicant Tracking System tersebut untuk proses perekrutan akan dijelaskan lebih dalam di artikel ini sebagai berikut.

1. Menghemat uang

Menggunakan sistem ini tidak akan memakan biaya yang banyak. Sistem tersebut bekerja secara online sehingga pelamar tidak perlu datang ke perusahaan secara langsung.

Baca: Pentingnya Pelatihan Perusahaan, Jenis, Fitur, Manfaat & Kegunaan

Jika sudah terpilih dan diharuskan melakukan interview, maka pelamar bisa dengan mudah menyesuaikannya saja. Namun kebanyakan sekarang perusahaan menggunakan video sebagai sarana interview.

2. Menghemat waktu

Dalam jumlah pelamar yang banyak ketika harus memilih CV terbaik tentu akan membutuhkan waktu berhari-hari atau atau bahkan berbulan-bulan. Untuk mengatasi hal tersebut ATS menjadi solusi dan dapat menghemat waktu.

Baca: Wasting Time: Membuang Waktu yang Diperlukan

Saat menggunakan sistem ini yang awalnya Anda harus memasang iklan pada beberapa situs web tentu akan terbantu dengan satu kali klik pada sistem ATS tersebut. Hal ini sangat baik untuk diterapkan dalam dunia pekerjaan.

3. Pengelolaan terhadap kandidat

Selain dapat menghemat waktu, menggunakan ATS juga akan sangat baik dalam pengelolaan kandidat pelamar. Sangat mudah mencaritahu mengenai informasi dari pelamar sehingga mudah untuk memutuskan apakah kandidat tersebut layak lolos atau tidak.

Anda tidak perlu repot lagi untuk memilih atau meletakkan resume untuk memeriksa tanggapan sebab secara otomatis sistem akan memilih resume mana yang memenuhi syarat. 

4. Mendapat respon lebih cepat

Masyarakat sekarang lebih mudah mencari pekerjaan di internet atau pada aplikasi smarphone pencari kerja. Untuk menyaingi kemajuan dari teknologi perusahaan juga harus menyeimbangkan kebutuhan dari masyarakat.

Ketika menggunakan ATS tersebut dan menampilkan lowongan pekerjaan pada internet maka kandidat akan banyak merespon dan memberi tanggapan mengenai pekerjaan tersebut.

5. Meningkatkan kepatuhan dalam syarat rekrutmen

Selain dapat menghemat waktu, ATS juga dapat membuat kandidat patuh terhadap syarat lamaran kerja. Sebab jika ingin memasukkan resume pada perusahaan secara online haruslah memenuhi syarat tersebut.

Baca: Apa itu Rekrutmen: Definisi dan Proses Rekrutmen!

Jika tidak, maka resume Anda tidak akan terkirim dan terproses melalui sistem ini. Pilihan satu-satunya jika ingin melamar pekerjaan adalah memenuhi semua syarat yang ada.

6. Menyebarkan informasi lebih cepat

Sistem pelacak pelamar ini memungkinkan Anda untuk menyebarkan informasi pada banyak website hanya dengan satu klik saja. Untuk menyebarluaskan lowongan pekerjaan ini, ATS menjadi solusi terbaik.

Selain itu, ATS juga memudahkan dalam pembuatan iklan dari pekerjaan ini. Sistem tersebut sudah menyediakan template iklan sesuai dengan kriteria dari lowongan pekerjaan disediakan.

Perusahaan akan meraih banyak sekali manfaat dari ATS (Aplicant Tracking System) dalam proses perekrutan karyawan baru. Selain dapat menghemat waktu, sistem tersebut akan sangat dibutuhkan dalam proses rekrutmen.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

2 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X