LMS

Learning Management System untuk Meningkatkan Kualitas Pelatihan

Belajar adalah proses yang perlu dilakukan terus-menerus oleh seluruh pekerja. Apalagi seiring dengan perubahan zaman, setiap pekerja atau karyawan dituntut memiliki keahlian baru. Untung saja, belajar dan mengadakan pelatihan di zaman ini juga dipermudah. Anda bisa menggunakan Learning Management System (LMS).

LMS memungkinkan pelatihan atau training jarak jauh secara daring (online training). Namun, LMS dapat menunjang pelatihan dengan baik apabila aspek-aspek lainnya juga diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengingkatkan kualitas pelatihan agar pengalaman belajar karyawan menjadi lebih baik.

1. Berikan pelatihan langsung (real-time)

Pada LMS, Anda dapat menggunakan fitur Live Streaming. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola registrasi dan absensi pada saat pelatihan langsung atau webinar. Learning Management System juga terkoneksi dengan aplikasi seperti Zoom dan Google Meet.

Jika memberikan video yang sudah direkam sebelumnya, keterlibatan dengan karyawan atau trainee tidak akan sama dengan menjelaskan materi secara langsung. Pemberian materi secara langsung juga memungkinkan adanya komunikasi dua arah sehingga pelatihan tidak membosankan.

2. Minta trainee berbagi pengalaman

Trainee akan bosan jika hanya diam dan terus-menerus mendengarkan. Berikan kesempatan pada setiap orang untuk didengarkan.

Anda bisa meminta mereka berbagi pengalaman untuk dijadikan studi kasus. Pada saat pelatihan selesai, Anda juga bisa meminta pengalaman trainee perihal apa yang didapat pada saat pelatihan.

Trainee juga bisa berbagi dengan koleganya dengan fitur Collaborative Learning yang biasanya tersedia di LMS.

3. Berikan sertifikat

Sertifikat berguna sebagai bukti bahwa trainee memang betul-betul menyelesaikan pelatihan. Selain itu, Anda juga menjadikan ini ajang meningkatkan keterlibatan di media digital.

Anda bisa meminta trainee mengunggah foto sertifikat di media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn atau bahkan TikTok.

4. Gunakan Learning Management System untuk pelatihan secara rutin

Pelatihan tidak bisa hanya dilakukan sesekali. Perlu dilakukan perencanaan dan evaluasi rutin terhadap program pelatihan. Usahakan setiap program pelatihan selalu memiliki kualitas lebih baik daripada program sebelumnya.

Di sisi lain, LMS juga merupakan aset yang perlu Anda optimalkan penggunaannya.

Demikian tips yang dapat Anda terapkan. Meski tampaknya banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan, jika Anda terus melakukannya secara tepat dan konsisten maka performa perusahaan Anda akan ikut meningkat juga.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Eunike Karen

Ketika menyusun program pelatihan karyawan, ada banyak teori yang perlu Anda pelajari untuk menyusun materi. Anda perlu membaca ratusan halaman jur

Eunike Karen

Apakah saat ini perusahaan Anda menggunakan cloud-based LMS atau on-premise LMS? Sebenarnya menggunakan LMS dengan sistem cloud lebih menguntungkan