5 Langkah Praktis Membangun Kepercayaan di Tempat Kerja

Langkah praktis membangun kepercayaan adalah hal yang akan menjadi penentu baik tidaknya kualitas kerja Anda. Dengan kepercayaan yang cukup maka kualitas kerja akan jauh lebih baik, akan tetapi jika ketidakpercayaan muncul dalam hal kerja tentunya akan berbahaya.

Saat ini penting untuk Anda perhatikan terlebih dahulu bahwa perusahaan tentunya akan berjalan lebih baik jika semua pihak yang berada didalamnya memiliki kepercayaan besar. Khususnya antara pihak pemimpin dan karyawan di bawahnya.

Baca: 5 Jenis Metode Pelatihan Karyawan ini Efektif Dilakukan

Setiap perusahaan tentunya tidak akan lepas dari jerat masalah, baik internal atau juga eksternal. Tanpa penanganan yang baik sejak awal maka masalah akan menjadi semakin besar, sehingga memang butuh langkah praktis membangun kepercayaan sejak awal.

Jika antara pemimpin dan karyawannya telah terbangun kepercayaan yang kuat maka secara tidak langsung kualitas masalah yang akan datang juga tidak perlu dikhawatirkan berlebihan. Hanya saja perlu ada perawatan untuk menjamin semua kepercayaan tersebut tetap terjaga.

Langkah praktis membangun kepercayaan menjadi semakin penting untuk dimiliki sebab setiap perusahaan juga akan memberikan beberapa kebijakan di setiap proses bisnisnya. Apalagi seringkali ada pihak yang memiliki pendapat berbeda terkait kebijakan tersebut.

Masalah kebijakan yang diberikan dan tidak semuanya bisa sepaham tentunya menjadi masalah yang sangat lumrah. Apalagi dalam suatu perusahaan terdapat banyak karakter yang saling berbeda haluan dan pendapat, sehingga butuh untuk membangun kepercayaan kembali.

Untuk memahami lebih lanjut maka berikut ini adalah beberapa kriteria terkait bagaimana cara dan langkah praktis dalam membangun kepercayaan dalam suatu perusahaan.

5 Kriteria dalam Langkah Praktis Membangun Kepercayaan 

5 Langkah Praktis Membangun Kepercayaan di Tempat Kerja

Membangun suatu kepercayaan sebenarnya tidak bisa diukur secara pasti. Akan tetapi ada beberapa aspek yang bisa menjadi penentu dalam melihat kepercayaan meningkat atau menurun. Sehingga tetap butuh langkah dalam membangun kepercayaan sejak awal.

Baca: Sikap Tidak Acuh untuk Menjadi Pemimpin yang Baik, Memang Iya?

Keterbukaan

Langkah praktis membangun kepercayaan yang lebih awal tentunya pemimpin memiliki sikap keterbukaan atau biasa disebut transparansi. Semua hal yang berkaitan dengan kebijakan, aturan, hingga hal lainnya wajib disampaikan secara transparan.

Dengan transparansi yang menyeluruh dalam beberapa aspek dasar maka kemungkinan besar kualitas kepercayaan setiap karyawan akan jauh lebih meningkat. Akan tetapi beberapa hal yang bersifat rahasia perusahaan tentunya masih wajib untuk disimpan.

Langkah praktis membangun kepercayaan dalam bentuk keterbukaan ini juga wajib disampaikan secara langsung. Misalnya ada keluhan terkait kebijakan yang diambil, maka pemimpin wajib turun tangan langsung untuk menjelaskan permasalahan.

Apabila keluhan tersebut bersifat membangun dan mayoritas karyawan juga sependapat maka secara tidak langsung ada pertimbangan tambahan. Mekanisme keterbukaan dan saling membangun tersebut inilah yang tentunya akan menunjang kuatnya kepercayaan.

Langkah Praktis Membangun Kepercayaan: Memberikan Hak Sesuai Kesepakatan

Langkah praktis membangun kepercayaan yang kedua tentunya pada aspek layanan salary. Setiap perusahaan wajib memberikan gaji tepat waktu dan sesuai nominal yang telah disepakati pada saat kontrak kerja berlangsung.

Aspek ini semakin penting untuk diperhatikan sebab banyak sekali permasalahan yang bisa memicu konflik besar berawal dari hilangnya kepercayaan karyawan akibat tidak digaji sesuai kontrak. Sehingga kualitas kepercayaan akan semakin menurun.

Beberapa perusahaan bahkan akan mengalami gejolak besar seperti mogok kerja jika aspek gaji belum dipenuhi. Masalah ini wajib dihindari sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan kualitas perusahaan yang sehat.

Pemberian Bonus

Langkah praktis membangun kepercayaan ketiga adalah dengan memberikan bonus secara berkala kepada semua karyawan yang memiliki kinerja memuaskan. Selain memicu kepercayaan lebih tinggi, juga akan memberikan dampak kualitas layanan.

Kepedulian

Pemimpin juga wajib memberikan kepedulian lebih kepada semua karyawan jika terjadi permasalahan di dalam proses bekerja. Misalnya sakit atau sedang mengalami musibah, selama saling percaya maka kompensasi dalam bentuk cuti dan bantuan sangat berarti.

Berlaku Adil

Cara untuk membangun kepercayaan yang terakhir tentunya bersifat adil dalam segala hal. Sukses atau tidaknya perusahaan juga akan sangat bergantung adil atau tidaknya pemimpin atau juga karyawan selama melakukan proses pekerjaan.

Apabila ada satu pihak yang bersalah maka wajib mengakui dan menerima untuk ditegur sebagai dalih profesional. Begitu juga sebaliknya pemimpin tidak dianjurkan untuk pilih kasih kepada beberapa karyawan.

Lima langkah praktis membangun kepercayaan merupakan aspek dasar yang memang perlu untuk dilakukan secara bertahap.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

Codemi Publication

Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

Unduh Codemi Learning Report 2021

X