LMS

12 Strategi Komunikasi yang Efektif untuk Meningkatkan Performance Management

Terkadang setiap karyawan harus tahu bagaimana caranya menerapkan komunikasi yang efektif. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan performa manajemen perusahaan agar optimal.

Dalam sebuah divisi, sering terdapat dinding pembatas komunikasi di dalamnya. Dengan adanya pembatas, karyawan menjadi kurang produktif sehingga kinerja tim divisinya menurun.

Pembatas komunikasi bisa disebabkan oleh bahasa, emosi, gaya berbicara, status dan fisik orang lain. Komunikasi juga dibagi ke dalam 3 jenis yaitu verbal, tertulis dan non-verbal.

Dengan menerapkan strategi komunikasi yang baik dan efektif, semua itu bisa dihadapi bagi para karyawan. Anda bisa mempelajari strateginya untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif.

12 Bentuk Strategi Komunikasi yang Efektif

12 Strategi Komunikasi yang Efektif untuk Meningkatkan Performance Management

Di bawah ini ada 12 bentuk strategi yang bisa Anda gunakan secara langsung. Kedua belas strategi ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah dalam berkomunikasi di dunia kerja.

1. Perhatikan Gerakan Badan

Ketika berbicara, gerakan badan bisa memberikan kesan yang berbeda-beda. Baik itu gerakan tangan, ekspresi wajah dan tubuh lainnya harus diperhatikan. Tujuannya agar bisa menjaga sopan santun dalam berkomunikasi antar rekan kerja.

2. Kontrol Pandangan Mata

Komunikasi yang efektif bisa tercipta jika Anda mampu mengontrol tubuh dengan baik. Mata bisa memberi kesan tertentu seperti marah, senang, bercanda dan sedih. Dengan mengontrol pandangan mata, Anda bisa mengondisikan jalannya komunikasi antar pekerja.

3. Permintaan dan Timbal Balik

Dalam dunia kerja, permintaan dan timbal balik adalah satu hal yang biasa terjadi. Lingkungan kerja bisa semakin nyaman ketika semua orang berani berkomunikasi. Hal ini diterapkan pada saat meminta dan memberi timbal balik dengan bahasa yang mudah dimengerti.

4. Motivasi Kecil

Untuk menciptakan komunikasi yang efektif, Anda bisa memberikan motivasi kecil. Cara ini dapat digunakan untuk menyemangati seseorang ketika menyampaikan pendapatnya. Jadi dengan motivasi tersebut, kedua pihak bisa saling memahami satu sama lain.

Baca: Bagaimana Manager dapat Menumbuhkan Motivasi Pegawainya?

5. Jangan Mencela

Komunikasi yang baik bisa dilakukan ketika Anda tidak mencela pembicaraan orang lain. Pada saat menyampaikan pendapat atau ketika berbicara, sangat disarankan untuk tidak mencela. Anda juga bisa menjaga sopan santun ketika berkomunikasi dengan tidak mencela orang lain.

  1. Fokus pada Pembicara

Komunikasi yang efektif dilakukan ketika kedua pihak bisa memahami pesan di dalamnya. Di saat orang lain berbicara, pastikan Anda fokus pada topik yang dibahas. Dengan begitu jalan komunikasi akan lancar dan keduanya bisa mendapat kesepakatan bersama.

Baca: Fokus Pada 10 Hal Berikut agar Pembelajaran Daring Lebih Efektif

7. Cari Suasana Sepi

Jalannya komunikasi akan berjalan secara efektif jika berada di tempat sepi tanpa gangguan. Anda juga bisa memahami pesan yang disampaikan dengan lebih mudah di tempat sepi. Oleh sebab itu rapat dan diskusi banyak dilakukan diruang tertutup agar komunikasinya efektif.

8. Ikuti Kelas Publik Speaking

Dengan mengikuti kelas publik speaking Anda jadi tahu bagaimana cara membangun suasana komunikasi yang efektif. Biasanya di dalam kelas tersebut, banyak materi praktik yang bisa diambil hikmahnya dan Anda dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Baca: Public Speaking dan Urgensinya Bagi Karyawan

9. Hargai Ekspresi Orang Lain

Menghargai adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menjalin komunikasi efektif. Di saat orang lain berbicara Anda bisa mendengarkannya dengan seksama. Dengan menghargai orang lain, Anda juga bisa membangun hubungan yang baik di lingkungan kerja.

10. Perhatikan Nada Bicara

Intonasi dan nada bicara juga sangat penting untuk menjalin komunikasi yang efektif. Anda bisa mengatur jalannya komunikasi dengan intonasi kecil dan ramah. Jika nada bicara terlalu tinggi, maka lawan bicara akan merasa terganggu dan bisa terasa ketidaknyamanan.

11. Gunakan Kata yang Baik dan Benar

Pemilihan kata dalam berkomunikasi akan membantu Anda dalam menyampaikan pesan. Hal ini jadi poin penting yang harus diperhatikan untuk menjalin komunikasi efektif. Ketika kata yang digunakan sesuai topiknya, maka pesan akan diterima dengan baik oleh lawan bicara.

12. Cek Ulang Pesan

Komunikasi tertulis melalui pesan email atau chat harus dilakukan dengan baik. Anda perlu mengecek ulang gaya bahasa dan kata yang digunakan sebelum mengirimnya. Hal ini akan sangat membantu penerima pesan untuk memahami konteks yang ingin disampaikan.

Dengan kedua belas bentuk di atas, Anda bisa menjalin komunikasi yang baik di dunia kera. Kata, bahasa, intonasi dan ekspresi adalah hal penting dalam membangun komunikasi yang efektif.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Randi Bouty

    Salah satu tugas seorang perekrut atau HRD dalam sebuah perusahaan adalah memahami apa itu laporan rekrutmen. Laporan ini disusun saat seorang pere

    Randi Bouty

    Sebagai seseorang yang bekerja pada perusahaan, mungkin Anda sudah sedikit memahami apa itu konsultan rekrutmen. Profesi ini dapat membantu seseora

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X