Sekilas, customer agent sales dengan sales pada umumnya tidak jauh berbeda. Namun sebenarnya tidaklah demikian. Untuk menjadi seorang customer agent sales, setidaknya Anda perlu menguasai sejumlah skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales.
Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan customer agent sales ini? dan apa bedanya dengan sales pada umumnya. Bagi Anda yang penasaran mengenai hal itu, yuk cari jawabannya dengan menyimak sejumlah informasi di bawah ini!
Pengertian dan Rekomendasi Skill dan Kompetensi untuk Posisi Customer Agent Sales
Seperti namanya, customer agent sales merupakan salah satu profesi yang menggabungkan 2 peran sekaligus. Antara lain peran dari seorang sales pada umumnya, yang digabungkan dengan peran/profesinya sebagai customer service.
Dengan kata lain, customer agent sales merupakan gabungan antara sales dengan customer service. Untuk memahami mengenai profesi ini, sekaligus mencari tahu mengenai skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales, maka Anda perlu memahami kedua profesi tersebut.
Dalam arti profesi sales dan juga customer service. Sehingga nantinya, Anda bisa lebih mudah dalam menyimpulkan mengenai apa yang dimaksud dengan customer agent sales ini. Seperti diketahui, sales merupakan salah satu profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjual suatu produk/jasa.
Sementara customer service adalah profesi yang memiliki tugas untuk memastikan pelanggan merasa puas dengan produk yang telah dibelinya. Dengan kata lain, setelah pelanggan membeli produk/jasa dari sales, maka customer service akan memastikan bahwa pelanggan tersebut merasa puas dengan produk/jasa yang telah dibelinya dari sales tersebut.
Ikuti Kelas Agent Sales hanya di Codemi Learning Hub!
Cara paling ampuh customer service untuk memastikan hal itu dengan menanyakan langsung. Dapat melalui telepon, pesan chat, email, ataupun melalui kuisioner yang nantinya harus diisi oleh pelanggan.
Dari penjelasan diatas bisa diperoleh kesimpulan bahwa customer agent sales adalah seseorang yang memiliki skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales. Dimana dalam kesehariannya, customer agent sales akan melakukan penawaran dan penjualan produk/jasa.
Di sisi lain, customer agent sales juga akan memastikan bahwa pelanggan yang telah membeli produk/jasa darinya, bisa merasa puas dengan serta produk/jasa yang dijualnya tersebut. Termasuk diantaranya dengan pelayanan yang diberikan, saat dirinya menjalankan perannya sebagai sales.
Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa seorang customer agent sales memiliki 2 peran sekaligus. Peran pertama adalah sebagai seorang sales, sementara peran lainnya yaitu sebagai customer service.
Maka tak heran jika seorang customer agent sales merupakan orang berpengalaman dalam bidang penjualan (sales) serta pelayanan pelanggan (customer service). Pada umumnya, karakteristik dari customer agent sales ini bisa terlihat dari sejumlah skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales yang dimilikinya.
Tugas dari Customer Agent Sales
Untuk memudahkan Anda dalam memahami profesi ini, Anda bisa menyimak beberapa tugas dan tanggung jawab dari customer agent sales di bawah ini. Antara lain:
1. Menetapkan Strategi Penjualan
Meskipun memang menetapkan strategi penjualan ini merupakan tugas dari seorang marketing. Namun tidak ada salahnya, jika Anda memiliki skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales melakukan hal tersebut.
Sehingga proses penjualan yang dilakukan nantinya bisa cukup terarah, dan produk/jasa yang Anda jual bisa dengan mudah dibeli pelanggan. Hal ini dikarenakan, dengan adanya strategi penjualan ini, memungkinkan Anda bisa merencanakan langkah-langkah penjualan yang akan Anda ambil nantinya.
2. Mulai Menawarkan Produk/Jasa
Setelah menetapkan strategi penjualan, seorang customer agent sales biasanya akan langsung menawarkan produk/jasa. Jika biasanya Anda akan melihat sales melakukan penawaran secara door to door.
Maka tidak demikian dengan customer agent sales ini. Dimana seseorang yang menguasai skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales ini biasanya akan menawarkan produk/jasa melalui media sosial, marketplace, iklan pop up di website, melalui event ataupun media lainnya yang dirasa bisa dengan mudah diakses pelanggan/calon pelanggan.
3. Melakukan Proses Penjualan Sesuai Target Penjualan
Karena perannya masih berkaitan dengan bidang sales (penjualan), maka customer agent sales memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjual produk/jasa sesuai dengan target yang telah ditentukan perusahaan sebelumnya.
4. Memastikan Pelanggan Merasa Puas dengan Produk/Jasa yang Telah Dibelinya
Tak seperti sales pada umumnya, yang mana setelah proses penjualan terjadi, maka bisa dikatakan tugasnya telah bisa dikatakan selesai. Namun bagi seorang customer agent sales, hal tersebut bukanlah akhir dari semuanya.
Dalam arti, setelah proses penjualan dilakukan, maka customer agent sales memiliki tugas lainnya, yang tak lain adalah memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan produk/jasa yang dibelinya. Anda selaku customer agent sales bisa menanyakan hal tersebut secara langsung kepada pelanggan melalui sambungan telepon, email, pesan chat, ataupun memintanya untuk mengisi kuisioner.
5. Membantu Mencarikan Solusi
Tak bisa dipungkiri, bahwa selain banyak yang merasa puas dengan produk/jasa yang dibelinya. Namun mungkin saja ada beberapa pelanggan yang tidak merasa cukup puas dengan hal itu, dan mulai mengungkapkan kekecewaannya.
Untuk menanggapi hal itu, ada baiknya jika customer agent sales tersebut bisa membantu pelanggan dalam mencarikan solusi mengenai masalah yang tengah dhadapi pelanggan saat itu. Khususnya yang berkaitan dengan produk/jasa yang telah dibelinya beberapa waktu yang lalu.
6. Memastikan Bahwa Perusahaan akan Melakukan Beberapa Inovasi
Selain membantu dalam mencarikan solusi terhadap masalah yang dialami pelanggan yang berkaitan dengan produk/jasa. Maka seorang customer agent sales tersebut juga hendaknya bisa meyakinkan pelanggan, bahwa perusahaan akan melakukan beberapa inovasi sebagai langkah untuk mengatasi segala kekurangan yang ada pada produk/jasa yang telah dijual di pasaran selama ini.
Skill dan Kompetensi untuk Posisi Customer Agent Sales
Karena profesi customer agent sales ini merupakan salah satu profesi yang menggabungkan 2 profesi lainnya, yang tak lain adalah profesi sebagai sales dan juga customer service. Maka tentunya, skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales ini merupakan skill dan kompetensi dari gabungan 2 profesi tersebut.
Dimana skill dan kompetensi yang dimaksud meliputi:
1. Kemampuan untuk Berkomunikasi dan Public Speaking
Dalam melakukan penawaran secara langsung, ataupun untuk menanyakan kepuasan pelanggan, seorang customer agent sales perlu memiliki skill dan kompetensi dalam hal berkomunikasi. Bukan hanya sekedar berkomunikasi saja, seorang customer agent sales juga diharapkan memiliki skill di bidang public relation.
Dimana dengan skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales tersebut, memungkinkan customer agent sales bisa berbicara secara jelas, langsung kepada inti/permasalahan, serta mudah dipahami oleh lawan bicaranya, yang tak lain adalah pelanggan dan juga calon pelanggan.
2. Memiliki Kemampuan Persuasif
Selain dituntut untuk bisa memiliki kemampuan berkomunikasi dan juga public speaking, seorang customer agent sales juga diharuskan untuk bisa memiliki kemampuan persuasif. Dalam arti, customer agent sales harus bisa meyakinkan pelanggan/calon pelanggan untuk membeli produk/jasa yang dijualnya, melalui setiap ucapannya.
3. Memahami Mengenai Produk/Jasa yang Dijual
Skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales lainnya yang perlu dikuasai yaitu kemampuan untuk memahami produk/jasa yang dijual. Dengan kata lain, bagaimana Anda bisa menjual suatu produk/jasa, bilamana Anda tidak memahami keunggulan, kekurangan, fungsi dan komposisi dari produk/jasa tersebut, bukan?
Dengan kata lain, penting kiranya bagi seorang sales, customer service ataupun customer agent sales yang merupakan gabungan dari kedua profesi tersebut untuk bisa memahami produk/jasa yang dijualnya.
4. Mampu Berempati
Adakalanya, saat menanyakan kepuasan pelanggan, customer agent sales dihadapkan pada pelanggan yang merasa tidak cukup puas dengan produk/jasa yang dibelinya. Pada situasi seperti itu, dibutuhkan seorang customer agent sales yang memiliki empati yang tinggi.
Anda selaku customer agent sales bisa menunjukkan rasa empati Anda tersebut dengan cara mendengarkan keluh kesah dari pelanggan. Barulah setelah situasi kembali normal, Anda bisa menawarkan solusi terhadap permasalahan yang dialami pelanggan tersebut.
5. Bisa Berpikir Cepat
Dalam menghadapi pelanggan yang tidak merasa puas ataupun saat pelanggan menanyakan sesuatu mengenai produk/jasa yang Anda jual. Maka Anda sebagai customer agent sales harus berpikir dengan cepat untuk menjawab sejumlah pertanyaan tersebut.
6. Memiliki Kemampuan Problem Solving
Bukan hanya sekedar berempati dan berpikir cepat saja, hendaknya seorang customer agent sales juga bisa memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah yang dikenal dengan kemampuan problem solving.
Dimana skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales tersebut diperlukan agar pelanggan tidak berpindah pada perusahaan lainnya, yang menjual produk/jasa yang hampir sama dengan produk/jasa yang Anda jual.
7. Memahami Masalah Teknis
Selain sejumlah skill dan kompetensi diatas, skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales lainnya yang perlu Anda kuasai jika ingin bekerja di posisi tersebut yaitu kemampuan dalam memahami masalah teknis.
Dalam arti, saat melakukan pekerjaannya, seorang customer agent sales akan menggunakan sejumlah media sosial, marketplace ataupun sejumlah tools dan aplikasi, yang bisa mendukung pekerjaannya tersebut.
Dengan kata lain, selain menguasai sejumlah skill dan kompetensi seperti yang telah disebutkan di atas. Skill dan kompetensi lainnya yang perlu dikuasai customer agent sales adalah mampu mengoperasikan dan juga memahami sejumlah masalah teknis, mengenai tools dan aplikasi yang sering digunakan.
8. Mampu Mengelola Waktu dengan Baik (Time Management)
Skill dan kompetensi lainnya yang tak kalah penting bagi seorang customer agent sales adalah kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik, atau yang dikenal dengan time management. Karena seperti diketahui, customer agent sales memiliki pekerjaan yang lumayan banyak, yang semuanya menuntut untuk bisa diselesaikan dengan tepat waktu.
Dengan kata lain, jika customer agent sales tersebut tidak memiliki skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales mengenai time management ini. Maka mustahil baginya untuk bisa menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu, sesuai dengan target yang ditetapkan perusahaan.
Demikian informasi mengenai skill dan kompetensi untuk posisi customer agent sales ini. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. Penting kiranya untuk diketahui, bahwa customer agent sales ini merupakan gabungan antara sales dengan customer service. Dengan demikian, skill dan kompetensi yang dimilikinya juga haruslah merupakan gabungan dari kedua profesi tersebut.
Leave Comment
Your email address will not be published, Required fields are marked