LMS

Keuntungan Mengikuti Training Karyawan Secara Online

Pandemi Covid-19 memaksa semua orang untuk bekerja atau training karyawan secara online. Buktinya saja, Badan Pusat Statistik menyebut dari 39,5 juta karyawan, sebanyak 19,76% bekerja dari rumah secara formal.

Maka dari itu, pelatihan karyawan tetap perlu dilaksanakan agar mutu dan kualitas tenaga kerja tidak menurun walaupun kerjanya hanya dari rumah. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pelatihan karyawan? Mari simak penjelasannya pada artikel ini!

Pengertian Pelatihan Karyawan Online

Setiap karyawan yang baru memasuki perusahaan harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Kegiatan ini diadakan dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan teknis, efisiensi, dan nilai agar Anda dapat melakukan pekerjaan sebaik mungkin. 

Kehadiran pelatihan diyakini mampu meningkatkan skill Anda agar dapat berkembang secara keseluruhan. Berbeda dari pelatihan biasa, training online dilakukan dari jarak jauh.

Jenis pelatihan karyawan yang satu ini hanya mengandalkan video, animasi, forum diskusi, dan lain sebagainya lewat platform online. Anda bisa mendapatkan kemampuan atau pengetahuan baru hanya dengan membuka smartphone atau PC.

Berkat fleksibilitasnya, Anda bisa mengikuti pelatihan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, cara ini juga dianggap sangat efektif dalam memajukan karyawan sekaligus seluruh isi perusahaan. 

Fungsi Pelatihan Karyawan Online

Training karyawan online juga memiliki beberapa fungsi agar tujuan dapat tercapai. Adapun, beberapa tujuannya dapat Anda lihat dibawah ini:

Meningkatkan Produktivitas

Dengan mengikuti pelatihan karyawan secara online, produktivitas karyawan terbukti semakin meningkat. Pasalnya, pelatihan online dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Jadi, karyawan akan mengikuti pelatihan saat sudah ada waktu luang dan benar-benar bisa fokus pada pelatihan.

Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Selain karyawan, kinerja perusahaan juga semakin meningkat. Kehadiran para karyawan baru yang ber-skill ini akan membawa suasana dan harapan baru bagi perusahaan. Secara tidak langsung, Anda juga akan menaikkan rating perusahaan. 

Efektivitas dan Efisiensi

Fungsi yang terakhir adalah keefektifan dan keefisienan dari pelatihan itu sendiri. Menggunakan platform online sebagai media pelatihan mampu menghemat waktu sekaligus biaya.

Tujuan Pelatihan Karyawan Online

Tentu saja kegiatan ini diadakan dengan maksud dan tujuan tertentu. Sebenarnya, tujuannya sama saja seperti pelatihan karyawan pada umumnya. Beberapa tujuan training karyawan online adalah sebagai berikut: 

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tujuan utama dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan agar dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik. Calon utama pelatihan kerja adalah karyawan-karyawan baru yang masih kurang terampil dalam bekerja.

Dengan adanya pelatihan ini, Anda akan meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk memenuhi peran di perusahaan Anda. Alhasil, Anda pun dapat menyumbang dampak positif yang besar bagi kemajuan perusahaan.

Pelatihan secara online mungkin memang tidak dapat memecahkan semua masalah. Namun, setidaknya kegiatan ini dapat berguna dan berdampak besar bagi kemampuan individu Anda. Keterampilan yang Anda pelajari nantinya dapat diaplikasikan untuk memberikan kinerja yang lebih baik.

Meningkatkan Keterikatan

Selain itu, pelatihan karyawan secara online juga dapat mengikat Anda pada perusahaan. Menurut beberapa pengamat, karyawan yang sudah terikat cenderung memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Melalui pelatihan ini, Anda akan dilibatkan secara terus-menerus dan dalam jangka waktu panjang. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan adanya komunikasi dua arah mengenai pendapat dan cara kerja internal.

Jadi, karyawan akan selalu mengetahui hal-hal yang terjadi. Pelatihan yang diberikan demi pengembangan SDM juga mampu menjadi motivasi yang kuat bagi Anda. 

Saat mengikuti training, Anda akan terdorong untuk lebih terlibat dalam pekerjaan dan seluruh komponennya. Alhasil, Anda juga akan menjadi lebih percaya diri, bersemangat, dan kreatif dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Memperbaiki Retensi Karyawan 

Tujuan yang terakhir adalah untuk memperbaiki retensi karyawan. Anda pasti sudah tahu bahwa proses perekrutan dapat memakan waktu yang lama. Tentu saja perusahaan tidak ingin hal itu terbuang sia-sia.

Dengan adanya training karyawan, kemungkinan merekrut karyawan berkualitas dan kompeten jauh lebih besar. Meskipun sama-sama ada biaya, tapi mengadakan pelatihan dan pengembangan jauh lebih hemat daripada merekrut karyawan baru. 

Kegiatan pelatihan juga diadakan sebagai bentuk penghargaan terhadap karyawan. Hal ini menjadi bukti bahwa perusahaan sudah berkomitmen untuk memberikan fasilitas yang layak bagi para karyawan. 

Manfaat TrainiKaryawan Online

Berbagai fungsi dan tujuan yang dijalankan tentu saja akan mendatangkan banyak manfaat bagi Anda sebagai karyawan. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa manfaat seperti yang dijabarkan pada penjelasan dibawah ini:

Menghemat Biaya

Sebagai karyawan, Anda juga diharuskan untuk mengeluarkan biaya selama program pelatihan tatap muka. Meskipun tidak terang-terangan, tapi secara tidak langsung Anda harus membayar biaya transportasi, makan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya pelatihan secara online, Anda akan lebih menghemat biaya. Dalam training karyawan secara online, Anda hanya butuh smartphone atau PC dan jaringan internet.

Lebih Fleksibel

Pelatihan karyawan yang diadakan secara online juga jauh lebih fleksibel daripada pelatihan offline. Jika pelatihan diadakan secara tatap muka, Anda harus mengikuti jadwal perusahaan dan datang tepat waktu meskipun Anda sedang memiliki urusan penting.

Berbeda dengan pelatihan online, Anda bisa mengakses materi pelatihan dimanapun dan kapanpun. Jadi, Anda bisa mengikuti pelatihan walaupun sedang melakukan kegiatan lain.

Pembelajaran Berkelanjutan 

Dalam sistem pelatihan online, materi yang diberikan dapat dibaca berulang kali tanpa batasan. Pasalnya, materi pelatihan memang diberikan dalam bentuk dokumen, foto, video, atau data. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari berbagai hal tanpa perlu membawa modul pelatihan.

Hasil Kerja Langsung Dinilai

Meskipun pelatihan diadakan secara online, tapi setiap karyawan tetap memiliki kewajiban dan tanggung jawab atas kemudahan yang sudah didapatkan. Bila Anda ingin dinyatakan lulus, Anda harus mengikuti quiz, menjawab soal, atau sistem ujian lain yang diberikan perusahaan.

Nantinya, Anda dapat langsung melihat nilai Anda berkat fitur scoring. Bila dilihat dari waktu, pelatihan online juga jauh lebih singkat dan efisien, bukan?

Jangkauan Luas

Pelatihan yang diadakan secara online dapat menjangkau semua orang tanpa terbatas ruang dan waktu. Pasalnya, jenis pelatihan ini memang mengandalkan fitur-fitur yang disediakan di dunia maya. Dalam dunia maya, jarak dan waktu bukanlah hal yang berarti. 

Anda hanya butuh gadget atau PC dan koneksi internet untuk dapat melakukan pelatihan dari tempat masing-masing. Bahkan, Anda juga bisa mengakses video conference dari semua cabang perusahaan secara bersamaan.

Membangun Interaksi Sosial

Sama seperti pelatihan yang diadakan secara offline, pelatihan online juga dapat membangun interaksi sosial antar karyawan maupun antara karyawan dengan petinggi perusahaan. Seperti yang diketahui, pelatihan online memang diadakan lewat suatu platform yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Salah satu fitur tersebut adalah forum diskusi. Lewat fitur ini, Anda bisa bercengkrama, berdiskusi, berdebat, atau hanya sekedar bertanya kepada para rekan kerja dan kolega.

Kelola dan lakukan online training anda dengan platform Codemi Learning untuk memaksimalkan performa training karyawan anda.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Memasuki era digital, cara belajar mulai berubah dari textbook-based atau berdasarkan buku sekolah beralih ke e-learning (electronic learning) atau

Codemi Publication

Perencanaan program pengembangan SDM adalah hal yang tidak bisa diabaikan oleh seorang HRD. Tugas tersebut diemban oleh divisi human resource di da