Keunggulan Blended Learning dalam Peningkatan Kualitas Karyawan

Keunggulan blended learning menjadikan metode ini semakin diminati oleh berbagai perusahaan dalam rangka peningkatan kinerja serta produktivitas karyawannya. Mengingat saat ini nilai unggul perusahaan tidak lagi dari kepemilikan teknologi, tetapi juga kualitas SDMnya. Semakin terampil atau kompeten, semakin banyak inovasi serta terobosan barunya.

Metode ini sendiri merupakan sebuah penggabungan antara kematangan masyarakat dalam menggunakan internet serta pelaksanaan pembelajaran sebagaimana kelas konvensional pada umumnya. Ini akan menjembatani proses belajar pesertanya. Apabila sulit memahami secara mandiri, terdapat fasilitas kelas dan diskusi dengan ahlinya. Sedangkan yang suka belajar mandiri, bisa menikmatinya.

Terkadang cara belajar ini disamakan dengan e-learning. Padahal secara esensi terdapat perbedaan. E-learning mengandalkan keterampilan mandiri dalam mencari data, mengolah informasi, serta menemukan temuan baru. Namun dalam blended learning, struktur materi, bahan, serta media belajar telah disediakan. Sehingga bisa diikuti oleh berbagai pihak untuk menyeragamkan pemahaman.

Ketahui Keunggulan Blended Learning bagi Pelatihan

Pemilihan teknik pembelajaran ini tidak terlepas dari berbagai kelebihannya. Terlebih saat ini berbagai tingkat pendidikan mulai dari formal maupun non formal menggunakannya. Bahkan perguruan tinggi ternama juga menjadikannya sebagai alternatif untuk menjangkau mahasiswa yang jaraknya jauh. Begitu juga perusahaan, dapat mengadopsinya untuk peningkatan kualitas SDM.

Memudahkan proses pembelajaran dan pelatihan

Tidak perlunya ruang kelas, jam khusus, buku fisik, memberikan kemudahan dalam proses pelatihannya. Terlebih lagi kini melalui telepon pintarnya dapat mengakses berbagai aplikasi maupun platform pembelajaran. Blended learning tentunya sangat membantu para peserta maupun perusahaan, karena segala prosesnya bisa dilakukan melalui perangkat digital. 

Fleksibel dalam pemecahan masalahnya

Adanya sistem chat atau grup diskusi memungkinkan peserta yang belum memahami atau menghadapi suatu kendala bisa langsung membuat topik diskusi. Dari topik tersebut nantinya akan berkembang berbagai pembicaraan, inovasi pemecahan masalah, serta muncul solusi yang paling tepat. Selain itu, bisa juga berkonsultasi dengan ahlinya melalui chat kapan saja. 

Kerja sama terasah melalui program kolaborasi

Upaya untuk memotivasi serta mendorong kreativitas bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu kompetisi dan kolaborasi. Dalam metode ini, kolaborasi menjadi titik tekan bersama. Sehingga berbagai masalah coba diselesaikan solusi terbaiknya melalui kolaborasi antar peserta. Dengan pembiasaan demikian, ketika menghadapi problem ketika kerja, karyawan siap berkolaborasi memecahkannya.

Proses Persiapan Pelatihan Berbasis Digital

Untuk mengoptimalkan keunggulan Blended Learning dalam meningkatkan kualitas karyawan perlu persiapan yang mumpuni terlebih dahulu. Pertama yang harus disiapkan adalah rangkaian materi. Pastikan output dari pelatihan tersebut jelas. Contohnya apakah ingin karyawan bisa mengoptimalkan software grafis bagi para marketing. Sehingga rentetan materinya akan terarah dengan baik.

Kedua persiapkan berbagai sumber belajar serta medianya. Contohnya untuk memberikan pengetahuan tentang software grafis, apakah menggunakan video, tutorial, berbicara dengan ahli, atau menggunakan e-book. Pastikan sesuai dengan karakteristik pegawainya, sehingga mereka bisa lebih termotivasi dan bersemangat ketika harus menjalankan pelatihannya.

Terakhir adalah persiapkan platform digitalnya. Tentukan bagaimana proses pembagian materinya, bagaimana peserta bisa mengaksesnya, serta bagaimana cara kontrol atau motivasinya. Tentunya harus dibuat menarik serta menyenangkan bagi para karyawannya agar semakin bersemangat. Dengan demikian setelah pelatihan selesai, kualitas kerjanya juga meningkat. 

Optimalkan Keunggulan Blended Learning dengan LMS

Pelaksanaan berbasis digital sedikit berbeda dibandingkan via konvensional. Salah satunya membutuhkan berbagai input, analisis, serta klasifikasi informasi. Yang tentu saja sangat sulit dilakukan secara manual. Karenanya bisa memanfaatkan teknologi LMS (learning management system). Melaluinya dapat dengan mudah mengontrol pendaftaran, pelaksanaan, serta evaluasi.

Salah satu platform digital yang menyediakan serta membantu berbagai perusahaan dalam mengelola pelatihan daring mereka adalah Codemi. Telah dipercaya serta berpengalaman dalam membantu menyediakan sistem pembelajaran online secara terpadu dan rapi. Terlebih telah tersedia berbagai materi atau konten edukasi yang siap digunakan apabila perusahaan belum mempersiapkan.

Untuk memanfaatkan platformnya bisa dengan mengunjungi saja laman resminya di https://codemi.co.id/. Ada berbagai manfaat yang didapatkan dalam menggunakan platform tersebut. Mulai dari kemudahan dalam mengelola sistem pembelajaran, memantau perkembangan peserta, serta mengukur kualitas karyawan yang mengikuti programnya.

Kualitas karyawan senantiasa menjadi perhatian utama bagi perusahaan. Selain sebagai penunjang berbagai tugas penting, juga menjadi penggerak utama dalam menemukan berbagai inovasi serta pengembangan perusahaan. Karenanya perlu dilakukan pelatihan dengan mengoptimalkan keunggulan blended learning menggunakan platform Codemi.


Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Apa itu pembelajaran kolaboratif? Secara singkat, pembelajaran kolaboratif adalah metode pembelajaran yang mendorong peserta untuk membentuk tim da

Apa yang menjadikan sebuah perusahaan dinilai hebat? Ada yang menjawab modal usaha yang besar, ada pula yang mengatakan laba usaha yang meningkat s