Kelola To-Do List Karyawan Dalam Fitur Mission

Banyak orang memiliki terlalu banyak pekerjaan dan goals dalam satu waktu. Bergerak dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain atau satu proyek ke proyek yang lain. Tumpukan pekerjaan ini kerap menjadi sumber stres karena membuat kita selalu merasa tidak punya banyak waktu. Bukan tidak mungkin, dalam daftar pekerjaan yang panjang ada yang terlewat untuk dilakukan. Dalam kondisi seperti ini mungkin yang Anda butuhkan adalah membuat to-do list.

To-Do List adalah daftar aktivitas atau pekerjaan yang harus dilakukan. Saat memiliki pekerjaan yang beragam, membuat daftar yang harus dilakukan dapat menjadi solusi agar pekerjaan terselesaikan dengan baik sesuai tenggat waktunya. Daftar pekerjaan ini juga dapat mengurangi perasaan overwhelmed ketika dihadapkan dengan seabrek pekerjaan.

Menurut penelitian yang dilakukan Shamarukh Cowdury, orang yang membuat to-do list secara formal dan tertulis cenderung untuk tidak menunda pekerjaan tersebut dibandingkan dengan mereka yang hanya membayangkan daftar pekerjaannya atau menulis di sembarang tempat seperti di balik kertas struk atau tisu.

Selain itu, momen ketika menyelesaikan satu pekerjaan dan mencoret dari daftar ternyata menjadi momen yang sangat menyenangkan. Momen ini justru memberi dorongan sehingga meningkatkan semangat dan kepercayaan diri untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Tips Membuat To-Do List

Walaupun to-do list merupakan solusi yang baik dalam mengurai pekerjaan yang menumpuk, tetapi ada kalanya daftar tersebut tidak bekerja dengan baik. Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat daftar pekerjaan yang efektif.

  • Mulai Dari Langkah Kecil

Pikirkan pekerjaan yang Anda hadapi terutama pekerjaan yang membuat stres dan khawatir. Susun hal yang dapat dilakukan dalam 24 jam ke depan untuk membantu membuat kemajuan pada pekerjaan tersebut. Tidak harus menyelesaikan semuanya, cukup temukan 1-2 langkah kecil yang dapat dilakukan untuk membuat progres.

  • Buat Daftar yang Actionable dan Spesifik

Kesalahan yang banyak dilakukan dalam membuat to-do list adalah menulis daftar tujuan/goals bukan aktivitas sederhana yang dapat langsung dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh sebab itu, buatlah daftar pekerjaan yang actionable atau dapat langsung dilakukan dan sespesifik mungkin. Ini membantu Anda untuk langsung menyelesaikannya karena mudah untuk dilakukan.

  • Jadwalkan Waktu

Tidak hanya membuat daftar yang panjang, Anda juga harus menjadwalkan kapan pekerjaan tersebut harus dilakukan. Daftar pekerjaan ini bisa dijadwalkan secara spesifik dan ditambahkan ke kalender/pengingat, atau bisa juga cukup dengan disusun sesuai prioritas karena sifatnya fleksibel.

Kesimpulannya, to-do list merupakan solusi yang tepat ketika pekerjaan menumpuk dan membuat stres. Dengan daftar yang efektif dan penggunaan yang konsisten, akan sangat membantu Anda untuk mencapai goals yang diinginkan.

Codemi mengakomodasi kebutuhan karyawan untuk mengelola to-do list di dalam Learning Management System. Melalui fitur Mission, karyawan dapat mengelola daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Tidak hanya itu, daftar pekerjaan tersebut juga dapat dipantau oleh atasan sehingga pekerjaannya terlacak dengan baik. Fitur Mission juga terhubung dengan fitur Report sehingga memungkinkan untuk mendapatkan laporan progres to-do list dari pekerjaan mereka.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Anda pasti sering mendengar pertanyaan apa itu organizational skills, apalagi bagi Anda yang bekerja di suatu perusahaan. Dalam dunia kerja, kita a

Codemi Publication

Peranan binatang peliharaan itu begitu penting sekali di era pandemi corona seperti sekarang ini. Karena hewan bisa menjadi cara terbaik untuk memb