Kegiatan Pengembangan Diri yang Dapat Dilakukan oleh Para Karyawan

Setiap orang memiliki potensi diri yang harus terus dikembangkan guna meningkatkan kualitas sebagai individu, sehingga mampu mengikuti persaingan, khususnya di dunia kerja. Dibekali ilmu pengembangan diri, seorang karyawan memiliki peluang untuk meraih karir yang lebih besar.

Ada beberapa jenis kegiatan dalam pembahasan kali ini yang bisa diikuti oleh para karyawan untuk dapat mengembangkan potensi diri di lingkungan kerja. Tentunya, kegiatan tersebut akan menguntungkan dan bermanfaat untuk karir karyawan di masa mendatang.

Definisi Pengembangan Diri

Berdasarkan definisinya, pengembangan diri atau personal development adalah proses yang dilakukan seseorang guna memenuhi kebutuhan aktualisasi diri agar memiliki kompetensi dan kualitas yang lebih baik.

Ruang lingkup pengembangan lebih luas, mencakup kebutuhan secara umum yang dapat digunakan untuk jangka panjang, hasilnya tidak dapat diukur secara langsung sehingga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, dan membantu menangani perubahan yang terjadi seiring perjalanan waktu.

Tujuan Pengembangan Diri

Aktivitas pengembangan diri diadakan untuk mewujudkan tujuan tertentu antara lain seperti:

  1. Memberikan kesempatan ruang untuk individu yang ingin mengembangkan serta mengekspresikan potensi diri, minat, bakat, kebutuhan akan ilmu yang dapat menunjang bidang pekerjaan.
  2. Mempersiapkan individu agar dapat bertanggung jawab terhadap tugas yang berbeda atau lebih besar, hal ini penting bagi karyawan yang ingin naik jabatan.
  3. Memperbarui keahlian, kemampuan, dan pengetahuan individu sejalan dengan perkembangan yang ada.
  4. Meningkatkan produktivitas individu, baik saat di kantor maupun bekerja dari rumah.
  5. Mengarahkan individu untuk dapat berorientasi pada organisasi atau perusahaan.
  6. Membantu menghadapi perubahan dalam pekerjaan yang bisa terjadi atau memecahkan permasalahan operasional secara tepat dan cepat.
  7. Membentuk individu yang profesional dalam bekerja.
  8. Mempersingkat waktu belajar karyawan.
  9. Transfer keahlian dan regenerasi kaderisasi (pembangunan kualitas yang lebih baik kepada para karyawan).
  10. Memperbaiki kualitas karyawan yang berpengaruh terhadap pelayanan atau produk yang dihasilkan, sehingga membantu perusahaan dalam menarik perhatian klien baru.
  11. Meningkatkan masa kerja karyawan (retensi karyawan).

Manfaat Pengembangan Diri

Selain tujuan, mengikuti kegiatan pengembangan diri mempunyai sejumlah manfaat yang bisa didapat oleh para karyawan, di antaranya:

  1. Para karyawan lebih mampu untuk membuat atau mengambil keputusan secara lebih bijak dan baik.
  2. Terjadinya peningkatan kemampuan yang lebih baik daripada sebelumnya perihal penyelesaian berbagai persoalan yang dihadapi oleh para karyawan.
  3. Menjadi motivasi atau dorongan agar para karyawan senantiasa meningkatkan kinerjanya.
  4. Karyawan lebih mampu meminimalisir frustasi, konflik, persoalan, dan stress sehingga nantinya akan dapat memperbesar tingkat kepercayaan diri.
  5. Tersedianya berbagai informasi baru mengenai program yang berkaitan dengan bidang pekerjaan sehingga dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan kemampuan, baik secara intelektual maupun teknikal.
  6. Kepuasan kerja yang didapat semakin meningkat.
  7. Kemampuan dan potensi diri yang dimiliki lebih diakui.
  8. Semakin menambah tekad untuk dapat bekerja secara lebih mandiri.
  9. Mengurangi ketakutan dan mengenali sejak dini tentang tugas baru yang akan dihadapi di masa mendatang.
  10. Meningkatkan kualitas dan kompetensi karyawan.
  11. Memotivasi karyawan untuk lebih dapat dapat lebih berprestasi.

Ragam Kegiatan Pengembangan Karyawan

Terdapat sejumlah kegiatan pengembangan diri yang bisa dilakukan untuk menambah pengalaman bagi para karyawan, sehingga nantinya dapat dipergunakan untuk mendongkrak produktivitas agar dapat bekerja dengan lebih efektif. Apa saja kegiatan pengembangan diri itu?

Meningkatkan Taraf Pendidikan

Program pendidikan dapat membantu karyawan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan. Mengingat hal tersebut kini sedang menjadi tren, bahwa latar belakang pendidikan seseorang sangat diperhitungkan untuk diberi kesempatan menempati posisi terbaik.

Maka dari itu, kegiatan ini biasanya diperuntukkan bagi karyawan yang berpotensi untuk memiliki jabatan lebih tinggi, akan tetapi pendidikan sebelumnya masih belum mumpuni, sehingga dirasa perlu untuk mengembangkan ilmu serta pendidikan yang dimilikinya.

Magang antar Departemen

Pelaksanaan magang kerja dapat berlangsung selama 1-3 bulan di luar atau di dalam perusahaan. Tiap departemen tentu membutuhkan kemampuan khusus sesuai bidang yang dituju. Perusahaan dapat melakukan upgrade kemampuan karyawannya melalui magang ini.

Magang internal misalnya, karyawan posisi marketing berkesempatan magang di bagian administrasi agar memiliki kemampuan manajemen yang baik. Sedangkan eksternal, misalnya karyawan terbaik dikirim untuk magang di cabang perusahaan yang bertempat di luar negeri.

Seperti catatan dari Kemnaker, pada tahun 2019 jumlah peserta magang yang pernah diberangkatkan lewat IM Japan sejumlah 2.322 orang atau total 22,26 persen peserta magang di luar negeri. Sedangkan yang non-IM tercatat 77,74 persen atau 8.108 orang.

Mengembangkan Kemampuan Interpersonal

Program ini dimaksudkan untuk mempertajam kemampuan yang telah dimiliki. Misalnya, skill seperti kepemimpinan, wawasan seputar bidang yang digeluti, metode yang dimiliki untuk mengembangkan bisnis hingga problem solving untuk meningkatkan nilai diri karyawan.

Selain itu, kesadaran diri pun juga penting untuk ditingkatkan. Lebih bijak dalam menilai kebutuhan maupun masalah yang sedang dihadapi dan pandai menemukan metode yang sedang berkembang dalam bisnis, sehingga mampu meningkatkan kemampuan yang sudah dimiliki.

Mentoring

Karyawan suatu saat akan memasuki masa pensiun. Maka dari itu, diperlukan regenerasi kaderisasi yang bisa dilakukan melalui mentoring. Pelatihan secara berkala dapat menjadi ruang pengembangan diri bagi karyawan yang nantinya berencana untuk naik jabatan.

Tak hanya pada karyawan baru saja, program transfer keahlian ini juga boleh diikuti oleh karyawan terbaik yang lebih dulu berkecimpung agar dapat menjadi trainer yang handal bagi rekan kerjanya yang lain.

Job Enrichment

Program ini bisa dianggap semacam suatu uji kelayakan terhadap karyawan sebelum menempati jabatan baru. Biasanya, karyawan akan diberikan tugas tambahan pada posisi yang sama untuk melihat sejauh mana karyawan tersebut mampu mengemban tanggung jawabnya.

Misalnya, karyawan yang diberi kepercayaan untuk menangani proyek yang lebih besar dari sebelumnya baik di lingkungan internal maupun eksternal perusahaannya, atau karyawan yang ditugasi menggantikan sementara pimpinannya yang sedang cuti.

Pemantapan Posisi

Pemantapan posisi diadakan untuk mempersiapkan karyawan agar lebih fleksibel dalam menjalankan tugasnya. Perusahaan akan menyediakan kegiatan pemantapan materi pada segala posisi, Anda bisa memanfaatkan pembelajaran ini.

Pembelajaran dalam kegiatan ini lebih kepada pemberian tanggung jawab guna mencapai kriteria pengembangan yang diharapkan. Tanggung jawab yang diberikan terkait dengan jabatan, bisa secara vertikal ataupun horizontal.

Pelatihan On The Job

Banyak perusahaan besar yang membuka peluang besar bagi mereka yang memiliki pendidikan tinggi. Tapi tak perlu khawatir, banyak juga perusahaan yang menyediakan pelatihan on the job bagi kandidat yang dinilai cukup memiliki potensial.

Program on the job pada umumnya diperuntukkan untuk karyawan baru. Meskipun begitu, karyawan lama pun juga diberi kesempatan untuk bisa mengikuti pelatihan semacam ini, khususnya bagi karyawan yang hendak mengalami rotasi posisi atau pergantian posisi.

Anda juga bisa melakukan pelatihan on the job secara online dengan memanfaatkan LMS Codemi Learning. Dengan fitur on the job learning dari Codemi anda bisa melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan karyawan anda.

Mengikuti sejumlah kegiatan pengembangan diri yang telah disebutkan di atas tentu sangat bermanfaat untuk dilakukan. Apapun profesi dan posisi Anda, intinya adalah mengembangkan potensi diri sangat diperlukan untuk menciptakan diri yang berkualitas dan kompeten.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

  • image

    Pengembangan potensi diri sangat penting tetapi harus dimulai dari kesadaran dan niat masing2 karyawan nya perlu ada mindset pembelajaran atau learning agility yang tinggi.

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Meskipun pertumbuhan penduduk sangat besar, ternyata tidak dibarengi dengan pertumbuhan afeksi, banyak orang merasa selalu kesepian meskipun sedang

Codemi Publication

Leadership training atau yang terkadang disebut dengan pelatihan kepemimpinan merupakan salah satu bentuk pelatihan yang bertujuan untuk mengembang