LMS

Jenis–jenis dan Manfaat Training untuk Karyawan

Secara umum, banyaknya perusahaan training terbaik di Indonesia telah menunjukkan eksistensinya dalam menghasilkan bibit – bibit calon karyawan yang mampu secara unggul mandiri untuk bekerja secara optimal di sebuah perusahaan. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari peranan penting perusahaan dalam memberikan program training karyawan bukan? Lantas, apa saja jenis – jenis dan manfaat dari training untuk karyawan dalam sebuah perusahaan? Bagi Anda yang mungkin masih penasaran dengan training untuk karyawan, ada baiknya simak penjelasan lengkapnya seperti di bawah ini.

Pengertian training karyawan

Training karyawan merupakan suatu bentuk pelatihan dalam proses pendidikan yang diberikan perusahaan untuk menunjang pengetahuan dan keterampilan karyawan agar menjadi lebih baik lagi ke depannya. Dengan adanya training untuk karyawan, maka produktivitas dan efisiensi karyawan dapat lebih meningkat. Biasanya, training karyawan akan diberikan bagi karyawan baru maupun karyawan yang sudah lama bekerja di sebuah perusahaan itu sendiri. Untuk sistem pelatihan karyawan sendiri, biasanya diberikan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan perusahaan dan sifatnya berkala serta tidak berkelanjutan.

Jenis – jenis training karyawan

Pada umumnya, jenis – jenis training untuk karyawan yang diberikan oleh perusahaan diberikan sesuai dengan program training karyawan yang diberikan. Berikut ini ada beberapa jenis training untuk karyawan dengan berbagai sistem pelatihan karyawan yang telah ditetapkan.

On the job training (sistem pelatihan di luar kelas)

Umumnya, jenis training ini digunakan bagi karyawan yang sedang bekerja sambil belajar. Dalam praktiknya, karyawan akan ditempatkan di arena dan diawasi oleh beberapa atasan perusahaan. Di antaranya seperti manajer, kepala departemen maupun supervisor. 

Off the job training (sistem pelatihan di dalam kelas)

Meskipun sama – sama berlangsung dalam ruangan, untuk off the job training lebih beragam caranya. Di antaranya seperti konferensi, seminar, kuliah, studi kusus, belajar kelompok dan lain – lain.

Apprenticeship (magang)

Jenis tranining ini dapat dikatakan sebagai gabungan dari pelatihan kerja dengan pengalaman kerja. Biasanya, program training karyawan magang memiliki periode training yang lebih panjang, yakni selama satu tahun bahkan lebih. Hal ini tergantung pada kontrak antara perusahaan dengan karyawan itu sendiri.

Internship

Dikatakan hampir mirip dengan apprenticeship, jenis training ini memiliki waktu pelaksanaan yang relatif lebih singkat. Yakni dalam hitungan minggu atau bulan. 

Simulasi

Biasanya, training ini diberikan kepada karyawan untuk menduplikasi sebanyak mungkin mengenai kondisi aktual yang dihadapi karyawan dalam mengerjakan pekerjaan tertentu.

Training vestibular

Jenis training vestibular ini menempatkan karyawan bekerja langsung di dalam ruangan khusus yang telah disediakan oleh perusahaan. Biasanya, training ini akan diberikan karyawan dengan bantuan peralatan atau mesin yang identik dengan pekerjaan yang dilakukan.

Kursus spesifik

Training kursus spesifik ini umumnya diberikan dalam bentuk pemutaran film, kuliah, konferensi dan lain – lain untuk mengedukasi para karyawan.

Pelatihan yang diberikan karyawan senior

Adanya pelatihan yang diberikan karyawan senior ini, bukan tidak mungkin menjadikan mereka sebagai trainer sempurna untuk memberikan pengalaman yang nyata dan akurat bagi karyawan lain.

Demonstrasi dan contoh

Para trainer biasanya akan mendemonstrasikan mengenai bagaimana cara melakukan pekerjaan yang harus dikuasai oleh karyawan itu sendiri. Dengan kata lain, training ini dapat ditiru oleh karyawan lain.

Baca juga : 5 Tips Sukses Menerapkan Program Pengembangan Karyawan

Manfaat training karyawan

Pada prinsipnya, perusahaan training terbaik di Indonesia akan memberikan sistem pelatihan karyawan dan program training karyawan yang memberikan manfaat tak ternilai di masa mendatang. Tentu saja, hal ini akan menjadikan keuntungan dan peluang tersendiri bagi perusahaan bukan? Di bawah ini ada beberapa manfaat yang diberikan jika perusahaan tersebut menerapkan training secara khusus untuk karyawan dengan baik sesuai metode pelatihan yang diberikan :

  • Mampu memiliki para calon – calon leader yang baik dan paham dalam menjalankan tanggung jawab perusahaan di masa mendatang.
  • Dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dalam kinerja karyawan di dalamnya.
  • Mampu mendapatkan karyawan – karyawan yang memiliki moral dan komitmen yang lebih baik ke depannya.
  • Dapat pengembalian investasi yang lebih besar dari training yang dilakukan untuk karyawan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

4 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Kezia Amalia

    Sudahkah Anda tau cara memaksimalkan LMS atau Learning Management System? Dikenal sebagai sistem yang mampu memberi kemudahan bagi manusia, dalam m

    Codemi Publication

    Setelah menyelesaikan krisis Covid-19 dan akhirnya kembali ke pengaturan kerja para profesional dan pemimpin industri HR kembali mendapatkan tugas

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X