LMS

Inilah Alasan Tingginya Tingkat EQ Tingkatkan Produktivitas

Ada beberapa alasan tingginya tingkat EQ dapat meningkatkan produktivitas kerja. Salah satunya antara lain karyawan dengan EQ tinggi dapat meningkatkan komunikasi. Tidak hanya itu saja, masih banyak alasan penting lainnya.

Saat ini, soft skill seperti kecerdasan emosional, empati dan integritas, memang semakin diminati oleh karyawan dan pemimpin. Hal tersebut dianggap penting untuk masa depan pekerjaan, kompetensi emosional serta sosial.

Kecerdasan emosional sendiri adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi diri sendiri dan orang lain. Mereka dengan EQ tinggi memiliki kecenderungan untuk bisa lebih berempati terhadap sesama.

Alasan Tingginya Tingkat EQ Tingkatkan Produktivitas

Terdapat beberapa alasan mengapa tingginya tingkat kecerdasan emosional seseorang mampu mempengaruhi tingkat produktifitas. Jadi dalam mempekerjakan karyawan, tidak hanya IQ yang perlu diperhatikan tetapi juga EQ.

Empati orang dengan kecerdasan emosional tinggi dapat meningkatkan komunikasi

Dengan kebijaksanaan, kepekaan dari individu yang sangat cerdas secara emosional. Mampu menyesuaikan gaya komunikasinya dengan kelompok yang berinteraksi dengannya. Komunikasi empatik ini memungkinkan terjadinya percakapan yang terbuka, jujur, dan konstruktif.

Kesadaran diri ini, memungkinkan mereka untuk bisa menjadi pendengar yang baik bagi orang lain. Dengan maksud untuk memahami perasaan orang tersebut, jadi bukan hanya sekadar menanggapi saja.

Adanya perbedaan yang nantinya mungkin terjadi, akan dimanfaatkan untuk menciptakan kepercayaan diri dalam tim. Agar dapat menghindari kesalahpahaman serta untuk mempromosikan budaya kerja yang positif.

Kemampuan beradaptasi bisa mendorong pemecahan masalah dan inovasi

Alasan tingginya tingkat EQ bisa meningkatkan produktivitas adalah karena kemampuan mereka dalam beradaptasi bisa mendorong pemecahan masalah. Sebab tidak dapat dipungkiri, perubahan itu tidak dapat dihindari.

Karyawan dengan EQ tinggi mudah untuk beradaptasi dengan orang-orang serta keadaan yang ada di sekitarnya. Hal tersebut membuat orang-orang tersebut lebih terbuka terhadap ide-ide baru. Serta bisa mengeksplorasi solusi inovatif.

Tidak hanya itu saja, mereka juga pandai menerapkan emosi dengan tepat untuk mengelola dan memecahkan masalah. Bisa menerima umpan balik dan kritik yang membangun serta menyalurkannya ke arah positif.

Motivasi intrinsik mereka bisa menyelesaikan sesuatu

Selanjutnya, alasan tingginya tingkat EQ bisa tingkatkan produktivitas ialah karena motivasi intrinsik mereka dapat menyelesaikan sesuatu. Sebab individu yang cerdas secara emosional memiliki kecenderungan lebih mandiri serta disiplin.

Itu berarti mereka proaktif dalam mengambil inisiatif dan memastikan bahwa pekerjaan selesai. Mereka juga sangat baik dalam meningkatkan kinerja tim, serta memotivasi dan menginspirasi rekan kerja untuk melakukan yang terbaik.

Kemampuan mereka untuk mengelola emosi dapat mengurangi konflik.

Alasan tingginya tingkat EQ dapat tingkatkan produktifitas berikutnya adalah disebabkan kemampuan mereka dalam mengelola emosi. Kemampuan orang dengan EQ tinggi dalam mengolah emosi dapat mengurangi konflik.

Mereka mampu mengelola emosi mereka sendiri dan juga orang lain bahkan di bawah tekanan. Orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi lebih mampu menangani dan menyelesaikan konflik.

Orang dengan EQ tinggi tidak mudah sakit hati atau bahkan frustasi dalam menghadapi suatu masalah. Mereka lebih cenderung akan tetap tenang dan fokus pada diskusi untuk mencari solusi.

Perhatian mereka dapat memperkuat kolaborasi dan kerja tim

Alasan tingginya tingkat EQ bisa meningkatkan produktifitas ialah karena perhatian mereka mampu memperkuat kolaborasi dan kerja tim. Hal itu tentu sangat berpengaruh bagi kinerja sebuah organisasi atau perusahaan.

Mereka dapat melihat situasi dari sudut pandang lain. Merasakan perasaan yang tak terucapkan dan kepedulian tulus. Tidak hanya itu, mereka mampu membentuk ikatan yang baik dan menumbuhkan rasa memiliki.

Perhatian mereka pada orang lain dapat membantu memenuhi kebutuhan klien

Terakhir, alasan tingginya tingkat EQ dapat tingkatkan produktifitas adalah sebab perhatian mereka pada orang lain dapat membantu memenuhi kebutuhan klien. Hal itu tentu sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Mereka mempunyai keterampilan interpersonal dan komunikasi yang luar biasa. Serta kapasitas untuk terhubung secara emosional dengan orang lain. Hal tersebut tentu dapat membantu klien dalam memenuhi kebutuhannya.

Selain itu, karyawan dengan kecerdasan emosional tinggi juga dapat memelihara hubungan kerja yang baik. Meningkatkan keterlibatan karyawan dan kepuasan pelanggan. Serta menciptakan strategi baru untuk meningkatkan penjualan dan peluang investasi.

Memilih karyawan dengan kecerdasan emosional tinggi sangatlah penting. Ada beberapa alasan tingginya tingkat EQ dapat meningkatkan produktifitas, salah satunya empati mereka yang dapat membantu memenuhi kebutuhan klien.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Kezia Amalia

Sudahkah Anda tau cara memaksimalkan LMS atau Learning Management System? Dikenal sebagai sistem yang mampu memberi kemudahan bagi manusia, dalam m

Codemi Publication

Setelah menyelesaikan krisis Covid-19 dan akhirnya kembali ke pengaturan kerja para profesional dan pemimpin industri HR kembali mendapatkan tugas

Unduh Codemi Learning Hub Annual Report 2022

X