Ikigai Cara Menemukan Tujuan Hidup Ala Jepang

Salah satu hal terpenting namun sulit untuk dilakukan adalah menemukan tujuan hidup. Sebab tanpa hal ini, seseorang hanya akan menjalani kehidupan sebagai rutinitas tanpa adanya semangat. Namun, terdapat sebuah metode yang mampu membantu Anda dalam melakukan hal ini. Adalah ikigai, sebuah konsep dari negara Jepang yang membantu dalam menemukan makna atau tujuan dalam hidup.

Jepang memang merupakan negara yang penuh dengan konsep hidup. Termasuk salah satunya adalah konsep ikigai yang membuat masyarakat Jepang memahami alasan mereka hidup di dunia.

Konsep ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk masyarakat Jepang. Karena nilai-nilai pada ikigai dapat berlaku universal. Sehingga Anda juga dapat menggunakan konsep ikigai dalam mencari arti kehidupan.

Pentingnya untuk Menemukan Tujuan Hidup 

Sebelum membahas lebih dalam mengenai ikigai, terlebih dahulu kami akan menjelaskan seberapa penting tujuan kehidupan untuk dimiliki. Sebab bagi sebagian orang hal ini belum terlalu dipahami.

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa hidup adalah sebuah rutinitas yang dilakukan dari bangun pagi hingga tidur. Kegiatan ini terus berulang tiap hari hingga tiap tahun sampai akhirnya mengalami kematian.

Namun hidup sebenarnya tidak sesederhana itu. Karena jika menganggap kehidupan hanya sebatas rutinitas, maka Anda pasti tidak akan memiliki semangat untuk menjalaninya. Pada akhirnya seluruh kegiatan tidak berjalan secara maksimal.

Orang-orang yang belum menemukan tujuan hidup akan senantiasa merasa bosan dan tidak bergairah. Mereka hanya melakukan pekerjaan untuk menjamin esok masih dapat bangun pagi dan melakukan kegiatan yang sama.

Dengan memahami tujuan atau alasan Anda hidup, semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari akan tinggi. Karena hidup tidak akan hanya sebatas melakukan kegiatan berulang tanpa makna di baliknya.

Adanya alasan hidup akan membuat setiap kegiatan memiliki arti. Anda akan terpacu dan tertantang untuk menyelesaikan semua masalah dan persoalan guna mencapai tujuan akhir hidup.

Memahami tujuan hidup juga membuat hari-hari Anda berjalan dengan lebih menyenangkan. Karena setiap hari bagaikan misi atau tugas yang harus dilewati untuk mencapai sebuah tujuan besar.

Sehingga Anda akan merasa bahwa setiap pekerjaan atau kegiatan harus dilakukan secara maksimal. Jangan sampai terjadi kegagalan yang membuat tujuan hidup Anda hancur dan berantakan.

Konsep Ikigai Dalam Menemukan Tujuan Hidup

Tujuan hidup berperang penting bagi manusia. Karena ialah yang akan memberi semangat dan arti untuk setiap kegiatan. Namun masih banyak orang yang tidak mampu untuk menemukannya.

Dengan menggunakan ikigai, akan membantu Anda dalam memahami arti atau alasan dari hidup. Karena ikigai sendiri memiliki arti “alasan untuk hidup”. Berikut adalah cara memahami alasan hidup dalam ikigai.

Memahami Apa Yang Dicintai

Dalam ikigai Anda harus memahami hal apa yang Anda cinta atau sukai. Hal ini bisa dilakukan dengan bertanya pada diri sendiri mengenai kegiatan apa saja yang membuat Anda senang melakukannya.

Memahami Kemampuan Anda

Anda juga perlu memahami kemampuan yang dimiliki atau dikuasai. Anda bisa melakukan review terhadap pendidikan formal ataupun kemampuan-kemampuan lain yang telah Anda pelajari selama hidup.

Memahami Kebutuhan Dunia

Selain memahami diri sendiri, dalam ikigai juga harus memahami apa yang dunia butuhkan. Anda bisa melihat masalah-masalah apa saja yang terjadi di sekitar untuk memahami hal yang dibutuhkan di sekitar.

Memahami Apa Yang Memiliki Nilai

Konsep ikigai tidak menafikan kenyataan bahwa untuk hidup Anda harus memiliki uang. Untuk bisa mendapatkannya, Anda harus tahu hal-hal bernilai dari diri Anda yang bisa ditukarkan menjadi uang.

Menemukan Kegiatan Yang Mencakup Keseluruhannya

Setelah memahami semua hal di atas, selanjutnya adalah menemukan kegiatan yang bisa mencakup seluruhnya. Sehingga hal itulah yang akan menjadi tujuan dari hidup Anda dalam konsep ikigai.

Karena hal ini tentu akan membuat Anda semangat karena Anda menyukainya. Selain itu Anda juga mampu untuk melakukan kegiatan tersebut dan bisa memberikan arti karena sesuai dengan kebutuhan dunia.

Prinsip dari konsep ikigai adalah menemukan hal yang Anda mampu lakukan, cintai dan bisa menghasilkan uang namun sesuai dengan kebutuhan dunia. Karena hal ini bukan hanya akan membuat hidup bersemangat.

Tujuan hidup yang sesuai dengan kebutuhan dunia akan membuat Anda memahami makna dan arti hidup Anda. Sehingga dalam menjalankannya ada perasaan bermakna yang membuat Anda merasa benar-benar hidup.

Dengan begini Anda tidak akan merasa hampa dalam menjalani kehidupan. Berbeda dengan orang-orang yang belum menemukan tujuan hidup dan menjalani kehidupan hanya sebatas rutinitas saja.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Meskipun pertumbuhan penduduk sangat besar, ternyata tidak dibarengi dengan pertumbuhan afeksi, banyak orang merasa selalu kesepian meskipun sedang

Codemi Publication

Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s untuk para karyawan? Pertanyaan tersebut barangkali membuat Anda penasaran karena konsep 5s diadopsi d