HRIS vs ATS: Perangkat Lunak HR Mana yang Harus Dipilih?

HRIS vs ATS, mana yang seharusnya perekrut pilih? Dua perangkat lunak ini memiliki nilai plus dan minus masing-masing, sehingga cukup sulit untuk dipilih. Tetapi ini semua akan kembali lagi dengan yang membuat pelamar nyaman, tentukan saja mana yang paling sesuai.

Proses perekrutan bisa jadi sangat kompleks, memakan banyak waktu, serta menguras emosi. Itu juga sebabnya banyak perusahaan dan organisasi yang mempercayakan segalanya ke alat teknologi. Artinya, teknologi itu yang akan menjadi alat bantu untuk proses perekrutan.

Di tengah era teknologi yang semakin hari semakin canggih, alat bantu itu juga mengalami perbaikan. Proses perekrutan menjadi lebih simpel berkat HRIS ataupun ATR. Benar, dua hal yang baru kami sebutkan itu adalah alat bantu paling umum yang bisa digunakan perekrut.

Untuk saat ini, sebanyak 55% organisasi dan perusahaan sudah menggunakan ATS maupun HRIS. Artinya, sudah lebih dari setengah instansi di dunia yang percayakan ke teknologi. Akan tetapi, diantara kedua perangkat lunak itu, mana yang sebaiknya digunakan oleh prekrut?

Definisi HRIS vs ATS dan Mana yang Kami Sarankan

HRIS vs ATS: Perangkat Lunak HR Mana yang Harus Dipilih?

Sebelum kami menjelaskan pilihan kami, maka penjelasan dan definisi mengenai HRIS serta ATS akan sangat diperlukan. Kalau melihat kepanjangan dari dua perangkat lunak ini, HRIS adalah Human Resource Information System, dan ATS adalah Applicant Tracking System.

Dari singkatan ini, apakah kamu sudah bisa menentukan pilihan antara HRIS vs ATS? Tentu saja belum jika definisi detailnya masih belum didapatkan. Lebih jauh lagi, ATS ini adalah jenis perangkat lunak yang mengelola proses perekrutan secara end to end dan lewati sorting.

ATS ini akan melakukan kumpulan riset mengenai profil dari kata kunci, skill, pengalaman lain, tahun pengalaman, dan universitas yang dimasuki. Kumpulan data di dalam CV dan resume pelamar akan dipelajari hingga ATS dapat menentukan pelamar yang paling menonjol.

Sementara itu, HRIS adalah solusi untuk perekrut mempelajari tentang data day to day. Mempelajari kumpulan data pelamar lewat dokumen yang mereka unggah dan apa saja yang relevan. Ini adalah gambaran umum mengenai perangkat lunak HRIS milik para recruiter.

Perbandingan HRIS vs ATS Agar Lebih Mudah Menentukan Pilihan

Lantas, dari penjelasan itu, ATS memiliki daya tarik sendiri. Mulai dari sistem yang terdengar lebih canggih, serta proses yang serba otomatis adalah nilai unggul dari software ATS. Bukan hanya itu, ada alasan lain yang membuat memilih software ATS dibanding HRIS, yaitu:

1. HRIS vs ATS: ATS Mudah Mendapatkan Talent dengan Lebih Cepat

Kalau Anda bandingkan HRIS vs ATS, dalam hal proses akan lebih cepat ATS. Proses yang otomatis ini menjadi alasan utamanya, dimana rekruter tinggal melihat data dan profile yang perangkat lunak itu tunjukkan, dan semuanya terlah terjamin bagus.

2. ATS Lebih Menghemat Waktu dan Biaya

ATS juga dianggap sebagai perangkat lunak yang lebih hemat waktu dan biaya. Sistem Pelacakan Pelamar (ATS) itu 100% tidak membutuhkan kertas, dan didesain untuk mendukung program kerja dari manusia. Sehingga mereka akan melakukan riset untuk ketahui kandidat terbaik.

Baca: Bagaimana Perusahaan Menghemat Biaya Hingga 7.7 Juta USD dengan LMS

3. ATS Lebih Efisien Untuk para Rekruiter

ATS juga dinilai lebih efisien untuk digunakan. Hanya dengan keyword tertentu, maka akan keluar hasil sesuai yang dicari, dan data itu juga ada di resume pelamar. HRIS vs ATS ini berkaitan dengan automasi, sehingga ATS yang otomatis lebih efisien.

4. HRIS vs ATS;ATS Telah Teroptimasi Untuk Perangkat Mobile

Dan ini juga masalah serta kelemahan lain dari HRIS, yaitu soal tidak optimal untuk dijalankan di perangkat mobile seperti HP. Sementara ATS bisa digunakan dari device mana saja. Sehingga ATS lebih kami pilih, terlebih untuk jenis pekerjaan mobile.

5. Masalah Keamanan, HRIS Sangat Memprihatinkan

Masalah terakhir yang menjadi kelemahan HRIS hingga membuat kami memilih jenis software ATS adalah soal keamanan. HRIS memiliki sistem security yang belum 100% bisa dipercayakan. Apalagi dari dokumen pelamar, itu tidak sepenuhnya bersih.

ATS dan HRIS keduanya telah membantu sediakan pengalaman rekrut pelamar yang lebih cepat, simpel, dan mudah. Keduanya adalah perangkat lunak, sehingga sangat membantu apa saja yang dikerjakan perekrut. Soal HRIS vs ATS, bisa dipilih sesuai preferensi perekrut itu.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Perekrutan menjadi aspek penting untuk menumbuhkembangkan perusahaan, sehingga perlu pemahaman apa itu anggaran rekrutmen. Anggaran ini disusun aga

Cara menggunakan gamifikasi sering dicari oleh para perekrut sekarang. Gamifikasi sendiri telah menjadi strategi populer di dunia perekrutan, dan p

Unduh Codemi Learning Report 2021

X