Gosip di Tempat Kerja: Dampak Negatif dan Cara Mengatasinya

Banyak pertanyaan muncul tentang gosip di tempat kerja dan bagaimana cara mengatasinya. Apapun bentuk gosip tentu akan memiliki dampak atau pengaruh negatif baik kepada korban maupun orang sekitar.

Gosip merupakan berita yang arahnya negatif dan terus berkembang dari satu orang ke orang lain. Bisa saja ceritanya menjadi berubah sehingga berbeda dan membuat semakin sulit dikendalikan.

Tidak hanya para artis saja yang sering digosipkan namun di mana saja termasuk tempat kerja juga memungkinkan. Jadi Anda harus siap dengan berbagai kemungkinan sehingga bisa lebih mudah mengatasi gosip di tempat kerja.

Ciri-ciri Jika Sedang Digosipkan di Lingkungan Kerja

Mungkin Anda tipe orang yang cuek dan jarang peduli dengan sekitar sehingga tidak sadar sedang digosipkan. Padahal ada beberapa ciri yang menandakan seseorang sedang menjadi target antara lain.

1. Tatapan aneh dari sesama karyawan

Anda pasti bisa membedakan antara tatapan biasa saja dan tatapan aneh yang membuat tidak nyaman. Jika diperhatikan ketika menjadi korban gosip maka akan banyak tatapan aneh dari sesama karyawan.

Tatapan seperti menandakan jika mereka sedang memperhatikan apakah gosip tersebut benar atau tidak. Misalnya digosipkan diet sampai tidak makan berhari-hari maka akan ada tatapan untuk memastikan fisik Anda.

2. Tidak mau kontak mata

Seseorang yang suka menggosipkan Anda pasti menghindar saat akan kontak mata ketika berbicara. Hal ini karena orang tersebut tidak nyaman atau tidak suka sehingga enggan kontak mata.

3. Tidak ada bantuan

Ketika banyak pekerjaan namun tidak ada tawaran bantuan sama sekali padahal biasanya dikerjakan bersama-sama. Bisa jadi karena Anda sedang digosipkan hal-hal negatif sehingga tidak ada yang mau membantu.

4. Terlalu banyak pertanyaan

Komunikasi dengan sesama rekan kerja dengan menanyakan berbagai hal mungkin sangat wajar. Namun jika pertanyaannya terlalu banyak bahkan cenderung ke arah pribadi bisa jadi sedang mencari informasi tentang gosip di tempat kerja tersebut.

5. Tidak diberikan informasi

Biasanya perusahaan akan memberikan informasi penting ke karyawan melalui berbagai media. Namun jika Anda menjadi korban biasanya tidak diberikan informasi apapun dan dibiarkan saja.

Dampak Negatif Gosip pada Lingkungan Kerja

Adanya gosip di tempat kerja tentu memberikan dampak negatif kepada korban padahal belum tentu kebenarannya. Bahkan sangat merugikan karena bisa membuat seseorang kehilangan pekerjaannya.

Salah satu dampak negatifnya yaitu munculnya isu moral yang membuat rekan kerja menjadi berubah menilai Anda. Jika awalnya respek kemudian menjadi menilai buruk karena adanya gosip tersebut.

Hal ini membuat rasa saling percaya antara rekan kerja menjadi hilang dan akan saling timbul rasa curiga. Akibatnya hubungan kerja menjadi kurang harmonis serta memberikan rasa tidak nyaman tanpa bisa diungkapkan.

Jika hal ini dibiarkan dapat membuat kinerja Anda bahkan tim juga ikut terpengaruh. Bahkan bisa berdampak negatif pada perusahaan sehingga merugikan banyak pihak. Untuk itu, artikel ini ditulis untuk membantu Anda.

Baca Juga: Tanda-tanda Toxic Environment

Dampak negatif lainnya yaitu adanya keterlibatan karyawan yang akhirnya memutuskan keluar dari pekerjaan tersebut. Keterlibatan karyawan sangat dibutuhkan agar roda perusahaan dapat berjalan baik dan seimbang.

Sedangkan gosip di tempat kerja membuat roda tersebut menjadi berputar tidak pada jalannya. Sehingga perusahaan tidak bisa berjalan seperti biasanya bahkan keluar dari jalurnya.

Hal ini disebabkan karena keterlibatan karyawan tidak bisa dimaksimalkan karena timbul rasa tidak nyaman. Jika keterlibatan karyawan dalam pengembangan perusahaan terganggu maka otomatis perusahaan akan menurun.

Dampaknya jika karyawan tersebut kinerjanya bagus dan memiliki skill dalam bekerja sehingga mudah mencari pekerjaan lain. Maka ketika mendapatkan gosip di tempat kerja yang sifatnya negatif akan mudah untuk keluar.

Perusahaan akan kehilangan karyawan terbaiknya hanya karena gosip yang tidak jelas kebenarannya. Inilah kerugian besar mengingat karyawan adalah aset perusahaan yang harus dipertahankan dan dikembangkan untuk mencapai misi perusahaan.

Tips agar Terhindar dari Gosip di Tempat Kerja 

Terkadang menjadi korban bisa saja dialami oleh siapa saja tanpa dia inginkan. Termasuk Anda juga memiliki kemungkinan seperti itu jadi ikuti beberapa tips agar tidak menjadi korban gosip.

1. Jaga Sikap

Sikap Anda menjadi penentu utama apakah menarik untuk menjadi bahan gosip di tempat kerja ataukah tidak. Jika Anda pandai menjaga sikap dengan tidak arogan, bersikap ramah, apa adanya maka akan aman-aman saja.

Cukup bekerja secara profesional dengan tidak mencari muka, datang dan pulang tepat waktu. Kerjakan tugas sesuai dengan aturan serta jangan suka menganggu pekerjaan orang lain.

2. Jaga Privasi

Permasalahan pribadi menjadi hal menarik untuk dibicarakan bersama rekan kerja lainnya. Maka agar masalah pribadi Anda tidak menjadi bahan pembicaraan maka sebaiknya jangan umbar hal tersebut.

Baik sekadar curhat dengan sesama rekan kerja atau mengumbar di media sosial pribadi. Pilih hal-hal apa saja yang dibicarakan kepada orang lain agar bisa terbebas dari gosip.

3. Jangan Kencan dengan Rekan Kerja

Tips lainnya yaitu jangan pernah kencan dengan rekan kerja apalagi atasan atau manager. Hal ini sangat rawan menjadi pemicu tersebarnya gosip di kantor dan pastinya membuat Anda tidak nyaman.

Apalagi jika Anda berkencan dengan sesama karyawan yang sudah menikah atau menjadi selingkuhan. Tentu gosip di tempat kerja akan semakin memanas dan pastinya membuat Anda risih mendengarnya.

4. Tenang dan Jangan Baper

Terkadang ada saja orang yang membicarakan Anda dan selama itu tidak mengganggu sebaiknya tetap tenang. Menjadi orang yang tidak mudah baper membantu Anda mengatasi permasalahan seperti ini dengan mudah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Toxic Environment

Cara Mengatasi Jika Terlanjur Terkena Gosip di Lingkungan Kerja

Jika sudah melakukan tips dan berusaha terhindar dari gosip di tempat kerja namun tetap saja terkena dampaknya. Maka, gunakan beberapa cara berikut agar Anda bisa mengatasinya dengan mudah dan cepat.

1. Waspada 

Meskipun Anda bisa mengabaikan gosip-gosip yang ada namun tetap harus waspada terhadap dampaknya. Ambil langkah tepat jika memang dirasa gosip tersebut sudah terlalu mengganggu pekerjaan.

Kumpulkan informasi dari rekan kerja lainnya dan pura-pura tidak tahu jika Anda sedang digosipkan. Tujuannya untuk mencari tahu darimana sumber informasi tersebut sekaligus mencari pelakunya.

2. Tingkatkan Aturan Perusahaan

Perusahaan harus terlibat dalam menangani permasalahan tentang gosip-gosip yang menyebar tanpa kejelasan. Caranya dengan meningkatkan aturan perusahaan terkait penanganan serta sanksi bagi karyawan penyebar gosip.

Termasuk juga aturan untuk korban agar berani menyampaikan jika merasa sedang digosipkan. Dengan begitu korban bisa memutus rantai penyebaran informasi tidak jelas dalam lingkungan perusahaan.

3. Bentuk Komite Internal

Cara mengatasinya bisa juga dengan membentuk komite internal khusus untuk menangani permasalahan seperti ini. Komite internal bekerja secara profesional dengan job deskripsi jelas dan terarah langsung dari atasan.

4. Perbanyak Gosip Positif

Bergosip terkadang menjadi kebiasaan yang memang sulit dihilangkan termasuk di kalangan profesional. Maka Anda bisa mengatasinya dengan memperbanyak gosip positif seperti prestasi karyawan, kenaikan jabatan dan lainnya.

Di manapun pasti ada orang yang suka bergosip termasuk di lingkungan pekerjaan seharusnya bersikap profesional. Gunakan cara-cara khusus agar tidak terkena gosip di tempat kerja dan tetap bisa bekerja dengan nyaman.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Supaya sukses dalam mendirikan perusahaan, Anda harus menyiapkan Employee Benefits untuk kepentingan mereka. Pada dasarnya Employee Benefits bisa d

Berpedoman pada 100 Performance Metrics untuk tingkatkan tinjauan kinerja yang efektif ialah pilihan terbaik. Performance Metrics dalam pekerjaan d

Unduh Codemi Learning Report 2021

X