Gaji dan Tunjangan yang Baik Berpengaruh pada Kinerja

Perlu diketahui, bahwa gaji dan tunjangan yang baik sangat berpengaruh penting bagi kinerja para pegawai. Keudanya merupakan hal favorit bagi semua pegawai, semakin besar yang diterima, semakin semangat dalam bekerja.

Tunjangan akan diberikan oleh pihak perusahaan kepada para karyawannya bersamaan dengan tibanya masa gajian. Besarnya tunjangan yang diberikan perusahaan kepada karyawannya, akan tertera pada slip gaji mereka.

Besarnya gaji serta tunjangan yang diterima para karyawan, tentu akan sangat mempengaruhi kinerja mereka. Apabila jumlah keduanya besar, tentu mereka akan semakin senang dan semangat dalam bekerja.

Namun sayangnya terkadang, beberapa perusahaan kurang menyadari pentingnya hal tersebut. Mereka justru hanya memberikan upah minimal tanpa tunjangan dengan kewajiban pekerjaan yang bisa dibilang cukup berat. 

Pengaruh Gaji dan Tunjangan Terhadap Kinerja Pegawai

Gaji dan Tunjangan yang Baik Berpengaruh pada Kinerja

Seperti dibahas sebelumnya, kedua hal tersebut adalah salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi kinerja para pegawai. Inilah beberapa pengaruh pentingnya yang perlu diketahui perusahaan.

1. Mempertahankan Loyalitas Pegawai Berkualitas

Gaji dan tunjangan yang baik mampu mempertahankan loyalitas para pegawai berkualitas. Tipe pegawai berkualitas yang mempunyai skill tinggi biasanya akan dibujuk oleh kompetitor untuk meninggalkan perusahaan dan bergabung bersama mereka.

Baca: Strategi Mempertahankan SDM Terkait Masalah Gaji

Padahal peran para pegawai seperti itu sangat berpengaruh positif terhadap perusahaan. Dengan memberikan tunjangan serta gaji yang pantas, karyawan dengan skill berkualitas akan betah serta tetap bertahan di perusahaan mereka.

Tidak akan tergiur untuk pindah ke perusahaan competitor. Karena mereka merasa, upah dan bonus yang mereka dapatkan di perusahaannya sekarang sudah sepadan dengan pekerjaan mereka.

2. Meningkatkan Fokus dan Produktifitas Kerja

Gaji dan tunjangan yang baik dapat meningkatkan fokus dan juga produktifitas kerja para pegawai. Sebelum menuntut produktivitas kerja para karyawannya, terlebih dahulu perusahaan harus membuat karyawannya nyaman.

Baca: 5 Trik Pelatihan dan Pengembangan SDM Agar Terus Produktif Saat Work from Home

Terkadang, pemberian upah belum cukup untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Pemberian tunjangan akan membuat mereka merasa senang serta merasa diapresiasi. Dengan begitu mereka akan meningkatkan produktivitas serta lebih fokus dalam bekerja.

Pada akhirnya, kedua hal tersebut sangat dipengaruhi oleh hasil kinerja pegawai itu sendiri. Semakin produktif, semakin besar tunjangannya. Oleh sebab itu, pegawai nantinya akan berusaha untuk selalu produktif serta fokus.

3. Memperlancar Proses Bisnis 

Gaji dan tunjangan bagikan bahan bakar bagi para karyawan, sebab dapat menghasilkan rasa bahagia dalam bekerja. Apabila para karyawan bahagia, tentu saja secara otomatis kinerja akan menjadi baik.

Tidak hanya bagi karyawan, tunjangan tersebut juga bisa menguntungkan bagi perusahaan. Sebab bisa memenuhi harapan semua pihak. Ekspektasi keduanya terpenuhi, terciptalah suasana harmonis sehingga akan memperlancar proses bisnis.

4. Menarik Banyak Pelamar untuk Melamar

Pada masa tertentu, pastinya sebuah perusahaan akan membutuhkan pegawai tambahan dan melakukan recruitment. Nantinya, akan ada beberapa orang pelamar kerja akan melamar ke tempat Anda.

Seperti diketahui, karyawan dengan potensi tertentu pasti akan mempertimbangkan besarnya gaji dan tunjangan yang ditawarkan perusahaan. Beberapa perusahaan juga pasti menyadari bahwa kedua hal tersebut sangat menarik bagi pelamar.

Dalam proses negosiasi gaji, antara calon karyawan dengan perusahaan. Pihak perusahaan akan menawarkan besaran bonus sebagai salah satu cara mendapatkan karyawan kompeten. Dengan begini akan banyak pelamar yang tertarik.

5. Menjaga Kesehatan Mental Karyawan

Situasi di luar terkadang bisa membuat para karyawan khawatir mengenai kestabilan keuangan mereka. Apabila sering khawatir, karyawan bisa stress dan berpengaruh buruk terhadap kinerja mereka dan perusahaan juga akan rugi.

Baca: 15 Pertanyaan Ini Penting Diajukan Demi Kesehatan Mental Pegawai dalam Perusahaanmu!

Gaji dan tunjangan yang baik tentu akan menjadi solusi efektif dalam menangani kasus tersebut. Dengan begitu karyawan tidak akan merasa cemas dengan kestabilan keuangan mereka.

Sebab, gaji serta tunjangan yang mereka terima cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Jadi, mereka tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah keuangan, sebab sudah ada perusahaan yang menanggung.

6. Kepuasan Manfaat

Enam puluh persen karyawan menilai gaji sebagai kontributor yang sangat penting untuk kepuasan kerja para karyawan. Tetapi lebih dari 2/3 karyawan menunjukkan bahwa mereka puas dengan gaji serta tunjangan mereka.

Ketika ekonomi terus membaik dan pencari kerja menjadi lebih percaya diri dalam mengamankan posisi baru. Organisasi harus merancang paket manfaat kompetitif untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaiknya.

Penting bagi suatu perusahaan untuk mempertimbangkan masalah gaji serta tunjangan bagi para karyawannya. Sebab, gaji dan tunjangan yang baik sangat berpengaruh penting bagi kinerja para karyawan suatu perusahaan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

Codemi Publication

Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

Unduh Codemi Learning Report 2021

X