Etika Dasar Karyawan di Sekitar Tempat Kerja

Setiap orang yang tergabung dalam suatu perusahaan perlu menerapkan etika dasar karyawan. Etika merupakan filsafat yang mengandung nilai-nilai dalam suatu tindakan manusia. Ini meliputi perilaku perbuatan, perkataan, hingga bahasa tubuh. 

Memiliki etika dalam berkehidupan sosial sangat penting bagi semua orang. Sama halnya dalam lingkup pekerjaan dimana perusahaan atau organisasi terdiri dari banyak orang. Baik itu direktur, manajer, serta karyawan di semua level.

Perusahaan bukan hanya tempat untuk menghasilkan uang. Akan tetapi juga organisasi dimana di dalamnya terdapat komunitas yang menjalankan kehidupan sosial. Berikut ini etika yang harus dimiliki oleh semua karyawan di tempat kerjanya.

Etika Dasar Karyawan, Paling Utama

Hal pertama dan utama yang wajib diterapkan oleh semua orang di tempat kerja ialah sikap menghormati kepada sesama. Sikap menghormati bukan hanya ditujukan kepada mereka dengan pangkat lebih tinggi.

Akan tetapi kepada semua orang, tanpa memandang apakah ia atasan, rekan sesama karyawan, hingga bawahan sekalipun. Menghormati rekan kerja yang memiliki keyakinan berbeda hingga perbedaan pandangan politik adalah contohnya.

Menghormati bukan berarti harus satu kata atau menyepakati pilihan seseorang. Akan tetapi lebih kepada menunjukkan sikap menghargai pilihan orang lain tanpa mengganggu personalnya. Menghargai jadwal orang lain juga termasuk sikap respectful.

Ini juga berkaitan dengan ketepatan waktu ketika menghadiri rapat atau briefing singkat di pagi hari. Memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menyampaikan pandangan atau gagasannya hingga tuntas adalah sikap teladan.

Tidak sibuk dengan handphone ketika terlibat dalam interaksi menunjukkan bahwa Anda menghargai keberadaan orang lain. Menghormati sesama rekan kerja dan semua orang di perusahaan adalah cara tepat untuk menunjukkan karakter Anda sebenarnya.

Memperhatikan Penampilan dan Kerapian di Tempat Kerja

Termasuk etika dasar karyawan yaitu memahami bagaimana cara berpakaian dan berpenampilan secara keseluruhan. Penilaian terhadap karyawan bukan hanya dilihat dari kinerjanya saja. Kenyataannya, pakaian juga mempengaruhi citra Anda.

Pertama-tama, pahami bagaimana kultus lingkungan kerja di perusahaan Anda. Karena tidak semua tempat kerja memiliki kebijakan maupun budaya yang sama dalam hal berpakaian. Cara berpenampilan menghasilkan impresi tertentu kepada Anda.

Terlebih bagi seorang karyawan baru, ini adalah poin krusial serta nantinya bisa berpengaruh terhadap karir Anda ke depannya. Ada baiknya memilih pakaian yang relatif ‘aman’ untuk dikenakan ke tempat kerja.

Misalnya kemeja berwarna netral seperti abu-abu, putih, hitam atau biru. Selain itu, pastikan juga selalu berpenampilan rapi dari kepala hingga kaki. Mengenakan pakaian yang disetrika, sepatu disemir, hingga rambut rapi adalah poin plus.

Kerapian dalam berpakaian menunjukkan sisi positif Anda yang mampu memanjakan diri sendiri dari hal terkecil. Dengan menampilkan cara berpakaian terbaik, semua orang di tempat kerja akan memiliki kesan yang baik kepada Anda.

Memahami Apa Itu Kerjasama Tim

Etika dasar karyawan di tempat kerja tidak terlepas dari kesadaran akan pentingnya teamwork. Kesuksesan perusahaan tidak ditentukan oleh satu orang, melainkan tiap-tiap anggota yang bekerja bersama-sama.

Untuk itu, pahami apa tugas Anda dan maksimalkan kompetensi yang dimiliki untuk menyelesaikannya. Berikan kepercayaan kepada rekan satu tim untuk menghandle tugas lainnya. Ini adalah etika dasar yang perlu dipahami semua karyawan.

Menyelesaikan pekerjaan secara maksimal akan mendorong produktivitas kerja secara efektif dan efisien. Jika ada satu orang saja tidak memenuhi tugasnya, ini akan membuat semua orang dalam tim bermasalah. 

Menjadi Karyawan yang Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab merupakan etika dasar karyawan yang wajib dimiliki serta diimplementasikan di tempat kerja. Menyelesaikan semua tugas yang menjadi tanggung jawab sudah pasti wajib dilakukan.

Diberi kepercayaan oleh atasan untuk menangani sebuah proyek tentu merupakan prestasi tersendiri. Untuk itu, berikan hasil terbaik sebagai bukti bahwa memberikan kepercayaan proyek tersebut kepada Anda adalah keputusan tepat.

Namun tanggung jawab di tempat kerja bukan hanya soal pekerjaan bisnis saja, akan tetapi lebih dari itu. Cara Anda menggunakan berbagai peralatan kantor hingga mengatur meja kerja sendiri juga bentuk tanggung jawab.Bergabung di sebuah perusahaan membuat Anda perlu berinteraksi dengan banyak pihak. Tiap-tiap perusahaan bisa saja memiliki kebijakan berbeda bagi karyawannya. Kendati demikian, etika dasar karyawan berlaku universal dimana saja.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Mengamati perusahaan besar, pasti ada kebijakan bahwa karyawan harus diberikan pelatihan. Baik kepada karyawan yang baru saja selesai mengikuti sel

Codemi Publication

Bagi seorang pemilik bisnis, tentunya harus memahami bagaimana mengelola karyawan milenial di era teknologi digital ini. Mengingat saat ini generas