Employee Recognition Serta Manfaatnya Bagi Perusahaan

Setiap perusahaan perlu memahami pentingnya employee recognition atau pengakuan karyawan. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi bagi mereka yang memang layak mendapatkannya, dibuktikan oleh prestasi kerja.

Pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi tidak melulu dalam bentuk materi seperti bonus insentif, bonus liburan, maupun hadiah materi lainnya. Akan tetapi bisa juga melalui pemberian pengakuan. 

Jika perusahaan Anda belum menerapkannya, maka ini perlu dijadikan pertimbangan penting. Melalui program ini, karyawan dapat merasa lebih puas serta termotivasi dalam bekerja.

Mengenal Apa Itu Employee Recognition

Pengakuan karyawan adalah suatu metode dimana atasan atau pimpinan perusahaan memberikan pengakuan atas prestasi yang dicapai. Baik itu oleh karyawan secara individu maupun sebuah tim. Tujuannya untuk memberikan apresiasi positif.

Penghargaan diberikan atas kinerja yang positif, berperilaku baik, pencapaian target tertentu sesuai rencana kerja, hingga kepedulian sosial, dan lain sebagainya. Memberikan pengakuan kepada staff bisa dilakukan baik secara formal maupun informal. 

Cara formal misalnya mengadakan acara penghargaan khusus yang menghadirkan semua karyawan. Sementara cara informal bisa dengan menyebutkan prestasi ketika meeting. Jadi, penghargaan bukan melulu soal pemberian hadiah fisik.

Akan tetapi lebih menyentuh emosi serta psikologi karyawan. Hal tersebut bersesuaian dengan studi oleh para peneliti yang menyatakan bahwa rekognisi dapat memperbaiki kondisi psikologis para karyawan.

Kini perusahaan-perusahaan besar dan modern menempatkan pengakuan karyawan sebagai salah satu program prioritas. Hal tersebut karena cara ini dapat meningkatkan kepuasan serta motivasi kerja.

Manfaat dari Program Employee Recognition

Ada beragam manfaat memberikan pengakuan kepada staff, baik bagi perusahaan maupun individu terkait. Berikut ini beberapa manfaatnya sehingga perlu menginisiasi program tersebut di perusahaan Anda. 

Meningkatkan Kepuasan dan Motivasi Karyawan

Recognition membuat seseorang merasa lebih dihargai keberadaannya. Ketika ini menyentuk emosi staff Anda, timbul rasa kepuasan sebagai reaksi psikologis alami. Dampak lainnya yaitu meningkatkan motivasi kerja.

Mendorong Program Pengembangan Diri

Program pengembangan diri adalah salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan karyawan sehingga dapat menunjang karir serta meningkatkan kinerja mereka. Melalui rekognisi, para pekerja lebih termotivasi dalam mengikuti program pengembangan diri.

Meningkatkan Performa dan Produktivitas

Prestasi yang diakui oleh perusahaan secara otomatis membuat staff merasa dihargai sehingga terpacu untuk menunjukkan performa terbaiknya. Ini berdampak pada peningkatan produktivitas berdasarkan kuantitas maupun kualitas. 

Dengan begitu, bukan hanya pekerja saja yang mendapatkan manfaat dari program employee recognition. Akan tetapi, perusahaan juga mendapatkan efek positifnya. 

Memperkuat Kerjasama Tim

Pengakuan atas prestasi sebuah tim dalam menangani proyek yang dipercayakan dapat membuat kualitas teamwork lebih baik. Kekuatan apresiasi dapat mendorong semangat para anggota tim sehingga akan semakin solid.

Memberikan Teladan yang Baik

Rekognisi yang diberikan oleh pimpinan kepada timnya merupakan sebuah teladan positif. Karyawan yang memperoleh pengakuan akan lebih mudah melakukan hal sama kepada rekan kerjanya. Sehingga terciptalah lingkungan kerja kondusif serta suportif.

Cara Tepat Memberikan Pengakuan Bagi Karyawan

Pentingnya pengakuan karyawan memang telah banyak diketahui. Sayangnya terkadang perusahaan tidak menunjukkan rekognisi tersebut dengan cara tepat sesuai ekspektasi karyawan. Lantas, bagaimana cara memberikan pengakuan yang diharapkan karyawan?

Mengadakan Acara Penghargaan

Awarding oleh perusahaan adalah salah satu bentuk rekognisi kepada anggotanya. Awarding tidak harus melulu acar berkonsep mewah. Anda dapat menyelenggarakan acara sederhana untuk memberikan rekognisi karyawan teladan bulanan. 

Bertajuk ‘Employee of the Month’, program ini akan menjadi pelecut semangat orang-orang Anda untuk lebih bersemangat dan memiliki motivasi tinggi. Passion atau semangat kerja dapat terbangun melalui adanya apresiasi.

Manfaatkan Media Sosial

Siapa yang tidak menggunakan media sosial di era digital? Ini adalah platform dimana orang-orang menunjukkan eksistensi mereka melalui layar gadget. Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai cara mengapresiasi karyawan. 

Gunakan media sosial perusahaan untuk menampilkan profil karyawan berprestasi. Ini menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi individu terkait. Sehingga tercipta kepuasan kerja.

Pengakuan Rekan Kerja Sebaya

Setiap hari orang-orang Anda berinteraksi dengan rekan kerja sebayanya. Sehingga mereka memiliki kedekatan emosional lebih dibanding dengan para atasan. Pengakuan dari teman sebaya dinilai memiliki kesan lebih.

Pengakuan karyawan sebaya dapat dijadikan langkah awal untuk menciptakan suasana kerja kondusif, suportif, serta apresiatif. Perusahaan perlu mendorong program employee recognition antar coworker untuk tingkatkan kepercayaan diri serta motivasi kerja. Simak juga ulasan kami mengenai pentingnya motivasi ekstrinsik dalam menjaga semangat kerja karyawan disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Mengamati perusahaan besar, pasti ada kebijakan bahwa karyawan harus diberikan pelatihan. Baik kepada karyawan yang baru saja selesai mengikuti sel

    Codemi Publication

    Bagi seorang pemilik bisnis, tentunya harus memahami bagaimana mengelola karyawan milenial di era teknologi digital ini. Mengingat saat ini generas