Effective Performance Management: Cara Mengelola ‘Rapor’ Karyawan

Dalam mengelola sumber daya manusia, ada yang namanya effective performance management, yaitu penilaian kerja karyawan dalam bentuk rapor. Jika saat sekolah pencapaian Anda di berbagai mata pelajaran tertuang secara teori di rapor, ini mirip.

Tujuannya supaya atasan memiliki tolak ukur jelas dan akurat terkait kinerja masing-masing karyawan. Adanya rapor kerja juga sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras sehingga para karyawan tidak akan merasa bekerja tanpa pamrih dan bisa menjadi motivasi untuk maju.

Pengertian Tentang Evaluasi Kinerja Karyawan

Pengertian effective performance management adalah suatu tindakan di mana atasan memastikan para stafnya telah bekerja sesuai aturan. Pemantauan dan penilaian ini berguna untuk mengukur sejauh mana tujuan perusahaan akan diraih melalui kiprah para pekerja.

Penilaian yang diberikan berguna bukan hanya untuk mendapatkan performa terbaik dari para pekerja. Lebih dari itu, ketika HR melakukan penilaian secara konsisten, maka bisa memberikan manfaat besar bagi perusahaan karena akan terjadi koreksi berkelanjutan.

Semakin konsisten evaluasinya, semakin cepat permasalahan terselesaikan. Nantinya, evaluasi terhadap segala aspek berpengaruh terhadap kemampuan perusahaan dalam berkompetisi dengan para pesaingnya di lapangan. Tindakan ini membutuhkan kerja sama.

Manfaat baik bukan hanya dirasakan perusahaan, tetapi juga karyawan. Program effective performance management memberikan apresiasi yang secara tidak langsung menjadi dukungan psikologis bagi para pekerja karena merasa dihargai atas kerja kerasnya.

Sementara untuk perusahaan, manfaatnya adalah mendapatkan karyawan yang kompetensinya sesuai kebutuhan. Melalui berbagai penilaian, kekurangan dapat diperbaiki, sementara performa yang sudah baik dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Cara Menciptakan High Performance Culture

Cara Menerapkan Effective Performance Management

Evaluasi kinerja karyawan dapat dilakukan oleh atasan melalui berbagai cara. Detailnya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kultur pada tiap perusahaan. Namun, sebagai acuan, beberapa penilaian tersebut mengacu pada beberapa hal berikut:

  1. TAL with WWW

TAL merupakan singkatan dari to achieve list atau daftar pencapaian apa saja yang sudah didapatkan karyawan. Salah satu effective performance management ini memberikan keuntungan penghargaan secara psikologis.

Sementara untuk perusahaan, dapat memonitor kinerja karyawan sehingga ketika ada yang harus diperbaiki dapat dilakukan secepat mungkin. TAL memberikan keuntungan untuk kedua pihak jika dilakukan secara tepat.

  1. Effective Regular Meeting

Effective regular meeting atau ERM merupakan kegiatan yang semestinya secara rutin dilakukan untuk mendapatkan indikator tepat dalam menilai kinerja karyawan. ERM ini bisa dilakukan secara efektif apabila waktunya ditetapkan sejak awal sehingga tidak buang waktu.

  1. Key Performance Indicator and Monitoring

KPIM merupakan bentuk penilaian dalam buku atau definisi sebenarnya dari rapor karyawan. Sama halnya seperti saat sekolah. KPIM juga merupakan salah satu bentuk effective performance management yang harus diisi setiap satu bulan sekali.

Nanti bentuk penilaiannya diimplementasikan melalui angka sehingga atasan tahu tindakan apa yang harus dilakukan terhadap karyawannya. Semakin bagus pencapaiannya maka semakin tinggi nilai yang didapatkan. Proses evaluasi bisa dimulai dari sini.

  1. Rewards and Consequences

Terakhir, setelah segala bentuk penilaian dilakukan, baik dan buruknya kinerja karyawan akan terlihat konkret. Setelah nilainya direkap maka atasan wajib memberikan penghargaan atau hukuman.

Penghargaan diberikan kepada karyawan dengan performa terbaik, sementara hukuman diberikan untuk pekerja yang performanya masih kurang. Hukuman ini sebenarnya bentuk teguran agar karyawan dapat meningkatkan performanya dan menjadi lebih baik.

Baca Juga: 6 Tips Bagi HR Untuk Mendorong Performa Tim Sales

Inilah Alasan Pentingnya Penerapan EPM

Ketika membaca semua penjelasan terkait effective performance management, sebagai HR tentu Anda tahu kenapa proses ini menjadi begitu penting. Namun, untuk memberikan penegasan, kami akan tetap merangkum alasan pentingnya EPM berikut:

  1. Identifikasi Masalah Kerja

Kenapa EPM menjadi penting? Karena berpengaruh terhadap identifikasi masalah dalam pekerjaan. Ketika permasalahan telah diidentifikasikan secara akurat maka penyelesaian masalahnya dapat diterapkan secara cepat dan tepat pula.

  1. Mengefektifkan Rekrutmen Karyawan

Pembuatan rapor dapat dilakukan sejak awal masa perekrutan. Contohnya, melalui pertanyaan yang diajukan saat wawancara. HR harus teliti dalam merekrut karyawan sehingga penerapan EPM harus dilakukan dalam berbagai aspek ketika menilai kandidat.

  1. Membuat Karyawan Merasa Dihargai

Sederhana, namun dampaknya dapat berperan besar bagi psikologis karyawan. Memberikan dukungan atau apresiasi dalam bentuk effective performance management membuat karyawan merasa kerja kerasnya selama ini dihargai.

Penghargaan terbaik ini menghilangkan sekat antara karyawan dengan atasan. Karena pada dasarnya yang memiliki ketergantungan lebih tinggi adalah atasan. Atasan membutuhkan kinerja karyawan dan berhak memberikan upah sesuai tenaga yang sudah dikeluarkan.

  1. Mendapatkan Karyawan Unggul

Terakhir, berbagai bentuk penilaian dalam segala aspek membantu HR mendapatkan bibit karyawan unggul untuk diandalkan. Diandalkan dalam arti diberikan tanggung jawab lebih tinggi dengan berimbang jabatan serta gaji turut dinaikkan.

Sementara predikat karyawan unggul tentunya akan memberikan prestise bagi penerimanya. Apalagi, pola pikir jabatan serta gaji naik membuat penerimanya merasa puas dan bekerja lebih giat. Praktik effective performance management akhirnya bermanfaat untuk semua.

Tujuan Dilaksanakannya Evaluasi Kinerja Karyawan

Tidak ada satu saja tindakan dalam bisnis dibuat tanpa tujuan jelas. Begitu juga dengan penerapan evaluasi kinerja karyawan. Pembentukan program ini sarat dengan tujuan jelas, seperti:

  1. Tujuan Kinerja Sama Dengan Tujuan Perusahaan

Adanya evaluasi penilaian karyawan membuat tujuan kinerja para pegawai sama dengan tujuan yang dibentuk perusahaan. Evaluasi dilakukan untuk menyamakan cara berpikir dan bertindak.

Jadi, ketika berusaha memberikan hal terbaik, karyawan tahu arahnya ke mana. Sementara dalam menilai kinerja, atasan juga paham batasannya sampai mana.

  1. Menyeragamkan Ekspektasi

Keberadaan effective performance management berperan penting dalam menyeragamkan ekspektasi. Ada istilah realita tidak seindah ekspektasi, barangkali karena sejak awal tidak ada diskusi sehingga setiap pihak memiliki bayangan hasilnya sendiri-sendiri.

  1. Memperlancar Komunikasi Tim

Hal penting berikutnya yang tidak bisa diabaikan dari pembentukan evaluasi kinerja karyawan adalah memperlancar komunikasi antar anggota dalam tim. Ketika komunikasinya sudah lancar maka setiap tindakan akan terasa begitu mudah dikoordinasikan.

  1. Membentuk Standar Kinerja

Tidak kalah dari ekspektasi yang dicoba diseragamkan, standar kinerja masing-masing posisi juga bisa ditentukan dari EPM. Standar kinerja ini nantinya menjadi acuan dalam menerima kandidat karyawan baru atau mempertahankan karyawan lama.

  1. Mengembangkan Pelatihan SDM

Rapor karyawan juga bisa menjadi salah satu sarana untuk melaksanakan pelatihan sesuai kebutuhan perusahaan. Daripada menunggu karyawan dengan kemampuan matang, tapi tidak juga cocok, lebih baik melangsungkan pelatihan.

Konsistensi Karyawan dalam Melaksanakan EPM

Hal terpenting dari pelaksanaan effective performance management adalah komitmen untuk melaksanakannya secara konsisten. Karena hal ini menyangkut apresiasi terhadap karyawan, maka peran penting HR dan atasan memegang kendali utama.

Ketika satu bulan saja dilakukan dan atensi karyawan sangat baik maka menjadi jalan mudah untuk HR meneruskan programnya selama sebulan dan berbulan-bulan berikutnya. Ketika karyawan sudah terbiasa dengan penilaian tersebut maka lebih mudah mengikutinya.

Secara tidak langsung para pekerja diminta berkompetisi, namun secara sehat. Hal ini wajar karena sejatinya semua orang berlomba untuk mendapatkan predikat terbaik. Indikator tepatnya melalui effective performance management oleh para HR dari berbagai aspek.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Supaya sukses dalam mendirikan perusahaan, Anda harus menyiapkan Employee Benefits untuk kepentingan mereka. Pada dasarnya Employee Benefits bisa d

Berpedoman pada 100 Performance Metrics untuk tingkatkan tinjauan kinerja yang efektif ialah pilihan terbaik. Performance Metrics dalam pekerjaan d

Unduh Codemi Learning Report 2021

X