Disrupsi Industri 4.0 dan bagaimana perusahaan bisa beradaptasi

Memasuki era disrupsi, perusahaan harus lebih kreatif dan inovatif untuk bertahan hidup. Tidak sedikit pengusaha yang merugi dan terpaksa menutup bisnisnya karena tidak siap menghadapi persaingan di era disrupsi. Sebelum semuanya terlambat, pemilik perusahaan harus mengenal era disrupsi dan menemukan strategi yang tepat untuk bertahan di tengah persaingan.

Era disrupsi adalah era terjadinya perubahan besar-besaran yang disebabkan oleh adanya inovasi yang mengubah sistem dan tatanan bisnis ke taraf yang lebih baru. Perusahaan berskala besar bisa saja gulung tikar jika tidak memiliki strategi yang tepat di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Tips Menghadapi Era Disrupsi

Mengenal era disrupsi saja sebenarnya tidaklah cukup. Karena sebuah perusahaan harus menemukan cara tepat untuk menghadapi era disrupsi teknologi seperti sekarang.

Meningkatkan SDM Perusahaan

Sumber daya manusia adalah aspek paling penting dalam sebuah perusahaan. Sumber daya yang berkualitas akan lebih mudah beradaptasi dengan teknologi baru ataupun cara-cara baru yang diterapkan untuk menghadapi kompetitor yang lebih unggul. Sebab itulah, perusahaan perlu memberikan pelatihan bagi karyawannya guna meningkatkan sumber daya manusia yang dimiliki.

Terapkan Teknologi Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, perusahaan mulai mengadopsi teknologi digital untuk menunjang bisnisnya. Dengan penggunaan teknologi yang lebih canggih, pekerjaan bisa lebih mudah dilakukan dan menghemat waktu.

Beberapa teknologi yang dapat diterapkan pada sebuah perusahaan adalah penggunaan robot, Big data, hingga tools marketing. Untuk mengembangkan bisnis, perusahaan juga harus memahami strategi-strategi pemasaran digital dengan memaksimalkan konten.

Melakukan Inovasi

Tips selanjutnya dalam menghadapi era disrupsi adalah melakukan inovasi. Inovasi adalah kunci sukses dari mempertahankan pasar. Sebab, ketika perusahaan lengah dan telat melakukan inovasi, maka perusahaan-perusahaan baru siap merebut pangsa pasar dan mendominasinya. Inovasi yang dilakukan oleh perusahaan juga mengikuti perubahan pasar yang terus berubah dari waktu ke waktu. Oleh karenanya, inovasi juga harus dibarengi dengan riset yang kuat.

Untuk memepersiapkan kemampuan SDM anda dalam menghadapi era disrupsi, anda bisa menggunakan platform pembelajaran Codemi Learning. Codemi Learning merupakan Learning Management System (LMS) berbasis online yang bisa digunakan untuk mengelola pelatihan dan membantu meningkatkan penggunaan teknologi di perusahaan anda, untuk mempersiapkan perusahaan anda menghadapi disrupsi era 4.0.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,