Codemi Learning Annual Report 2021 : Trend Pembelajaran Perusahaan Pasca Pandemi

Codemi Learning Annual Report merupakan laporan akhir tahun yang diciptakan untuk memberikan pengetahuan bagi publik, pengguna Codemi, serta praktisi industri learning and development mengenai penggunaan sistem e-learning pada perusahaan di Indonesia. Laporan ini diciptakan berdasarkan dengan database Codemi yang berisikan lebih dari 50.000 learners. 

Berdasarkan laporan dari world economic forum dalam periode 2019 – 2021 terdapat peningkatan jumlah peserta pembelajaran online sebanyak 109%. Peningkatan yang terjadi ini selain didasari faktor keadaan kahar, didukung juga dengan perkembangan sistem e-learning yang semakin baik dan mudah di akses.

Termasuk dengan pembelajaran di perusahaan dimana saat ini proses pembelajaran online di perusahaan sudah sangat diminati. Hal ini dikarenakan pembelajaran online di perusahaan memungkinkan bagi perusahaan untuk melakukan penghematan serta peningkatan efisiensi waktu belajar.

Melalui Codemi Learning Annual Report, kami ingin melihat sekaligus menganalisa mengenai perkembangan trend pembelajaran di perusahaan selama 2021.

Codemi Learning Annual Report 2021

Topik Pembelajaran Paling Populer Selama 2021

Codemi Learning Annual Report 2021 : Trend Pembelajaran Perusahaan Pasca Pandemi
Topik pembelajaran paling banyak diselesaikan oleh pengguna

Dalam Codemi Learning Annual Report 2021 menarik untuk digaris bawahi bahwa proses onboarding merupakan topik pembelajaran yang paling banyak diciptakan oleh perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa selama 2021 perusahaan cukup aktif dalam proses rekrutmen yang menunjukan adanya normalisasi keadaan ekonomi dan bisnis di 2021. Sehingga memungkinkan bagi perusahaan untuk kembali melaksanakan proses bisnis dengan kapasitas normal.

Selain itu penting untuk diingat bahwa topik onboarding juga tidak hanya diciptakan untuk kebutuhan karyawan baru. Proses adaptasi teknologi juga kemudian mengakibatkan perusahaan untuk mulai memperkenalkan berbagai protokol, dan teknologi baru untuk beradaptasi terhadap situasi.

Codemi Learning Annual Report 2021 : Trend Pembelajaran Perusahaan Pasca Pandemi
Topik pembelajan paling banyak diciptakan oleh perusahaan

Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa selama 2021 topik pembelajaran paling banyak diciptakan oleh perusahaan membahas mengenai onboarding process.

Topik sales dan marketing juga populer, hal ini dikarenakan sales dan marketing secara umum merupakan ujung tombak dari perusahaan. Selain itu perkembangan dunia sales dan marketing yang aktif juga mengharuskan perusahaan untuk secara konstan terus memberikan pengetahuan dan pembelajaran mengenai trend terbaru.

Karyawan Paling Aktif Dalam Proses Pembelajaran

Codemi Learning Annual Report 2021 : Trend Pembelajaran Perusahaan Pasca Pandemi
Group karyawan terdaftar di LMS Codemi

Selama 2021 group karyawan paling banyak terdaftar di LMS Codemi adalah sales dan marketing. Hal ini dikarenakan sales dan marketing secara umum adalah group karyawan paling banyak anggotanya di perusahaan. Terutama mengingat petningnya group ini dalam perkembangan perusahaan. Hal ini juga ditunjukkan dengan tingginya jumlah penyelesaian course dari group sales dan marketing.

Codemi Learning Annual Report 2021 : Trend Pembelajaran Perusahaan Pasca Pandemi
Group karyawan paling aktif menyelesaikan course

Selain itu penting untuk di tekankan juga bahwa tingginya completion dari grup operations dan human resources menunjukkan besarnya peranan kedua group ini untuk menjaga performa perusahaan secara internal.

Self Learning Vs In Class Learning

Codemi Learning Annual Report 2021 : Trend Pembelajaran Perusahaan Pasca Pandemi
Perbandingan penyelesaian kelas self learning dengan in-class learning

Selama periode pembelajaran online 2 metode yang paling umum dilakukan adalah pembelajaran mandiri (self learning) dan pembelajaran dalam kelas (in-class learning). Tingginya penyelesaian kelas self learning ini secara umum disebabkan oleh kemudahan dan fleksibilitas self learning. Metode pembelajaran ini memungkinkan bagi karyawan untuk belajar sesuai dengan kecepatan dan kemampuan pribadinya.

Sementara in-class learning menawarkan manfaat berupa adanya proses pembelajaran secara aktif yang memungkinkan adanya interaksi antara peseta dan instruktur. Metode ini memang semakin populer dikalangan perusahaan, salah satu contoh pembelajaran dengan metode ini adalah webinar.

Codemi Learning Annual Report 2021 : Trend Pembelajaran Perusahaan Pasca Pandemi
Perbandingan kelas self learning dan in-class learning yang diciptakan oleh perusahaan

Penutup

Proses pembelajaran di perusahaan merupakan salah satu proses yang saat ini terus berkembang. Sebagai salah satu institusi di industri ini Codemi Learning berharap dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan industri e-learning, salah satunya melalui laporan ini. Kami beharap agar laporan ini dapat memberikan gambaran mengenai kondisi terkini dari industri e-learning. Anda dapat mengakses laporan lengkap secara gratis dengan menekan tombol berikut.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Gambaran Umum  Salah satu client Codemi merupakan perusahaan penyedia jasa finansial berskala internasional. Perusahaan ini sejak awal memilik

Codemi Publication

Gambaran Umum OKBank sebagai salah satu perusahaan swasta dalam bidang jasa perbankan yang berdiri semenjak tahun 1980 telah bekerja sama dengan Co

Unduh Codemi Learning Report 2021

X