Cara Pemimpin Mempromosikan Inklusi dalam Tim

Cara pemimpin mempromosikan inklusi dalam perusahaannya memang tidak mudah. Tidak semua orang mampu menerima perbedaan dan keberagaman. Maka dari itu, perlu sebuah langkah nyata dan ketegasan.

Harus diakui, pemilihan karyawan di perusahaan modern memang sudah berubah. Bukan lagi karena penampilan dan fisik saja, melainkan kompetensinya. Namun, untuk bisa meraih tujuan bersama seperti ini sangat sulit.

Tidak heran bila beberapa perusahaan masih enggan menggunakan teknik inklusivitas sebagai salah satu budaya di kantor mereka. Andai saja, mereka berani dan bersikukuh menerapkan lingkungan seperti ini hasilnya pasti beda.

Ketahui Cara Pemimpin Mempromosikan Inklusi

Jika, Anda adalah orang yang mempunyai pemikiran yang sama bahwa, budaya keberagaman memang menjadi solusi untuk kesuksesan perusahaan. Maka, artikel ini adalah bacaan yang tepat untuk mendapatkan bagaimana berbagai langkahnya.

1. Berani

Poin pertama yang dapat dilakukan adalah berani. Dalam hal ini, Anda harus mampu menghadirkan keberagaman tersebut dengan memulai menghadirkan para pekerja dan langsung memberikan berbagai kebijakan.

Cara pemimpin mempromosikan inklusi seperti ini tidak bisa dimiliki para pimpinan yang memang takut kalau suatu saat nanti aturan itu akan menghancurkan. Pada awalnya mungkin, akan terjadi.

Tetapi, kalau sudah terlihat hasilnya maka, semua itu dapat berjalan dengan baik. Disinilah para pimpinan dan HR bekerja untuk memberikan pengertian bukanlah sebuah hukuman. Karena, dari pengertian tersebut mereka paham.

Bahwa, konsep keberagaman dalam kantor memang diperlukan. Bukan melihat secara fisik melainkan bagaimana caranya bekerja untuk meningkatkan kemampuan. Pada akhirnya, mereka sendiri yang akan merasakan.

Agar cara pemimpin mempromosikan inklusi ini berjalan baik, Anda perlu mengadakan diskusi secara intens. Baik saat jam kantor atau di luar, atur waktu setidaknya beberapa jam dan tetap menerapkan keberagaman.

Jika, semua itu bisa konsisten maka tidak perlu waktu banyak agar mereka bisa menerima konsep baru tersebut. Apakah sudah cukup sampai disitu saja? Bukan, masih ada beberapa poin lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Pemimpin Perusahaan Meningkatkan Inklusivitas

2. Melihat dari Masalah Bukan Personal

Cara pemimpin mempromosikan inklusi selanjutnya ketika ada sebuah masalah di kantor. Gaya kepemimpinan yang menerapkan keberagaman akan melihatnya berdasarkan permasalahan, bukan pribadi orang tersebut, sehingga memunculkan sikap anak tiri.

Kondisi ini tidak bagus dalam sebuah lingkungan kerja. Siapa saja yang Anda bela membuatnya semakin besar kepala, hal tersebut justru membuat suasana menjadi lebih rumit dan sulit mendapatkan solusi.

Perlu diketahui, ketika tim salah satunya sudah ada pertengkaran, maka kompetensi untuk meningkatkan target akan berkurang. Hal ini semakin parah kalau pimpinan memberikan sikap pilih kasih.

Cara pemimpin mempromosikan inklusi dengan bersikap adil memberikan ruang kepada seluruh pegawai mengenai keberagaman. Maka dari itu, lihat dulu permasalahannya kalau perlu undang saksi serta menghadirkan bukti.

Harus diakui mengutamakan keberagaman di kantor sangat sulit, butuh kesabaran serta perhatian khusus agar terlihat kondusif dan nyaman. Bila perlu berikan penyuluhan mengenai kehidupan manusia satu sama lain.

Baik itu berupa motivasi kehidupan atau agama masing-masing. Semakin mengerti mereka tentang arti kemanusiaan dan keagamaan, maka untuk menerima sistem inklusivitas akan terasa mudah, jadi aturan yang diberlakukan dapat.

Selain itu, jangan hanya soal kasus saja bertindak adil. Anda juga wajib memberikan kesempatan yang sama. Misalnya saja, seseorang dengan sebuah kepercayaan harus meliput aktivitas agama lain.

Langkah seperti ini menjadi modal penting membangun sebuah keberagaman dalam kantor. Hanya saja, jangan dilepas begitu saja, berikan pengertian dan aturan. Misalnya dilarang memakai pakaian terbuka di tempat ibadah.

3. Melakukan Evaluasi Rutin

Cara pemimpin mempromosikan inklusi berikutnya adalah dengan melakukan evaluasi secara tim bukan personal. Contohnya, sebuah divisi ternyata kinerjanya kurang bagus karena tidak memenuhi target yang ditetapkan.

Bulan lalu, divisi tersebut baik saja dan selalu melebih target. Kondisi seperti ini harus segera dilakukan pertemuan antar tim. Cobalah mendengarkan satu sama lain tentang keluhan mereka, kemudian simpulkan sendiri.

Ketika sudah tahu duduk masalahnya, lakukan solusi yang tepat. Semua harus berdasarkan tim, ajak mereka pula untuk memecahkannya. Ketika, pemikiran ini muncul dan satu sama lain mengakui serta menerima.

Maka keberagaman tersebut sudah bisa masuk ke dalam tim. Cara pemimpin mempromosikan inklusi juga bisa diterapkan setiap bulan tanpa harus menunggu masalah. Evaluasi oleh para pimpinan memang penting.

Jadi, berikan pengertian pula ke kepala divisi agar konsep keberagaman ini dapat berjalan di lingkungan kecilnya terlebih dulu. Dengan begini, konsep tersebut bisa berkembang dan skalanya menjadi lebih luas.

Poin utama dari evaluasi ini adalah menumbuhkan pemikiran antar pegawai bahwa, keberagaman itu menyenangkan. Akan ada ide serta hal baru bisa didapatkan, sehingga mampu memenuhi target dan bonus berlimpah.

4. Membangun Komunikasi yang Baik

Cara pemimpin mempromosikan inklusi selanjutnya bisa dengan membangun sarana komunikasi antar pegawai. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi mereka setiap hari, melihat bagaimana progresnya, selanjutnya melakukan diskusi.

Pembicaraan intens tersebut merupakan sebuah komunikasi penting dari pimpinan kepada pegawainya. Anda bisa memasukkan pembicaraan betapa pentingnya perusahaan melakukan konsep seperti ini demi kemajuan dan kesejahteraannya karyawan.

Baca Juga: Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Performance Management

Jika, kondisi tersebut dapat dilakukan terus-menerus ke semua divisi. Bukan tidak mungkin, hubungan satu dengan lainnya akan harmonis. Karena, dalam pembicaraan tersebut Anda menyampaikan pemikiran satu orang dengan lainnya.

Cara pemimpin mempromosikan inklusi seperti ini memberikan ruang kepada pegawai lain supaya memahami bahwa, kompetensi itu dibutuhkan. Bukan untuk membuktikan siapa yang bagus, tetapi demi kepentingan bersama.

Oleh karena itu, dalam hal berkomunikasi Anda juga harus mengerti dan memahami bagaimana sifat dan sikap pegawai tersebut. Jangan sampai maksud dan tujuannya baik, tetapi mereka menerimanya buruk.

Perlu ada kata kunci yang harus diulang sebagai bagian dari penekanan. Agar para pegawai mengerti keinginan perusahaan seperti apa, alasan membangun inklusivitas hingga tujuan dalam jangka panjang,

5. Memberikan Kesempatan Seluas-luasnya

Cara pemimpin mempromosikan inklusi berikutnya adalah memberikan kesempatan luas kepada semua karyawan agar mereka bisa berkembang sesuai dengan bidang kompetensinya. Jangan ada diskriminasi atau pilih kasih.

Hal ini sangat penting agar semua orang di perusahaan paham bahwa, pimpinan menginginkan seluruh pegawai meningkatkan kompetensinya. Pada akhirnya, semua akan kembali ke diri mereka sendiri.

Ketika setiap orang di kantor sudah paham bahwa tolok ukurnya adalah kemampuan masing-masing pribadi. Maka keberagaman yang dibentuk bisa berjalan lancar. Satu sama lain akan saling menghormati walau banyak kabar.

Tetapi, dengan sikap bijak dan memberikan kesempatan yang besar kepada semuanya sudah cukup menepis beberapa isu. Harus diakui faham buruk semacam itu pasti ada di setiap kantor.

Jadi, sebagai pimpinan harus tahu dan peka. Dengan begini masalahnya hanya berhenti sampai di titik itu saja, tidak berkembang pesat sehingga, membuatnya semakin besar dan sulit untuk dikendalikan.

Konsep keberagaman memiliki kelebihan dan kelemahan. Melihat persaingan bisnis ketat seperti ini, langkah tersebut perlu dicoba. Cara pemimpin mempromosikan inklusi cukup penting untuk diperhatikan karena, bisa sebagai penentu.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Supaya sukses dalam mendirikan perusahaan, Anda harus menyiapkan Employee Benefits untuk kepentingan mereka. Pada dasarnya Employee Benefits bisa d

Berpedoman pada 100 Performance Metrics untuk tingkatkan tinjauan kinerja yang efektif ialah pilihan terbaik. Performance Metrics dalam pekerjaan d

Unduh Codemi Learning Report 2021

X