Cara Onboarding Terbaru, Perusahaan Wajib Terapkan

Apakah Anda sudah mengetahui cara onboarding terbaru, yang bisa diterapkan bagi sebuah perusahaan yang sedang menerima karyawan baru? Informasi ini akan sangat  menguntungkan bagi HR. 

Tentunya tidak mudah bagi setiap orang untuk masuk ke sebuah ruang lingkup baru. Dibutuhkan waktu penyesuaian juga adaptasi, agar mereka terbiasa dengan lingkungannya.

Dengan mengetahui cara onboarding berikut ini, diharapkan setiap perusahaan juga bisa menerima karyawan baru dengan baik, sehingga kinerja karyawan juga meningkat. 

Baca Juga: Tips Onboarding

Cara Onboarding Terbaru yang Perusahaan Wajib Terapkan

Ada kalanya sebuah perusahaan pasti membutuhkan karyawan baru, entah membutuhkan SDM lebih banyak atau menggantinya dengan karyawan baru. Di saat itulah onboarding dibutuhkan, agar semua pihak di dalam perusahaan bisa menyesuaikan dengan budaya atau peraturan telah ada sebelumnya.

1. Memperkenalkan dengan Lingkungan

Cara onboarding terbaru pertama ialah memperkenalkannya dengan lingkungan baru. Pada awal karyawan baru datang, tentu mereka tidak akan langsung mengeksplor berbagai hal.

Ada baiknya jika Anda yang membantu mereka untuk dikenalkan dengan lingkungan tersebut. Misalnya kapan waktu istirahat kerja, visi perusahaan seperti apa, serta bagaimana sistem kerja.

Semakin mereka mengetahui hal lebih banyak, semakin mudah pula bagi pekerja untuk menyesuaikan diri dan tidak merasa asing dengan lingkup kerjanya. 

Akan lebih baik juga apabila Anda bisa membantu karyawan baru, untuk diperkenalkan kepada karyawan lain yang sudah lebih dulu hadir agar bisa saling mengenal dengan baik.

2. Onboarding secara Online

Jika tidak memiliki waktu untuk memperkenalkan secara langsung, tidak masalah apabila Anda ingin memperkenalkannya secara online. Misalnya bisa memanfaatkan grup chat atau email.

Proses pengenalan ini yang membuat karyawan baru merasa berada di lingkungan hangat, dan di samping itu mereka juga tidak merasa khawatir dengan lingkungan baru tersebut. 

Tidak hanya karyawan saja yang berusaha untuk beradaptasi, pekerja lain yang lebih dulu ada di dalam perusahaanpun perlu membantu mereka untuk menyesuaikan diri.

Meningkatnya kinerja karyawan tentu akan berpengaruh pada performa perusahaan. Sehingga semua aspek bisa berjalan dengan maksimal yang membuat tingkat keuntungan lebih meningkat.

Baca Juga: Daftar Pelatihan Yang Harus Diketahui

3. Melibatkan Karyawan Baru

Cara onboarding terbaru berikutnya adalah melibatkan karyawan baru, meski mereka baru masuk ke dalam perusahaan, tidak ada salahnya jika melibatkannya ke dalam proyek dan lainnya. 

Libatkan pada kegiatan yang ada di dalam perusahaan, mengajak rekrutan baru memang akan terasa canggung awalnya, namun hal tersebut akan terbiasa lama kelamaan.

Jika mereka merasa dilibatkan dalam berbagai hal, rekrutan baru juga merasa bahwa kehadirannya dianggap oleh karyawan lain. Hal ini pula akan menimbulkan perasaan lebih senang untuk bersosialisasi. 

Jika mereka sudah mengenal dengan banyak orang, maka rekrutan baru juga tidak merasa khawatir apabila nantinya dilibatkan ke dalam sebuah proyek yang melibatkan banyak orang.

4. Menugaskan Mentor

Sebagai HR, mungkin Anda akan kesulitan untuk selalu berada di samping rekrutan baru setiap kali mereka membutuhkan Anda, dengan begitu lebih baik jika menugaskan seorang mentor. 

Mentor senior akan lebih cocok untuk ditugaskan ke dalam sebuah tim. Dengan begitu mentor tersebutlah yang bisa memberi pengarahan dan membantu anggota setiap kali dibutuhkan.

5. Menciptakan Suasana Interaktif

Cara onboarding terbaru selanjutnya adalah menciptakan suasana interaktif, yang pastinya akan membuat lingkungan kerja terasa menyenangkan dan hangat. 

Bangun suasana menyenangkan untuk menyambut kehadiran karyawan baru. Dengan begitu dia akan merasa bahwa lingkungan kerja tersebut tidak menakutkan yang dipikirkan.

Di pagi hari Anda bisa mengadakan momen briefing sebelum memulai aktivitas, kemudian tidak ada salahnya untuk berinteraksi sesama karyawan agar masa pengenalan tidak kaku.

Suasana interaktif juga akan membuat karyawan merasa semangat dan percaya diri. Jika mereka berada di kondisi yang terlalu serius secara terus menerus, maka akan lebih mudah bagi mereka merasa jenuh.

Baca Juga: Membuat Kelas Online Interaktif

6. Memberikan Tugas secara Bertahap

Cara onboarding terbaru terakhir adalah jangan langsung memberikan tugas berat dan bertubi-tubi. Tujuan utama menerima karyawan baru memang untuk menjalankan tugas sesuai jobdesck mereka.

Namun jika di awal memulai kerja mereka sudah dihadapkan pekerjaan dengan intensitas tinggi, alhasil performanya bisa menurun dan berdampak pada produktivitas perusahaan 

Akan lebih baik jika Anda memberikan tugas secara bertahap, dari yang ringan terlebih dahulu sebagai bentuk penyesuaian bahwa inilah pekerjaan yang akan mereka hadapi ke depannya.

Lama kelamaan mereka akan terbiasa dan produktivitas bisa meningkat, karena karyawan sudah terbiasa dengan pekerjaan yang diterima alhasil performa perusahaan juga meningkat. 

Memang tidak mudah pada awalnya menerapkan cara onboarding terbaru, tahapan yang kami berikan juga disesuaikan kembali dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Sebagai pemimpin, kemampuan membentuk program kompensasi termasuk penting, terutama telah menjadi skill yang harus dikuasai sejak dulu. Apalagi ber

Perusahaan yang mengetahui manfaat agile leadership terbilang telah dalam jalur baik. Terutama disebabkan telah menjadi teknik dan strategi kepemim

Unduh Codemi Learning Report 2021

X