Cara Menjaga Komunikasi Karyawan Saat WFH

Bagaimana tips komunikasi karyawan saat WFH agar tetap dapat produktif di masa pandemi? Pertanyaan tersebut biasanya menjadi tantangan bagi sebagian karyawan perusahaan di berbagai daerah. 

Memang saat ini banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem Work from Home pada karyawan. Sistem tersebut diadakan untuk menjaga agar orang-orang yang bekerja di dalam kantor terjaga dari virus korona. 

Kendati demikian rupanya bekerja dari dalam rumah tidaklah mudah seperti yang dibayangkan orang pada umumnya. Beberapa kendala barangkali membuat Anda merasa tidak cocok dengan sistem tersebut. 

Oleh karena itu tips komunikasi karyawan saat WFH membantu Anda dalam menghadapi beberapa kendala tersebut. Apalagi komunikasi di dalam dunia kerja memiliki peran yang sangat penting. 

Komunikasi yang salah diantara sesama pekerja maupun atas membuat pekerjaan menjadi terhambat. Dampaknya juga bisa menyebabkan gagalnya tujuan yang selama ini ingin dicapai perusahaan. 

Selain itu komunikasi yang kurang efektif membuat beberapa proyek pekerjaan menjadi tertunda. Jika hal tersebut terjadi berulang kali perusahaan dan karyawan akan mengalami kerugian besar.

Poin pentingnya adalah saling menjaga nilai transparansi, kebersamaan, mengatur pertemuan online, tetap bersikap profesional dan mengukur efektivitas. Kelima hal tersebut bisa Anda cermati lewat pembahasan berikut ini. 

5 Tips Komunikasi Karyawan saat WFH 

Menjaga komunikasi antara sesama karyawan dan atas adalah kunci sukses terselenggaranya WFH. Berikut adalah 5 tips yang bisa Anda terapkan agar work from home tetap berjalan lancar. 

Menjaga Transparansi saat WFH berlangsung

Tips penting yang pertama adalah menjunjung tinggi nilai transparansi. Hal ini lantaran sebagian besar karyawan bekerja dari jarak jauh dan hanya mengandalkan beberapa perangkat.

Karena itu setiap karyawan perlu menyampaikan ide dan gagasan mereka pada saat meeting online. Dengan demikian meski Anda bekerja dari rumah tetap akan membuah hasil yang memuaskan. 

Mengatur Pertemuan Online dengan Bijak

Tips selanjutnya adalah mengatur pertemuan online bersama karyawan lainnya. Tujuannya adalah agar sesama karyawan dan pimpinan bisa menemukan titik terang dari permasalahan yang muncul karena WFH.

Tips komunikasi karyawan saat WFH ini bisa Anda mulai dengan merencanakan meeting lewat aplikasi. Tentukan aplikasi yang sesuai untuk rapat online harian, mingguan, maupun bulanan.

Mempertahankan Kerjasama dan Kebersamaan Tim 

Bekerja dari rumah adalah sebuah tantangan karena semua karyawan dibatasi waktu dan jarak. Namun agar pekerjaan tetap maksimal sebaiknya pertahankan kerjasama dan kebersamaan tim kerja. 

Bersikap Profesional Meski Kerja dari Rumah

Tips selanjutnya adalah bersikap profesional sebagai karyawan meski Anda bekerja dari rumah. Tujuannya agar semua pekerjaan yang dikerjakan dapat memberikan dampak positif dan menguntungkan perusahaan.

Mengukur Efektivitas Pekerjaan Bersama-Sama

Tips selanjutnya adalah mengukur efektivitas proses dan hasil kerja secara mandiri maupun sama-sama. Langkah ini bertujuan mengontrol pekerjaan agar hasilnya sesuai dengan goal yang diinginkan. 

Keuntungan Menggunakan Tips Komunikasi Karyawan saat WFH 

Work form Home adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas kerja di dalam rumah. Sistem ini diterapkan dengan berbagai tujuan tergantung dari kebijakan perusahaan dan sebuah negara. 

Tujuan pertama menjalankan sistem Work from Home adalah membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus tertentu. Karena itu karyawan tidak perlu datang ke kantor untuk mengerjakan beberapa tugas. 

Selanjutnya adalah memudahkan karyawan yang tidak bisa menjangkau kantor agar bisa menyampaikan ide dan gagasan. Apalagi saat ini ada berbagai perangkat online yang bisa dijadikan sebagai alat komunikasi. 

Meski sudah ada berbagai perangkat meeting namun Anda tetap harus menjaganya agar komunikasi berjalan lancar. Bayangkan jika komunikasi Anda dengan atasan terkendala dan menyebabkan masalah pada produksi perusahaan?

Hal tersebut akan membuat perusahaan susah berkembang karena di era seperti sekarang ini semua hal harus dijalankan dengan cepat. Sementara kesalahan komunikasi juga akan berdampak bagi karyawan lainnya.

Misalnya karyawan yang salah mengerjakan proyek bisnis karena komunikasi kurang berjalan maksimal. Kesalahan tersebut membuat beberapa karyawan membuat ulang project bisnis yang alias merevisi pekerjaan.

Jadi, dari beberapa hal di atas komunikasi berperan penting bagi setiap karyawan yang bekerja dari rumah. Lakukan tips komunikasi karyawan saat WFH agar setiap pekerjaan membuahkan hasil sesuai goal perusahaan. Simak juga ulasan kami mengenai pentingnya komunikasi bagi karyawan disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X